2 Cara Menyembunyikan Foto di Facebook Supaya Teman Tidak Bisa Melihat

Upload foto di sosial media Facebook sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang, baik muda maupun tua. Mengabadikan kegiatan sehari-hari di media sosial memang menjadi suatu hal yang menyenangkan karena dari situ kita akan mendapatkan tanggapan berupa like dan komentar. Banyak pengguna tanpa sadar mereka melakukan kecerobohan dengan mengunggah hal yang tidak seharusnya. Lantas bagaimana cara privasi foto di FB supaya hanya kita atau teman yang tahu?

Secara default, Facebook akan mengatur foto, video, dan postingan lain bersifat publik. Ini artinya siapapun akan dapat melihat dan berkomentar. Jadi, apabila ingin upload foto sebaiknya membatasi siapa saja yang dapat melihatnya.

Facebook telah melakukan perubahan besar pengaturan privasi pengguna pada tahun 2011 silam dan melakukan penyempurnaan beberapa kali sejak perubahan tersebut dilakukan. Pengaturan privasi FB yang baru memberi keleluasaan kepada para penggunanya untuk mengontrol secara penuh siapa saja yang bisa melihat kiriman di beranda. Artinya, kita diberikan pilihan cara mengunci foto di Facebook.

cara menyembunyikan foto di facebook

Untuk foto yang baru akan diunggah, kita bisa langsung mengaturnya melalui pengaturan privasi di bawah kotak posting jika pada versi dekstop dan di atas postingan bila versi mobile. Di situ akan terdapat tiga pilihan, yaitu publik, teman, dan teman kecuali. Lalu bagaimana bila sudah terlanjur diposting? Anda juga masih bisa mengubah privasi tersebut secara satu per satu atau satu album sekaligus. Berikut ulasannya.

Cara Menyembunyikan Foto di Facebook Supaya Tidak Bisa Dilihat Orang Lain

Untuk cara mengubah privasi foto akan saya bagi menjadi dua, yakni menyembunyikan album (artinya semua foto di dalamnya tidak akan bisa dilihat teman) dan hanya satu foto saja. Agar dapat segera melakukan, siapkan smartphone atau PC Anda terlebih dahulu.

1. Menyembunyikan Album Foto
  • Silakan buka profil Facebook Anda. Setelah terbuka tap menu Foto.

cara menyembunyikan album foto di Facebook

  • Buka salah satu album yang akan disembunyikan. Selanjutnya tekan ikon titik tiga pada kanan atas, lalu Edit.

cara mengunci foto di facebook

  • Sekarang silakan pilih pengaturan Pemirsa. Di sana akan ada tiga pilihan privasi yang dapat digunakan. Jika ingin hanya Anda yang dapat melihatnya, pilih saja Hanya Saya. Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menekan tombol Simpan.

Baca juga: Cara Mendaftar Akun Facebook Baru

2. Menyembunyikan Hanya Satu Foto
Jika ingin menghilangkan foto tertentu dari lini masa teman, Anda juga dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Saya akan memberikan contoh pada salah satu koleksi foto  saya.

  • Buka dulu profil Facebook, lalu pilih menu Foto.
  • Cari kemudian buka salah satu foto yang terdapat di dalam album. Saya mencoba memakai foto di dalam folder Unggah Seluler.
  • Tap menu Pilihan Lainnya yang terletak pada bagian bawah foto > Edit Foto.
  • Gulir ke bawah dan pilih Edit Privasi Postingan > Lihat Selengkapnya > Hanya Saya. Anda juga dapat mencoba pilihan lainnya sesuai dengan keinginan.

Tips ini sebetulnya juga dapat diterapkan pada jenis postingan video maupun teks. Selain itu, juga dapat mengatur hanya orang tertentu saja yang bisa melihat dengan memilih menu Teman Spesifik. Nah, sekarang tak usah khawatir lagi apabila menginginkan postingan tidak bisa diketahui teman karena Anda sudah membaca cara sembunyikan foto di Facebook.