Skip to main content

Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Lewat PC dan Tanpa PC

Samsung merupakan salah satu merek smartphone yang telah diakui oleh dunia sebagai handphone terbaik dan populer. Saking populernya, hampir di setiap etalase konter pasti tidak akan absen keberadaannya. Tapi walau berasal dari pabrikan ponsel terbaik, bukan berarti perangkat yang beredar di pasaran tidak pernah mengalami masalah dan ujung-ujungnya para pengguna kebingungan mengenai cara flash HP Samsung.

Masalah pada Samsung Android dapat bermacam-macam dan dapat juga disebabkan oleh banyak faktor. Jika itu hanya karena bug kecil pada OS, umumnya akan dapat terselesaikan dengan hanya melakukan update. Terlebih lagi Samsung memberikan update sangat cepat pada smartphone besutannya, entah itu update OS ataupun hanya sekedar UI (user interface). Namun jika masalah terjadi pada perangkat tipe lama, kemungkinan tidak akan bisa diselesaikan dengan update karena perangkat yang sudah tidak diproduksi tidak akan mendapatkan pembaharuan.

Cara Flash HP Samsung

Untuk mengatasi HP bermasalah, umumnya user akan meminta bantuan kepada jasa servis untuk melakukan flashing pada HP mereka. Dengan melakukan flash handphone Android sebenarnya tidak hanya dapat memperbaiki error, tetapi juga bisa sekaligus melakukan upgrade OS atau sebaliknya, yaitu downgrade ke versi Android di bawahnya.

Namun, di sini saya bukan bermaksud untuk memberikan rekomendasi tukang servis handphone terbaik tapi akan berbagi sedikit tutorial berdasarkan pengalaman pribadi untuk flashing HP Samsung milikmu sendiri. Caranya cukup mudah bahkan untuk orang yang sebelumnya tidak pernah mengenal smarthone sekalipun. Dengan mengikuti tutorial dari iFabrix ini saya pastikan dapat melakukannya. Alat utama yang perlu dipersiapkan untuk melakukan hanyalah PC/Laptop, kabel data, dan tentu saja handphone Samsung yang akan di-flash.

Adapun manfaat dari flash handphone yang perlu diketahui, yaitu:
  • Mengembalikan performa smartphone ke kondisi seperti ketika baru dibeli.
  • Mengatasi kesalahan sistem seperti lag, macet, dan restart.
  • Menambah ilmu.
  • Mengurangi pengeluaran karena tidak perlu membayar jasa.

Banyak metode yang dapat kita gunakan untuk flash HP Samsung, dapat memaki bantuan PC maupun tanpa memakai PC. Apabila flashing dilakukan dengan menggunakan PC, Anda bisa memakai software bernama Odin. Namun bila tanpa PC, dapat memakai recovery yang bisa diakses dengan menekan kombinasi tombol power dan volume.

Cara Flash HP Samsung

Di sini iFabrix akan memberikan tutorial flash HP Android Samsung dengan dua pilihan cara yang dapat kamu sesuaikan dengan kondisi dan kemauanmu. Untuk itu langsung saja ikuti langkah demi langkah di bawah ini.

Persiapan Flashing HP Samsung

  1. Cadangkan semua data dan file penting milik kamu ke dalam penyimpanan lain seperti kartu SD, Flasdisk, atau di komputer.
  2. Pastikan kondisi HP Samsung sebelum di-flash setidaknya masih memiliki daya baterai lebih dari 30%. Bila kurang dari itu, charger terlebih dahulu.
  3. PC atau laptop yang memakai OS Windows 7 ke atas.
  4. Kabel data.
  5. Driver USB. Kamu bisa mendapatkan driver sesuai dengan tipe HP Samsung kamu di website official. Carilah driver versi terbaru yang kompatibel dengan versi Windows milikmu.
  6. File selanjutnya yang dibutuhkan untuk melakukan flashing adalah frimware. Ini bisa di unduh pada website Sammobile.com ataupun Samsung-frimware.org.
  7. Untuk PC, kamu juga memerlukan program tambahan bernama Odin. Silakan ketik di Google Search.


