Cara Paling Mudah Mengecilkan Ukuran File Foto Di HP Android

Cara mengecilkan ukuran file foto JPG maupun PNG memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya dapat menghemat media penyimpanan pada perangkat. Selain itu, dengan mengecilkan ukuran foto proses upload gambar ke situs sosial media akan berjalan lebih cepat dibandingkan sebelum diperkecil.

Sayangnya, kebanyakan aplikasi yang beredar hanya dapat melakukan kompres JPG saja. Sedangkan untuk format PNG masih jarang sekali ditemui. Namun, bukan berarti tidak ada cara kompres gambar PNG yang bisa kita lakukan karena iFabrix telah menemukan aplikasi kompres foto yang dapat dijalankan pada perangkat Android.

Selain dapat mengecilkan ukuran foto, aplikasi tersebut juga bisa dipakai untuk mengubah dimensi dan memangkas gambar (crop). Hebatnya lagi, tidak hanya satu file saja yang bisa diproses tapi mampu memperkecil ukuran gambar lebih dari dua sekaligus. Anda sudah mulai penasaran bukan? Daripada berlama-lama mari kita simak ulasan berikut ini.

Cara Mengecilkan Ukuran File Foto

Cara Mengecilkan Ukuran File Foto

Aplikasi kompres foto yang dari tadi saya jelaskan ialah Photo Compress. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis melalui Google Play Store. Walau bukan aplikasi premium, namun sudah sangat cukup baik dalam memperkecil ukuran foto yang ada di galeri maupun yang kita ambil secara langsung melalui kamera HP.

Untuk langkah kompres gambar memakai aplikasi Android, Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini.
  1. Buka Play Store dan cari Photo Compress atau kamu dapat membukanya melalui tautan di sini.
  2. Langsung saja Instal karena hanya berukuran 1,7MB.
  3. Apabila sudah berhasil terpasang dan dibuka, pilih menu Gallery apabila ingin mengecilkan ukuran foto yang ada di galeri. Namun bila foto yang ingin dikompres hasil dari jepretan langsung, silakan pilih menu Camera.
  4. Apabila foto sudah ditentukan, selanjutnya ketuk pada pilihan Compress lalu kamu bisa mengatur seberapa besar tingkat kompresi yang ingin dilakukan. Perlu diketahui, apabila melakukan kompresi terlalu tinggi maka otomatis kualitas foto yang didapatkan akan semakin rendah. Saran saya, lakukan pengompresan maksimal sebesar 60% saja.
  5. Apabila sudah selesai mengatur, tinggal tekan Compress. Silakan lihat hasil dari kinerja aplikasi tersebut.

Silakan bandingkan ukuran foto asli yang ukuran awalnya begitu besar dengan foto yang telah diperkecil ukurannya. Pasti akan mempunyai selisih ukuran yang cukup banyak. Benar bukan?

Dari sekian percobaan yang saya lakukan, menurut saya aplikasi tersebut bekerja dengan cukup baik. Hasil dari file foto yang sudah diperkecil masih terlihat lumayan jernih dan detail atau tidak terlihat pecah-pecah.

Foto yang sudah diperkecil biasanya akan memiliki ukuran sekitar 60% sampai 50% lebih kecil dibandingkan dengan aslinya. Apabila ingin mendapatkan ukuran lebih kecil lagi, bisa mengaturnya dalam aplikasi itu.

Cara Mengecilkan Ukuran File Foto Sekaligus

Untuk memperkecil banyak foto sekaligus, dapat dilakukan ketika baru masuk ke menu utama, yaitu dengan memilih menu Copress & Resize Multiple Photo. Selanjutnya tinggal memilih foto mana saja yang ingin diperkecil ukurannya.

Apabila sudah selesai dalam memilih foto, langkah selanjutnya pilih Share To Photo Compress lalu tinggal melakukan setting seperti langkah di atas tadi.

Perhatian: Walau ukuran foto setelah melalui proses kompresi menjadi lebih kecil, ternyata ukuran dimensinya juga ikut mengecil, tetapi tidak secara signifikan. Artinya masih mendekati dengan dimensi aslinya.

Apabila anda ingin memperkecil ukuran dari foto milikmu yang dapat dilakukan secara offline dengan menggunakan HP Android, aplikasi ini sangat saya rekomendasikan. Selain tidak memerlukan koneksi internet, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli karena bisa didapatkan secara gratis.

Baca juga: Cara Gampang Untuk Mengedit Twibbon Dengan Aplikasi PicsArt

Sekian dulu informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat memberikan manfaat bagi semua pembaca setia blog ini yang sedang kebingungan mengenai cara mengecilkan ukuran file foto PNG maupun JPG.

Belum ada Komentar untuk "Cara Paling Mudah Mengecilkan Ukuran File Foto Di HP Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel