Skip to main content

Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi Tanpa Root dan Mudah

Cara menghilangkan iklan Xiaomi baik MIUI 10 atau versi lainnya akan saya jadikan topik pembahasan kali ini karena banyak sekali para pengguna yang masih belum tahu bagaimana cara mengatasinya sehingga merasa sangat terganggu. Ya, terkadang kemunculan iklan pada aplikasi memang sangatlah tidak nyaman terlebih lagi tampil pada aplikasi sistem.

Xiaomi adalah sebuah perusahaan teknologi yang akhir-akhir ini namanya semakin banyak dikenal oleh banyak kalangan karena menciptakan produk-produk dengan fitur mewah namun dibandrol dengan harga murah. Salah satu perangkat yang banyak dipakai masyarakat dari perusahaan ini adalah produk ponsel. Siapa sih yang tidak tahu smartphone Android merek Xiaomi atau Redmi? Ponsel pintar besutan Xiaomi tersebut dibekali dengan spesifik mumpuni dan software Android dengan costum UI MIUI.

MIUI saat ini telah mencapai versi MIUI 10 dan menurut kabarnya akan ada update versi 11 pada tahun ini. Banyak sekali fitur baru yang tidak ada pada stock rom Android tanpa kostumisasi, misalkan aplikasi ganda, ruang kedua, mengunci aplikasi dan masih banyak lagi.

Tetapi, di balik itu semua ternyata MIUI telah disisipkan iklan secara default di mana artinya jika memakai ponsel Xiaomi baik Redmi 4A, Redmi 5 Plus, Redmi 4X, Mi A1, dan tipe lainnya, maka akan muncul iklan pada aplikasi sistem seperti pada file manager, pemutar musik, dan lain sebagainya.

Iklan yang muncul di Xiaomi berbeda dengan iklan pada aplikasi gratisan yang umum kita instal karena tertanam pada sistem. Jadi, dapat dibilang sangat susah untuk menghilangkan bagi orang awam. Namun, kali ini kita akan memberikan cara paling ampuh mengatasinya.

cara menghilangkan iklan Xiaomi

Xiaomi Banyak Iklan? Begini Cara Menghilangkan.

Langkah awal untuk mengatasi iklan di HP Xiaomi ialah meghapus aplikasi sistem yang mengendalikan iklan, yaitu MSA. APK tersebut merupakan sistem yang mengatur iklan di mana setiap kali membuka aplikasi akan muncul iklan pada bagian halaman tertentu sehingga kita harus menghapusnya atau menonaktifkan. Siapkan terlebih dahulu laptop atau PC, dan kabel USB.

1. Menghapus Aplikasi Pengatur Iklan Pada Sistem MIUI Xiaomi

  • Download Minimal ADB Fastboot dan instal pada PC.
  • Instal aplikasi App Inspector pada ponsel Xiaomi kalian.
  • Aktifkan USB debug. Caranya pergi ke Setelan > Tentang Telepon > ketuk tujuh kali versi MIUI sampai muncul keterangan opsi developer aktif > tekan tombol kembali > masuk ke Setelan tambahan > Opsi pengembang > scroll ke bawah dan aktifkan pilihan Debugging USB.

mengaktifkan opsi pengembang

mengaktifkan usb debugging

  • Hubungkan ponsel ke PC memakai kabel USB dan jika muncul menu pilihan USB silakan pilih transfer file.

pengaturan penyimpanan

  • Buka Minimal ADB Fasboot melalui PC lalu ketik perintah adb devices terus tekan enter, maka akan muncul notifikasi dialog pada ponsel silakan tekan Ok.

perintah adb fastboot 

  • Jika pada ADB tertera keterangan unauthorized lakukan langkah sebelumnya sekali lagi. Jika sudah, ketik perintah berikut secara berurutan dan tekan enter setiap menulis perintah. Berikut ini perintahnya: adb shell enter, kemudian tulis pm list packages enter.
  • Kini kita pindah ke ponsel. Buka App Inspector yang sudah diinstal tadi.
  • Cari aplikasi MSA kemudian buka dan catat Package name APK tersebut.

mencari package name dari MSA

  • Pindah lagi ke ADB Fastboot. Ketik pm uninstall -k --user 0 (spasi) package name yang sudah kita dapatkan sebelumnya lalu enter. Jika bingung akan saya beri contoh seperti ini jadinya: pm uninstall -k --user 0 com.miui.msa.global > enter.
  • Hidupkan ulang HP Xiaomi milik kamu.

2. Mematikan Rekomendasi Iklan di Xiaomi Secara Permanen

Ini merupakan langkah terakhir yang akan menghilangkan iklan bawaan dari ponsel Xiaomi kita yakni mematikan rekomendasi iklan pada setiap aplikasi satu per satu. Saya tidak akan menuliskan cara mematikan menu rekomendasi pada setiap aplikasi bawaan karena langkahnya sama saja, kamu tinggal mencari menu setelan rekomendasi iklan pada aplikasi bawaan mana yang muncul iklan. Begini contoh cara mematikannya pada aplikasi pemutar musik:
mematikan rekomendasi iklan 

Buka Mi Music > pilih Setelan > Setelan Lanjutan > matikan Terima Rekomendasi > keluar dan buka kembali maka sudah tidak ada lagi iklan di Xiaomi yang muncul. Lakukan hal sama pada setiap aplikasi sistem yang menampilkan iklan seperti Mi Browser, MIUI Security, Mi Cleaner, MIUI Downloads, Mi Video, MIUI Folders, dan lain sebagainya melalui menu setelan pada masing-masing aplikasi.

Kesimpulan

Mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya kenapa harus menghapus MSA yang bisa dibilang cukup ribet? Kenapa tidak mencabut otoritasnya saja kemudian langsung mematikan rekomendasi iklan? Jadi, bila kita hanya mencabut otoritas dari MSA sebenarnya tidak akan menghilangkan iklan, tetapi iklan akan tetap muncul dengan jumlah sedikit berkurang dan bahkan bisa dibilang tidak berkurang sama sekali kalau kita memaki jaringan Wi-Fi. Berbeda jika MSA dihapus maka tidak akan muncul sama sekali setelah rekomendasi iklan dimatikan.

Apakah cara ini bisa membuat sistem error? Tentu saja tidak karena saya sudah mencobanya di beberapa ponsel milik saya. Nah, sekian dulu pembahasan cara menghilangkan iklan Xiaomi Redmi 5 Plus, Redmi 4A, Redmi 4X, Mi A1 dan macam-macam tipe lainnya secara permanen kali ini. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar