Skip to main content

Cara Membuka File ZIP dan RAR Pada Windows

Apa Anda pernah men-download data dari internet namun ternyata mempunyai format ZIP atau RAR? Atau sahabat kamu pernah mengirim kumpulan foto maupun lagu dengan ekstensi tersebut? Lalu apakah Anda juga kebingungan bagaimana cara membuka file ZIP dan RAR?

Tenang saja, dulu saya juga mengalami kebingungan ketika menemukan file dengan format tersebut karena tidak dapat langsung digunakan atau dibuka pada perangkat dekstop sekalipun. Jadi, kalau Anda bingung artinya tidak sendirian.

Format ZIP maupun RAR merupakan sebuah arsip yang mana umumnya digunakan untuk mengelompokkan file ke dalam satu folder sehingga dapat memudahkan ketika ingin mengirim atau membagi kepada perangkat lain.

Ekstensi RAR dan ZIP juga bermanfaat untuk mengkompres ukuran file menjadi lebih kecil sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan. Selain itu, jika file tersebut merupakan data penting juga bisa memberikan password pada format tersebut sehingga akan lebih aman dari akses orang lain.

Apabila kamu saat ini sedang mencari cara membuka file RAR maupun ZIP. Dalam artikel ini, iFabrix akan membagikan caranya. Anda dapat membacanya lalu mengikutinya di bawah ini.

Cara Ekstrak File RAR

1. Untuk dapat membuka file RAR, sebelumnya kamu harus mempersiapkan software pihak ketiga bernama WinRAR yang bisa didapatkan pada situs resmi atau mencarinya pada website penyedia software windows dengan mengetikkan kata kunci "WinRAR" pada mesin pencari. Lakukan instalasi program tersebut seperti biasa pada perangkat PC atau laptop dengan OS Windows.

Baca juga:  

2. Apabila sudah selesai dalam tahap instalasi, langsung saja cari dan buka di mana Anda menyimpan file ZIP tersebut melalui Windows Explorer. Klik kanan pada file tersebut, setelah itu akan dihadapkan dengan tiga pilihan seperti Exstract file, Exstract Here, dan Exstract to.

Dari ketiga pilihan menu tersebut mempunyai fungsi yang sama, yakni untuk membuka RAR, tetapi dengan cara dan penempatan berbeda. Dalam tutorial ini, saya akan memberikan contoh memakai opsi Exstract files. Anda juga bisa mencoba 2 pilihan lainnya agar tahu kelebihan dan kekurangan dari masih-masih opsi.

cara membuka file RAR

3. Setelah klik kanan pada file, maka akan keluar menu seperti pada gambar di atas. Klik pada pilihan Exstract files lalu klik OK. Tunggu proses eksatrak sampai selesai. Biasanya tidak akan memakan waktu lama jika ukurannya tidak terlalu besar. Sesudah proses tersebut selesai, Anda akan menemukan folder baru dengan nama dan tempat yang sama seperti file RAR aslinya.

Cara Ekstrak File RAR

Cara Ekstrak File ZIP

1. Untuk cara membuka folder ZIP, Anda tidak perlu mengunduh software lagi karena pada tahap awal tadi sudah melakukan instalasi WinRAR dan itu dapat digunakan untuk ekstrak file ZIP juga.

2. Cari di mana Anda menyimpan file yang ingin di ekstrak tersebut. Arahkan kursor pada file tersebut kemudian klik kanan. Setelah muncul menu, pilih Ekstract to (cara ini sebenarnya sama saja dengan membuka folder RAR). Anda juga bisa mencoba pilihan lain seperti Ekstrak here dan Ekstract files.

cara membuka file ZIP

3. Tunggu sampai proses ekstraksi selesai dan akan menemukan folder dengan nama sama seperti file ZIP di mana di dalamnya akan terdapat data yang ada dalam file ZIP tadi.


Sebenarnya terdapat banyak sekali program atau software yang bisa kita gunakan, namun WinRAR paling banyak digunakan dan paling mudah. Nah, sekian dulu pembahasan kita mengenai cara membuka file ZIP dan RAR.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar