Ternyata Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android Sangat Mudah

Berkirim pesan sekarang ini sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan setiap orang pada zaman modern. Banyak sekali pekerjaan atau hal lain yang terbantu karena adanya layanan pesan instan ini. Oleh karena itu, banyak sekali pengembang software menciptakan aplikasi chat dan salah satu yang paling banyak diminati masyarakat adalah WhatsApp.

WhatsApp merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi chatting populer yang kini memiliki banyak pengguna dari kalangan user smartphone, khususnya Android. Ya, WhatsApp sendiri telah berhasil menarik perhatian pengguna dan beberapa tahun lalu telah berhasil mengalahkan ketenaran dari BBM berkat fitur dan keunggulan miliknya.

Cara Menonaktifkan WhatsApp

Layaknya aplikasi chat lain, WhatsApp menyediakan fitur dasar seperti mengirim gambar, video, emoji, telepon, dan video call. Supaya dapat memakai semua fungsi tersebut smartphone Android diharuskan untuk selalu terhubung pada jaringan internet. Jadi, jika koneksi internet sedang terhubung akan langsung menerima pesan secara real time apabila ada yang mengirim.

Baca juga: Cara Download Status WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Namun, dibalik kecepatan dalam menerima pesan yang diberikan tersebut justru terkadang malah menjadi hal mengganggu jika ada orang usil mengirim banyak sekali chat sehingga membuat notifikasi menumpuk. Jelas saja hal tersebut sangat tidak mengenakkan terlebih lagi jika posisi sedang dalam bekerja.

Sebenarnya hal tersebut mudah saja diatasi, yakni dengan cara menonaktifkan WA sementara di Android tanpa harus mematikan data seluler atau Wi-Fi dan mengaktifkan kembali bila ingin memakainya. Nantinya orang yang mengirim kamu pesan hanya akan menerima laporan centang satu. Bagaimana caranya? Nah, berikut ini akan kami jelaskan secara singkat.

Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara

Dalam artikel ini akan iFabrix pisahkan menjadi 2 cara, yaitu menggunakan aplikasi tambahan dan tanpa aplikasi di mana keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi, silakan pilih sesuai dengan kehendakmu.

Menggunakan Aplikasi Greenify

Cara pertama akan kita pakai adalah memakai aplikasi dengan nama Greenify. Aplikasi ini akan bekerja dengan cara membekukan aplikasi tertentu untuk sementara waktu. Intinya aplikasi yang dihibernasi oleh Greenify tidak akan aktif sebelum dibuka kembali. Mari kita simak langkah-langkahnya.



  1. Silakan instal aplikasi Greenify melalui Google Play Store.
  2. Apabila sudah selesai diinstal, silakan buka dan tekan tombol Berikutnya di pojok kanan bawah > centang pada pilihan My device is not rooted bila HP belum root dan bila sudah pilih My device is rooted > tekan Berikutnya > tap Grant Permission > aktifkan akses pengguna aplikasi Greenify > pilih Finish.
  3. Sesudah itu kita akan dibawa ke tampilan awal pengaturan Greenify. Langsung saja tekan tombol plus (+) > pilih WhatsApp > tap tombol centang di bawah kanan layar.
  4. Tekan tombol Zzz. Biasanya untuk pertama kali akan muncul kotak dialog perintah mengaktifkan aksesibilitas, tekan saja Lanjutkan kemudian aktifkan dan tekan tombol kembali bila sudah. Silakan tekan lagi tombol Zzz maka WhatsApp akan otomatis dinonaktifkan.
  5. Supaya lebih mudah dalam mematikan aplikasi yang diinginkan, kamu juga dapat menambahkan widget ke layar utama sehingga jika ingin melakukan hibernasi tinggal menekan tombol widget tersebut.

Menonaktifkan WhatsApp Tanpa Aplikasi

Jika menurut kamu cara ini lumayan rumit dan susah masih ada pilihan lain, yaitu menonaktifkan WhatsApp secara manual melalui pengaturan telepon. Agar tidak bertele-tele langsung saja baca tutorial berikut ini.



  1. Buka pengaturan/setting/setelan biasanya setiap ponsel memiliki bahasa berbeda > cari pengaturan aplikasi > cari aplikasi WhatsApp > force close/paksa berhenti.
  2. Untuk mengaktifkan kembali caranya cukup mudah hanya dengan membuka WA seperti biasa, maka akan otomatis aktif dan bila ingin mematikan lagi tinggal mengulangi langkah pertama.

Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai cara menonaktifkan WA sementara pada ponsel Android. Sesudah mengikuti tutorial di atas kamu tidak akan terganggu lagi apabila ada orang yang melakukan spam chat padamu. Oh iya, cara ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk WhatsApp, tetapi pada semua aplikasi chatting seperti Facebook Massanger, Line, Telegram, dan lain sebagainya.