--> Skip to main content

Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif Pada PC dan Android

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembatasan akses terhadap situs-situs yang dianggap menyebar informasi negatif. Oleh karena itu, para pengguna internet saat ini tidak akan bisa membuka halaman web secara sembarangan karena sebagian situs yang tidak memenuhi persyaratan akan diblokir. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kita dapat mengatasinya dengan menggunakan cara membuka internet positif.

Sepanjang tahun ini kami telah menemukan beberapa situs web yang tidak dapat diakses oleh pengguna Indonesia. Hal ini terjadi diakibatkan oleh berlakunya aturan penutupan akses terhadap internet negatif tersebut.

Adapun beberapa penyebab yang umum menimpa suatu web adalah adanya konten dalam situs tersebut tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah. Contohnya karena mengusung informasi tentang informasi terlarang dan tidak pantas lainnya.

Walau situs tersebut tidak bisa diakses, sebenarnya bukan karena telah dihapus namun karena semua IP yang berasal dari Indonesia di-block supaya tidak dapat mengunjungi. Lalu bagaimana cara membuka blokir internet positif?

Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif Pada PC dan Android

Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif

Ada banyak cara melewati blokir IP yang tersedia saat ini. Untuk membobol internet positif menggunakan PC maupun Android, kamu dapat mengikuti beberapa tutorial berikut.

Membuka Internet Positif di Android

Selain pada perangkat dekstop tentunya banyak juga pengguna ponsel Android yang mengalami hal ini. Untuk itu saya akan bagikan juga beberapa tips membuka web diblokir di Android dengan menggunakan aplikasi VPN pihak ketiga.

Membuka Internet Positif di Android

Aplikasi ini terbilang sangat mudah dipakai dan sering admin gunakan juga. Apabila Anda kurang suka dapat memilih beberapa daftar aplikasi VPN terbaik dan gratis untuk Android yang telah dibahas sebelumnya.
  1. Langkah pertama tentu kamu harus men-download terlebih dahulu Touch VPN di Google Play Store. 
  2. Sesudah proses instalasi selesai, langsung buka saja APK Touch VPN tersebut.
  3. Di situ akan dihadapkan dengan beberapa pilihan server, pilih salah satu atau dibiarkan pada best choice juga tidak apa-apa.
  4. Tekan tombol Connect pada tengah layar, maka akan otomatis terbuka halaman proxy.
  5. Tutup halaman tersebut dan sekarang kamu sudah bisa membuka web terblokir pada Android.

Membuka Internet Positif di PC atau Laptop

Selanjutnya, iFabrix akan membagikan pembahasan mengenai cara membobol internet positif di laptop dan PC karena sebagian besar pengguna internet juga memaki dekstop. Langsung saja simak caranya di bawah ini.

1. Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif di Google Chrome

Google chrome merupakan salah satu browser populer yang banyak sekali digunakan selain Firefox. Namun apa jadinya ketika ingin mengakses suatu laman web malah tidak bisa, misalkan ketika ingin mengunjungi situs Reddit. Apabila kamu mengalami hal tersebut, inilah cara menghilangkan internet positif yang mengganggu aktivitas browsing-mu.

  • Pastikan sudah mempunyai browser Google Chrome terlebih dahulu pada perangkat milikmu.
  • Buka menu Sesuaikan dan kontrol Google Chrome dengan tanda titik tiga vertikal di pojok kanan atas > Fitur lainnya > Ekstensi.


  • Setelah masuk pada halam ekstensi, klik simbol garis bertumpuk tiga pada kiri atas layar > lalu pilih Buka Chrome Webstore.


  • Di halaman Chrome Webstore, silakan tulis kata kunci "Touch VPN" pada kolom pencarian. 
  • Setelah ditemukan, klik tombol Tambahkan ke Chrome berwarna biru.
  • Apabila muncul kotak dialog pilih Tambahkan ekstensi agar addons tersebut terpasang di Google Chrome.


  • Apabila sudah mengikuti langkah tersebut berarti VPN sudah berhasil terpasang dan untuk membuka blokir internet positif menggunakan VPN klik pada icon di kanan atas kemudian Connect.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif di Google Chrome

Dengan memakai ekstensi tersebut, kamu dapat membuka situs yang dilarang dari berbagai belahan dunia karena dengan menggunakannya IP milikmu akan terbaca dari negara berbeda. Cara ini juga dapat kamu terapkan untuk menembus internet positif pada Firefox.

2. Membuka Situs yang Diblokir Dengan Mengganti DNS Google

DNS atau singkatan dari domain name system merupakan sebuah wadah untuk menyimpan semua nama host dalam bentuk sebuah data yang dapat disebarkan melalui jaringan komputer. Untuk mengelabuhi pemblokiran situs web kita dapat memanipulasi dengan mengganti DNS standar memakai DNS Google. Bila ingin mengganti DNS Google dapat mengikuti ulasan ini.
  • Buka halaman Control Panel pada PC atau laptop milik kamu.
  • Lalu pilih menu Network and Sharing Internet.
  • Kemudian pilih lagi Change Adapter Setting > klik kanan pada Ethernet > Wireless Device > Properties.
  • Cari opsi Internet Protokol Ver.4 (TCP/IPv4) dan pilih Properties.
  • Lalu pilih menu Use the Following DNS Server Adresses.
  • Isi preferred DNS server dengan memasukkan 8.8.8.8 dan alternate DNS server 8.8.4.4
  • Selain itu kita juga dapat memakai open DNS seperti pada gambar di bawah. 


  • Apabila sudah selesai melakukan konfigurasi tadi, tekan OK.
  • langkah terakhir yang harus dilakukan ialah mematikan dan menyalakan kembali koneksi internet pada PC milik kamu.



Cara membuka website yang diblokir internet positif ini bukan bertujuan memberikan kesempatan kepada Anda untuk mengakses situs-situs yang memuat konten negatif atau ilegal, namun bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para pengguna agar dapat mengakses web bermanfaat seperti Reddit yang ikut diblokir pemerintah.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar