4 Cara Cek IMEI iPhone Untuk Membedakan Asli atau Palsu

iFabrix - Dalam artikel kali ini kita akan membahas tutorial seputar ponsel yang memiliki logo buah apel, lebih tepatnya cara cek IMEI iPhone. Sejak muncul pertama kali pada tahun 2007, ponsel tersebut makin hari semakin populer saja dan menjadi idaman setiap orang. Ya, siapa sih yang enggak ingin memiliki ponsel premium buatan dari Apple ini. Karena minat yang tinggi akan produk tersebut membuat munculnya replika dari iPhone dengan harga murah

Mungkin secara sekilas produk palsu akan memiliki tampilan yang sama persis dengan aslinya. Namun sebenarnya jika kamu sudah terbiasa menggunakan akan sangat mudah membedakan karena dari segi software dan nomor IMEI jelas sangat berbeda. Untuk kamu yang berniat membeli iPhone tidak ada salahnya mengetahui cara cek IMEI iPhone resmi supaya tidak tertipu.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity di mana berfungsi sebagai nomor identitas Internasional pada ponsel. Jadi, setiap ponsel yang beredar di seluruh dunia akan memiliki kode unik yang tidak akan mungkin sama dengan perangkat lainnya. 

Biasanya, selain tertera pada perangkat juga akan dicantumkan pada dus box dan nota pembelian untuk memudahkan pengecekan terkait garansi. Fungsi IMEI sebenarnya tidak hanya terbatas pada identitas perangkat saja, tetapi juga digunakan untuk melakukan pemblokiran jaringan pada wilayah tertentu yang tidak seharusnya ponsel tersebut beredar.

Baca juga: Cara Mengunci Jaringan 4G LTE

Keberadaan IMEI sangatlah penting untuk perangkat smartphone, sayangnya banyak sekali orang yang menganggap remeh akan hal tersebut. Hal ini saya simpulkan dari banyaknya orang membeli iPhone bekas tanpa melakukan cek IMEI iPhone online yang sebenarnya tidak memakan waktu lama. 

Dengan mengetahui seri IMEI akan mengurangi risiko mendapatkan barang palsu serta menghindari pencurian jika suatu saat terjadi. Jika ponsel kamu hilang karena diambil orang yang tidak bertanggung jawab tinggal melaporkan ke pihak operator untuk melacak keberadaannya.

Selain itu, ponsel yang dicuri tersebut juga dapat diblokir sehingga tidak akan bisa dipakai untuk menggunakan jaringan sementara waktu. Untuk itu alangkah baiknya bila ingin membeli iPhone belilah di toko offline yang dekat dengan rumahmu sehingga jika terjadi hal-hal buruk dapat melakukan komplain.


Cara cek IMEI iPhone

Nah, setelah kamu mengetahui kegunaan IMEI di atas sebaiknya jika ingin membeli iPhone pastikan nomor IMEI yang ada pada ponsel dan kardus sama persis. Kalau pada body tidak tertera nomor IMEI berikut ini cara mengetahui nomor IMEI iPhone.

1. Melalui Bagian Fisik iPhone
IMEI kebanyakan akan tertera pada fisik ponsel. Untuk melihatnya, kamu dapat membuka terlebih dahulu bagian casing belakang. Biasanya IMEI akan dicantumkan tepat berada di dekat slot kartu SIM.

2. Melalui Info Sistem
Ini adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan tanpa perlu membongkar ponsel terlebih dahulu. Caranya cukup dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih General, dan tekan pada tulisan About. Di sana kamu akan menemukan banyak sekali informasi seputar perangkat dan tentunya juga akan ada IMEI iPhone milikmu.

4 Menggunakan iTunes
Mungkin pengguna awam hanya tahu fungsi iTunes sebagai tempat untuk mengisi lagu saja. Software buatan Apple ini sebenarnya mempunyai berbagai macam fungsi, salah satunya adalah untuk mengecek IMEI iPhone. 

Untuk melakukannya cukup mudah, pertama sambungkan ponsel ke perangkat komputer yang sebelumnya sudah terinstal iTunes. Apabila sudah terhubung, buka menu Library maka akan tampil data mengenai HP tersebut termasuk nomor IMEI iPhone.

5. Menggunakan Dial Phone
Cara ini bisa digunakan untuk melihat kode IMEI ponsel apa saja. Kamu tinggal tulis *#06# pada menu telepon lalu akan muncul IMEI yang ada di HP iPhone kamu.

Sesudah mengetahui nomor IMEI tersebut, selanjutnya tinggal mencocokkan kebenarannya melalui situs online imei.info. Pertama-tama bukalah situs tersebut menggunakan browser HP atau PC. Setelah halaman web terbuka, tulis nomor IMEI yang ada pada ponsel. Silakan cek apakah data yang tampil di web tersebut sama dengan ponselmu atau tidak. Bila tidak sama, kemungkinan iPhone yang kamu miliki replika atau rekondisi.

Tips Membeli iPhone Asli Agar Tidak Tertipu

Dikarenakan IMEI banyak berhubungan dengan produk asli dan replika, maka kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini ketika hendak membelinya. Hal di bawah ini sangat penting untuk menghindari penipuan ketika sedang membeli ponsel iPhone.

Baca juga: Cara Flash HP Samsung Semua Tipe

  • Pastikan ketika membeli produk iPhone dengan mendatangi gerai resmi yang sudah terdaftar.
  • Lakukan cek IMEI memakai cara di atas lalu cocokkan dengan yang tertera pada box ponsel.
  • Jangan tergiur dengan harga yang tidak masuk akal karena baik pedagang online maupun offline tidak akan memberikan selisih harga terlalu banyak.
  • Perhatikan kondisi fisik. iPhone asli akan terlihat lebih solid dan kokoh. Walaupun barang palsu juga ada yang mempunyai kondisi fisik seperti asli namun setidaknya sudah mengurangi risiko mendapatkan barang palsu.

Sekian dulu pembahasan tentang cara cek IMEI iPhone asli ini. Semoga kamu tidak akan mengalami kebingungan lagi untuk dapat membedakan ponsel palsu dan asli ketika membelinya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel