Ciri-Ciri Negara Maju dan Contohnya yang Benar

Ciri-ciri negara maju - Dalam dunia ini terdapat banyak sekali negara dengan berbagai macam budaya dan bahasa. Dilihat dari segi ekonomi, semua negara tersebut memiliki tingkat kemajuan dan perbedaan yang menjadikannya sangat unik. Secara umum, negara dapat dibagi menjadi tiga berdasarkan pertumbuhan ekonomi, yaitu negara berkembang, terbelakang, dan negara maju.

Untuk melihat secara pasti bahwa suatu negara termasuk dalam negara terbelakang, berkembang, maupun negara maju sangat sulit untuk dilakukan karena harus memenuhi beberapa syarat dan parameter tertentu yang harus dipenuhi oleh negara itu sendiri. Jadi, dapat disimpulkan bahwa negara yang mempunyai kekayaan cukup banyak belum dapat dipastikan masuk dalam kategori negara maju apabila ada beberapa syarat yang tidak bisa dipenuhi, misalnya kemajuan dalam bidang teknologi, SDM, politik, dan ekonomi.

Ciri-Ciri Negara Maju dan Contohnya yang Benar

Negara maju merupakan sebutan khusus yang diberikan kepada sebuah negara dengan standar hidup rakyatnya yang tinggi di bidang teknologi dan juga memiliki tingkat perekonomian merata di seluruh penjuru negerinya. Dari pernyataan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa negara maju adalah negara yang rata-rata penduduknya memiliki kesejahteraan dan kualitas hidup yang sangat tinggi.

Namun, secara umum negara maju dapat dilihat dari gambaran pendapatan per kapita yang tinggi. Negara maju juga mempunyai angka pertumbuhan penduduk cukup rendah diikuti oleh tingkat kematian bayi yang rendah juga. Rendahnya tingkat kematian bayi tersebut dikarenakan kemajuan dalam bidang pengetahuan, terutama pengetahuan dalam hal medis. Dengan begitu, dapat dipastikan juga akan memiliki jumlah harapan hidup tinggi serta ketergantungan para lansia kepada anak yang lumayan rendah.

Berbeda dengan negara terbelakang, di negara maju para penduduknya sebagian besar sudah mempunyai ketrampilan menulis dan membaca dikarenakan rata-rata telah melakukan studi di perguruan tinggi. Selain itu, pembangunan sosial yang dilakukan oleh pemerintah negara maju juga sudah sangat baik karena berlakunya jaminan sosial yang memberikan perlindungan akan risiko kecelakaan kerja, sakit, hamil, cacat, bahkan pengangguran. Hebatnya lagi, hampir mencapai setengah dari seluruh Pendapatan Nasional Bruto ditujukan untuk memberikan layanan kesehatan dan sosial kepada rakyatnya. 

Ciri-Ciri Negara Maju

Apabila Anda ingin mengetahui negara mana saja yang dapat dikategorikan sebagai negara maju, berikut ini beberapa ciri umum yang dapat dijadikan tolak ukur untuk melihatnya. Namun, ini hanyalah menurut pandangan umum saja karena untuk menyimpulkan lebih pasti harus memenuhi beberapa parameter lebih mendalam lagi.

1. Tingkat Pengangguran Rendah
Ciri-ciri pertama dari sebuah negara maju ialah angka pengangguran nasional pada negara tersebut sangat rendah. Angka pengangguran rendah merupakan ciri dari negara maju yang sangat spesifik. Berjalannya perekonomian sebuah negara secara maksimal tidak akan terjadi jika jumlah wirausaha dan lapangan pekerjaan masih minim.

Umumnya, pengangguran yang ada di negara maju ialah jenis pengangguran friksional. Pengangguran friksional adalah pengangguran yang terjadi karena peralihan tenaga kerja dari tempat kerja lama ke tempat kerja lain. Pada negara maju, pengangguran malah memperoleh jaminan sosial dari pihak pemerintah. Walau begitu, pengangguran tersebut justru merasa malu bila mendapatkan jaminan dan tidak dijadikan sebagai alasan untuk terus bermalas-malasan. Artinya mereka tetap akan melakukan usaha dengan sekuat tenaga agar segera memperoleh pekerjaan baru.

2. Pendapatan Per Kapita Tinggi
Umumnya pendapatan per kapita menjadi ukuran tersendiri yang dipakai untuk menentukan seberapa maju sebuah negara. Dengan memakai parameter pendapatan perkapita, dapat dilihat keberhasilan penduduk dari rata-rata penghasilan yang dicapai selama kurun waktu satu tahun. Menurut data yang dikeluarkan Bank Dunia, sebuah negara maju setidaknya harus memiliki pendapatan perkapita sebesar 10,726 dolar per tahun.

3. Laju Pertumbuhan Penduduk Rendah
Tingkat kelahiran adalah salah satu hal pendukung yang dipakai untuk menentukan apakah negara tersebut dapat digolongkan dalam negara maju. Secara umum, negara maju mempunyai angka kelahiran yang sangat rendah, yakni sekitar 1% pertumbuhan penduduk/kelahiran dalam satu tahun. terwujudnya pertumbuhan penduduk yang rendah ini dikarenakan adanya tingkat kesadaran akan keluarga berencana, rendahnya jumlah pernikahan muda, dan kemajuan sektor kesehatan.

4.  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berkembang Pesat
Negara maju memberikan dukungan penuh kepada orang-orang dengan kecerdasan yang tinggi. Bahkan Pemerintah juga memberikan fasilitas kepada ilmuan untuk mendukung setiap observasi dan kajian yang dilakukan. Fasilitas terbaik serta upah berstandar tinggi menjadi salah satu penyemangat para ilmuan dan penduduk negaranya untuk terus menemukan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat. Inovasi yang ditemukan tidak hanya berakhir dalam wujud laporan saja, tapi akan diterapkan dalam berbagai bidang, seperti pertahanan militer, produksi, kesehatan, bahkan hingga teknologi.

5. Sektor Perekonomian Utama Berasal Dari Industri dan Jasa
Pada negara maju, industri yang banyak dikembangkan adalah memproduksi barang dengan nilai jual tinggi, misalkan mobil, motor, pesawat, barang elektronik, sampai alat berat. Sedangkan untuk jasa rata-rata fokus dalam bidang konsultan, pendidikan, hiburan, serta jasa keuangan.

6. Menghargai Kesetaraan Gender dan Waktu
Jujur, bertanggung jawab, disiplin, dan tepat waktu dalam bekerja adalah sedikit hal positif yang dapat kita tiru dari penduduk negara maju. Dengan perilaku positif tersebut, masyarakat negara maju mampu memaksimalkan kemampuan dan sumber daya mereka dalam upaya membangun perekonomian.

7. Sektor Pendidikan yang Baik
Semua masyarakat di negara maju rata-rata tidak mengalami buta huruf alias mereka mampu untuk menulis dan membaca dengan baik. Hal ini berkat kepedulian pemerintah yang memberikan fasilitas pendidikan dasar kepada seluruh warganya. Kebanyakan tempat pendidikan pada negara maju memiliki berbagai fasilitas dan juga ruang pembelajaran yang sangat nyaman. Jadi jangan heran apabila kecerdasan, kemandirian, dan kecakapan sosial para siswa dalam upaya mengembangkan kemampuannya adalah salah satu fokus utama di negara maju.

Baca juga: Ciri Negara Hukum Yang Wajib Kamu Ketahui

Contoh Negara Maju Di Dunia

Ada banyak sekali negara maju di luar sana dan di bawah ini telah kami tuliskan berdasarkan benua supaya lebih mudah untuk diingat.

a. Contoh Negara Maju di Eropa
  1. Belgia
  2. Estonia
  3. Australia
  4. Denmark
  5. Finlandia
  6. Jerman
  7. Yunani
  8. Prancis
  9. Republik Ceko
  10. Irlandia
  11. Luxemburg
  12. Portugal
  13. Italia
  14. Belanda
  15. Rusia
  16. Swedia
  17. Andorra
  18. Spanyol
  19. Inggris
  20. Hongaria
  21. Liechtenstein
  22. Monako
  23. Andorra
  24. Islandia
  25. Malta
  26. San Marino
  27. Norwegia
  28. Slovenia
  29. Spirus
  30. Swiss
  31. Vatikan

b. Contoh Negara Maju di Benua Afrika
Menurut referensi berbagai sumber, belum ada satupun negara maju yang terdapat di benua Afrika. Walaupun, dulu Libya pernah masuk ke dalam kategori negara maju namun kini sudah tidak termasuk lagi setelah adanya gejolak politik di negara tersebut.

c. Contoh Negara Maju di Benua Amerika
  1. Amerika Serikat (US)
  2. Kanada

d. Contoh Negara Maju di Benua Asia
  1. Jepang
  2. Hong Kong
  3. Israel
  4. Singapura
  5. Korea Selatan
  6. Taiwan

e. Contoh Negara Maju di Benua Australia serta Oceania
  1. Selandia Baru
  2. Australia

Sekian dulu pembahasan tentang ciri-ciri negara maju di bidang ekonomi dan sebagainya. Selamat membaca serta jangan lupa like dan share. Terima kasih sudah membaca di www.ifabrix.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel