Cara Download Status WhatsApp (Foto dan Video) Tanpa Aplikasi

WhatsApp adalah aplikasi kirim pesan ditujukan untuk perangkat smartphone yang secara dasar hampir menyerupai BlackBerry Messanger. Pengguna aplikasi chatting ini dapat memakainya untuk mengirim pesan tanpa dibatasi oleh jenis platform dan yang pasti kita tidak akan dikenakan biaya sepeserpun karena menggunakan koneksi internet. Selain itu, kita juga dapat membuat story WhatsApp yang dapat dilihat oleh semua kontak di dalam telepon, begitupun sebaliknya. Tetapi, apakah Anda pernah berpikir untuk menyimpan status WA keren milik teman? Jika iya, kebetulan sekali karena artikel ini akan membahas cara download status WhatsApp.

Sebenarnya ada cara download status WA baik itu video maupun foto dengan menggunakan aplikasi tambahan. Namun, bila memakai aplikasi pihak ketiga terbilang sangat susah dan merepotkan ada pilihan lain untuk melakukannya dan tentunya tidak perlu memakai aplikasi tambahan untuk download story WA.

Sebelum mulai membahas cara download video status WhatsApp Anda perlu menyiapkan aplikasi file manager yang dapat menampilkan berkas tersembunyi. Saya sendiri menggunakan aplikasi Mi File Manager karena fiturnya cukup lengkap. Kenapa harus menggunakan APK semacam itu? video atau foto story WA biasanya tidak akan terlihat apabila kita hanya memakai file manager biasa. Jadi, ststus WhatsApp tersebut akan disembunyikan dan tidak dapat kita temukan.

Cara Download Story WhastApp Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Sebenarnya setiap kita melihat foto dan video story yang dibuat status oleh kontak kita tanpa disadari telah tersimpan dalam ponsel. Akan tetapi, karena letak berkas ini disembunyikan kita tidak akan dapat melihatnya dan bahkan tidak akan muncul di galeri walau sudah mencarinya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Status Online di WA

Foto atau video tersebut akan hilang maksimal dalam waktu 24 jam atau ketika pemilik menghapus story tersebut. Lantas, gimana sih cara agar dapat disimpan dan tidak hilang walau masa tayang telah habis atau pemilik menghapusnya? Silakan terus baca karena di bawah ini akan disajikan tutorialnya.


1. Pertama buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp dan silakan lihat foto atau video yang akan di-download. Contohnya seperti pada gambar. Story yang telah dilihat akan berada di bawah tulisan "pembaruan yang telah dilihat".


2. Sekarang tekan tombol kembali dan buka aplikasi pengolah berkas yang telas disiapkan. Tekan pengaturan yang ada pada kanan atas layar, lalu pilih setelan. Setelah masuk pada menu setelan silakan aktifkan menu Tampil berkas tersembunyi. Setelah mengaktifkan pilihan tersebut, semua berkas yang selama ini tidak muncul akan otomatis terlihat dan dapat diakses. Berkas tersebut biasanya akan ada di dalam folder dengan nama yang diawali tanda titik.



3. Selanjutnya tekan tombol kembali untuk keluar dari menu setelan dan langsung saja cari folder dengan nama WhatsApp. Di dalam berkas tersebut akan tersimpan foto, video, audio, dan berkas lainnya yang pernah Anda buka melalui WA. Folder tersebut juga menyimpan story WA sementara yang pernah Anda lihat.

Silakan pilih folder Media lalu .Statuses (biasanya akan berada paling atas). Nah, sekarang akan muncul video dan foto milik teman yang sebelumnya pernah kamu lihat. Cari foto atau video mana yang ingin disimpan.

Bila sudah ditemukan, salin atau pindah foto & video tersebut ke dalam folder lain yang diinginkan. misalnya saja ke DCIM/Kamera atau ke dalam folder Download supaya tidak hilang. Sekarang silakan keluar dari file manager, selanjutnya cek di dalam galeri apakah sudah muncul atau belum. Bila sudah muncul itu artinya telah berhasil menyimpan story WhatsApp milik teman.

cara download status WhatsApp

Sampai di sini, Anda telah berhasil mengikuti tutorial cara mengambil video di status WA. Dengan begitu bila ada story WA menarik lainnya tinggal mencari dan menyimpan pada memori telepon. Sekian dulu pembahasan cara download video di WA tanpa aplikasi kali ini.