Cara Flash HP Samsung Dengan Laptop/PC

  • Instal terlebih dahulu USB driver sesuai dengan tipe Android Samsung milik kamu. Hal ini diperlukan agar ponsel bisa terdeteksi oleh komputer dengan sempurna. Namun, tidak menutup kemungkinan akan secara otomatis sudah terdeteksi tanpa melakukan instalasi driver terlebih dahulu.
  • Tahap kedua yang perlu dilakukan adalah menginstal program bernama Odin pada komputer. Apabila sudah selesai, langsung saja buka dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


  • Matikan handphone milikmu. Apabila sudah benar-benar mati tekan tombol Power bersamaan dengan Home dan Volume Bawah. Kombinasi tombol tersebut dipakai untuk dapat mengakses mode download frimware di perangkat seluler Samsung.
  • Bila mode download sudah terbuka, segera lepaskan tombol yang sebelumnya di tekan, lalu biarkan saja tanpa menekan tombol sedikitpun.
  • Hubungkan HP ke laptop memakai kabel USB dan tunggulah hingga driver sukses terdeteksi . Biasanya bila sudah berhasil terdeteksi akan ada notifikasi pada layar komputer atau laptop.
  • Apabila langkah di atas sudah berhasil dilakukan, segera tekan Tombol Volume (+) pada handphone. Setelah ditekan maka akan keluar notifikasi, namun hiraukan saja dan kamu cukup memilih opsi Terisi Otomatis.
  • Apabila tidak muncul notifikasi, ada kemungkinan Anda melakukan kesalahan ketika instalasi driver. Jadi, cobalah dengan melakukan instalasi ulang. Selain karena driver yang tidak terinstal dengan benar, saya pernah menemukan kasus seperti ini akibat kabel data USB tidak bekerja. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pengecekan pada kabel USB. Namun bila sukses terhubung, carilah frimware pada folder tempat kamu menyimpannya dan masukkan pada Odin.
  • Umumnya frimware akan memiliki format terkompres baik RAR atau ZIP. Ekstrak lalu cari file dengan nama MD5 di dalamnya. File tersebut yang nantinya akan kita masukkan ke HP Samsung miliki kamu.
  • Apabila sudah selesai, buka kembali Odin. Kemudian beri ceklist pada tulisan Auto Reboot F. Reset Time. Lalu masukkan frimware-nya dengan cara menekan tombol AP dan temukan file  MD5 yang tadi sudah diexsrtrak. Bila telah ditemukan, pencet tombol Ok serta Start.
  • Dengan menekan tombol start maka proses flashing akan dimulai. Tunggu saja hingga selesai dan tetap pantau supaya perangkat tetap menyala. Tanda dari proses instal ulang HP Android selesai adalah akan melakukan reboot secara otomatis.
  • Nah, kini perangkat Samsung milikmu telah selesai di-flash. Silakan cek apakah sudah dapat bekerja dengan baik layaknya ponsel normal.

Cara Flash HP Samsung Tanpa PC

  • Cadangkan semua file yang terdapat dalam memori internal telepon pada penyimpanan lain yang Anda miliki.
  • Cara ini akan memaki recovery, jadi sebelumnya kamu harus menyiapkan microSD yang sudah berisi ROM/frimware yang sebelumnya telah di-download. Frimware tersebut tidak perlu di-ekstrak, biarkan dalam format ZIP maupun RAR sesuai dengan aslinya.
  • Pasang kartu penyimpanan pada slot Android Samsung milikmu. Selanjutnya tekan tombol untuk masuk ke recovery (biasanya memakai tombol kombinasi Home + Volume Bawah + Power, tiap tipe bisa saja berbeda-beda).
  • Jika telah berhasil masuk mode recovery, lakukan wipe data atau factory reset. Bila muncul peringatan tekan Ok atau Yes, maka pembersihan sistem akan berjalan dan tunggu sampai selesai.
  • Bila sudah selesai, kembalilah ke menu awal recovery dan pilih instal ZIP from SD card. Cari di folder mana kamu menyimpan firmware tadi kemudian pilih Yes. Proses flashing telah berjalan dan apabila sudah selesai maka akan reboot sendiri.
  • Hore, kini flashing telah berhasil dilakukan walaupun tanpa PC.

Nah, mudah bukan untuk melakukannya? Cara ini dapat diterapkan pada semua tipe Samsung, baik keluaran baru atau lama. Memang terkadang para teknisi bisa saja menggunakan cara lain, tetapi ini merupakan cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk pemula.

Baca juga: Rahasia Mengatasi HP Android Lemot

Semoga pembahasan cara flash HP Samsung kali ini dapat mengatasi permasalahan pada ponsel milikmu yang mengalami error. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan akhir kata, terima kasih sudah mau membaca di blog iFabrix.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar