9 Manfaat Labu Kuning yang Sangat Menakjubkan Untuk Kesehatan

iFabrix - Labu kuning merupakan salah satu buah yang sangat umum dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan olahan makanan. Umumnya akan dimasak menjadi kolak ketika memasuki bulan puasa. Namun, berbeda lagi dengan di luar negeri. Di sana labu lebih sering dijadikan barang hiasan ketika memasuki perayaan halloween, biasanya akan dibuat sebagai kepala boneka menyeramkan atau lainnya. Tapi, apakah Anda tahu apa manfaat labu kuning?

Labu memiliki berbagai manfaat kesehatan yang sangat luar biasa, salah satunya yang kebanyakan orang tidak tahu adalah sebagai penghasil beta karoten di mana merupakan antioksidan kuat. Dengan mengkonsumsi makanan kaya akan beta karoten dapat mengurangi berbagai risiko kanker jenis tertentu.

Itu hanyalah salah satu manfaatnya saja, tetapi masih banyak lagi khasiat labu kuning yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsinya setiap hari. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Manfaat Labu Kuning

Manfaat Buah Labu Kuning 

1. Kaya Akan Kandungan Gizi, Terutama Vitamin A
Labu mempunyai nutrisi yang sangat banyak. Secangkir atau setara dengan 245 gram labu matang memiliki kandungan:
  • Kalori: 49
  • Lemak: 0,2 gram
  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin A: 145% (Informasi ini kami dapatkan dari referensi RDI)
  • Vitamin C: 19% 
  • Kalium: 16%
  • Tembaga: 11%
  • Vitamin B2: 11%
  • Zat Besi: 8%
  • Vitamin E: 10%
  • Dan sisanya beberapa zat lain.

Selain kaya akan nutrisi, buah ini juga dikenal rendah kalori dikarenakan memiliki kandungan air sebanyak 94%.  Selain itu, tidak hanya bagian daging buahnya saja, biji dari labu juga bisa diolah menjadi makanan.

Baca juga: Manfaat Buah Rukem Bagi Kesehatan

2. mengurangi Risiko Penyakit Kronis
Radikal bebas ialah molekul alami yang diproduksi ketika tubuh melakukan proses metabolisme. Meski pada kondisi tertentu dapat mengakibatkan hal negatif, namun juga memiliki peran penting untuk membasmi bakteri berbahaya yang bersarang pada tubuh manusia.

Tetapi, jika jumlah radikal bebas pada tubuh melebihi batas normal justru akan menimbulkan keadaan yang bernama stres oksidatif di mana menurut beberapa ahli medis merupakan penyebab penyakit kronis seperti halnya jantung dan kanker.

Labu kuning mempunyai kandungan antioksidan tinggi seperti alfa-karoten, beta cryptoxanthin, dan beta karoten. Kandungan itu dapat menetralkan radikal bebas sehingga tidak akan merusak sel tubuh.

Uji laboratorium dan penelitian terhadap hewan telah menunjukkan bahwa Antioksidan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat dari paparan sinar matahari. Namun, tetap saja perlu dilakukan lebih banyak penelitian oleh ahli medis untuk bisa mengetahui manfaatnya lebih lanjut.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Labu mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Menurut beberapa sumber, Vitamin A bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Sebaliknya, orang yang kekurangan vitamin A kekebalan tubuhnya akan sangat lemah.

Labu juga kaya akan vitamin C yang sudah terbukti meningkatkan produksi sel darah putih serta membantu kekebalan tubuh bekerja lebih efektif dan membuat luka cepat sembuh.

Selain dua vitamin tadi, labu adalah sumber vitamin E, zat besi, dan folfat yang juga membantu kinerja sistem kekebalan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Penglihatan manusia akan terus berkurang seiring bertambahnya usia. Untungnya, dengan mengkonsumsi banyak makanan mengandung nutrisi dapat mencegah berkurangnya penglihatan yang parah. Labu adalah salah satu buah dengan beragam nutrisi penting bagi tubuh. Dengan begitu tidak ada salahnya untuk sering menjadikan buah labu sebagai bahan makanan sehari-hari.

5. Menurunkan Berat Badan
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi bahwa buah ini kaya akan nutrisi dan hal tersebut berarti juga rendah kalori. Hal ini tidak hanya sebatas argumen semata karena pada kenyataannya dalam 240 gram labu hanya terdapat 50 kalori.

Jadi secara sederhana, labu merupakan makanan rendah kalori yang baik dikonsumsi bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena dapat dikonsumsi lebih banyak dibandingkan dengan nasi dan kentang. Terlebih lagi juga mempunyai serat yang baik untuk menekan nafsu makan.

6. Menurunkan Risiko Terkena Kanker
Kanker adalah penyakit yang sangat serius di mana sel tubuh berkembang secara tidak normal. Sel kanker akan menghasilkan radikal bebas untuk dapat terus berkembang. Buah labu yang kaya akan karotenoid merupakan senyawa yang bisa berfungsi sebagai antioksidan. Jadi, dapat mencegah berkembangnya sel kanker tertentu.

7. Menjaga Kesehatan Jantung
Kadar kalium, vitamin C, dan serat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dari referensi sumber kesehatan, orang dengan asupan kalium yang cukup akan lebih jarang terkena darah rendah dan risiko stroke di mana kedua gangguan kesehatan tersebut merupakan faktor penyebab penyakit jantung. Labu juga kaya antioksidan sehingga akan melindungi diri Anda dari kolesterol jahat.

8. Menjaga Kesehatan Kulit
Tidak hanya bagus untuk jantung, rupanya labu juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini dibuktikan dengan kandungan vitamin A sebanyak 25% dari 245 gram labu. Studi lain juga mendapatkan hasil memuaskan bahwa karetonoid seperti beta karoten dapat berperan aktif dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu, masih ada vitamin C yang tidak kalah penting untuk kulit karena tubuh sangat membutuhkan vitamin C guna memproduksi kolagen yang bermanfaat membuat kulit tetap sehat dan kencang.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor

9. Manfaat Labu Kuning Untuk Diet Sehat
Labu sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Rasanya manis menjadikannya layak untuk dicoba sebagai bahan kue, sayur, sup, dan pasta. Karena kandungan alami di dalamnya yang sangat bermanfaat dan rendah kalori, Anda dapat menjadikan buah ini sebagai makanan pendamping ketika sedang menjalani diet sehat.

Kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi menjadikannya makanan sehat yang sangat baik untuk konsumsi harian Anda. Sekian dulu pembahasan kali ini mengenai manfaat labu kuning kukus maupun diolah menjadi makanan lainnya. Terima kasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel