Skip to main content

Cara Daftar Telegram Menggunakan Android dan PC

Dalam artikel ini kita akan memberikan panduan lengkap mengenai cara daftar telegram di PC dan Android. Namun, sebelum masuk ke dalam inti pembahasan saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu telegram?

Pengertian Telegram adalah sebuah perangkat lunak atau aplikasi yang memberikan layanan untuk melakukan pengiriman pesan dalam bentuk teks, gambar, audio, video, dan lainnya dengan basis awan dan tanpa adanya biaya yang dibebankan kepada pengguna.

Pada tahun 2016, aplikasi chatting ini sudah dinyatakan sebagai salah satu aplikasi perpesanan populer dengan memiliki pengguna aktif sebanyak 100 juta dan pengiriman pesan sejumlah 15 miliar setiap harinya.

Lumayan banyak juga ya orang yang memakai Telegram? Tetapi, sebelum kamu memutuskan untuk membuat akun telegram sebaiknya ketahui lebih dulu apa saja kelebihan dan kekurangan telegram sehingga tidak menyesal nantinya.

Menurut beberapa sumber yang saya baca, ada banyak kelebihan Telegram. Beberapa di antaranya yaitu
  • Aplikasi Telegram bersifat gratis yang artinya dapat diunduh secara bebas tanpa harus membeli lisensi terlebih dahulu
  • Ukuran dari APK sesudah terinstal cukup kecil sehingga dapat dipakai untuk perangkat lama maupun baru dengan kapasitas penyimpanan terbatas.
  • Menggunakan teknologi cloud sehingga membuat proses pengiriman pesan lebih cepat.
  • Mendukung pengiriman file dengan kapasitas besar. 
  • Satu akun bisa diakses secara bersamaan dari Android dan PC.
  • Mendukung hingga 1000 anggota dalam satu grup.
  • Dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk kekurangan Telegram adalah sebagai berikut.
  • Untuk melakukan video call harus men-download aplikasi terpisah.
  • Chat akan tersimpan di server milik Telegram yang artinya walau kita telah menghapus akun maka akan tetap ada riwayat percakapan.
  • Belum mendukung story. Mungkin ini kekurangan yang sangat fatal bagi orang yang suka membuat story karena Telegram tidak menyediakan fitur tersebut.

Setelah Anda mengetahui kekurangan dan kelebihannya lalu memutuskan untuk coba menggunakan Telegram selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendaftar atau sign up Telegram. Untuk melakukan pendaftaran silakan ikuti cara di bawah ini.

cara daftar telegram

Cara Daftar Telegram  Messenger Menggunakan Android

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan APK telegram melalui toko aplikasi Google Play Store.

Baca juga: 

2. Sesudah berhasil diinstal, langsung saja buka aplikasi Telegram. Di situ akan ditampilkan halaman awal pendaftaran serta beberapa fitur unggulan yang ditawarkan kepada pengguna. Silakan lihat ke bagian bawah, lalu pilih Lanjutkan Dengan Bahasa Indonesia.

cara daftar telegram di Android

3.  Pada tahap ini akan diminta memasukkan nomor HP yang akan dipakai untuk mendaftar. Pilih negara terlebih dahulu kemudian masukkan nomor di samping tulisan +62. Jika sudah, tekan tanda centang di atas kanan layar. Pada tahap ini biasanya akan muncul dialog untuk meminta akses ke kontak telepon, tekan Izinkan apabila kotak dialog tersebut muncul.



4. Anda akan mendapat SMS berisi kode verifikasi yang dikirim ke nomor tadi. Silakan buka kotak masuk lalu cari kode tersebut kemudian masukkan pada pada aplikasi. Tekan tanda centang sesudah menulis kode.


5. Sesudah ini tinggal mengisi nama dan foto profil. Apabila muncul permintaan untuk mengakses kontak, tekan Lanjutkan. Sekarang Anda sudah berhasil membuat akun Telegram dan siap untuk berkirim pesan dengan teman. Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah dan tidak berbeda jauh dengan WhatsApp.


Cara Mendaftar Telegram di PC

1. Selain dapat diakses memakai smartphone, Telegram juga bisa digunakan pada perangkat dekstop. Tetapi, pengguna harus memasang aplikasi resmi Telegram terlebih dahulu. Untuk cara download Telegram di laptop atau PC tinggal mengunjungi https://desktop.telegram.org kemudian klik Get Telegram for Windows.

2. Setelah terinstal, silakan buka aplikasi tersebut dan akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Kilik tombol bertuliskan Start Messaging dengan warna biru.

cara daftar telegram di PC

3. Pilih negara tempat tinggal dan pada kolom di bawahnya isi dengan  nomor HP yang sudah terdaftar di Telegram Android atau iOS, lalu klik tombol Next.


4. Cek aplikasi telegram pada ponsel Anda. Cari kode yang sudah dikirim pada akun Telegram, lalu masukkan pada halaman input kode di aplikasi PC, sesudah itu tekan Next. Sekarang Anda sudah berhasil log in Telegram di PC dan siap berkirim pesan dengan semua kontak.


Itu tadi pembahasan lengkap tentang cara membuat Telegram yang dapat Anda ikuti. Oh iya, jika hanya ingin memakainya di HP saja tidak perlu untuk melakukan pendaftaran melalui PC. Sekian dulu dan semoga dapat membantu.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar