Mainan Edukasi Untuk Anak 1 Tahun Terbaik

Memilih mainan untuk anak 1 tahun memang terbilang gampang susah karena di pasaran sering kita temui mainan yang tidak dijelaskan diperuntukkan untuk usia berapa. Selain itu bermain merupakan kegiatan masa kecil anak yang sangat penting untuk merangsang pertumbuhan mental, motorik serta fisik dan bukan hanya untuk memberikan kegiatan cuma-cuma saja.

Maian berikut ini sangat pas diberikan untuk anak Anda yang berusia 1 tahun.

Untuk anak 1 tahun kita harus memberikannya mainan yang sesuai, sebab tiap tahap umur anak selalu mempelajari hal baru. Bila kamu datang ke toko mainan akan menemukan banyak sekali pilihan, tetapi Anda harus ingat bahwa tidak semua mainan sesuai untuk umur 1 tahun.

Untuk menyesuaikan mainan apa yang tepat bagi kesayangan, terlebih dahulu kita mempelajari perilakunya.

  • Dia telah mengerti tentang apa yang kita bicarakan.
  • Gemar menirukan perilaku orang dewasa, terutama orang yang sering dekat dengannya.
  • Memiliki rasa penasaran tinggi pada hal baru. Oleh sebab itu mengapa anak kecil sering kali suka pada mainan baru yang dimilikinya.
  • Sudah dapat merespon interaksi yang datang padanya. Contohnya ketika kita akan memasangkan sepatu, dia mengulurkan kakinya agar lebih mudah melakukannya. 
  • Sering mengucapkan kata-kata yang selalu diingat.
  • Sering mengekspresikan perasaan dengan cara, tersenyum, tertawa, memeluk, bahkan menepuk.

Jadi, mainan edukasi untuk anak 1 tahun yang sesuai apa?


Sesuai dengan perkembangan zaman sekarang, berikut ini mainan yang sesuai dengan anak berumur 1 tahun.

1. Mainan kendaraan seperti kereta, mobil, atau motor yang berukuran besar dan bisa untuk dinaiki. Dengan bermain memakai mainan seperti itu akan memberikan pelatihan pada kaki anak saat menggerakkan mainan tersebut. Dengan panduan orang tua anak juga bisa belajar mempelajari kata-kata baru, misalnya saat mau berhenti ibu mengucapkan kata "stop".  Mainan tersebut juga bisa membayar rasa penasaran anak sebab dapat dipakai untuk jalan-jalan mengelilingi ruangan rumah.

2. Rumah-rumahan besar yang dapat anak dapat masuk ke dalamnya. Mainan tersebut juga membantu perkembangan fisik ketika dia merangkak dan mencoba berjalan masuk ke dalamnya.

3. Walker (Alat bantu belajar berjalan yang disertai dengan tombol untuk membunyikan musik atau suara). Walker bisa membuat anak lebih mudah dalam belajar berjalan dan melatih ingatan anak untuk memencet tombol mana yang mengeluarkan suara yang dia suka. Tetapi, Anda harus memperhatikan untuk tidak membeli walker yang memiliki roda sebab berbahaya. Di negara luar ada beberapa negara yang melarang penggunaan walker beroda karena bisa membalik ketika menabrak suatu benda dan itu cukup berbahaya bagi fisik si kecil.

4. Mainan dengan tema binatang juga bisa melatih ingatan anak dan tidak akan membuat anak terlalu lelah karena bisa dimainkan sambil duduk saja.

5. Mainan warna warni juga bisa membantu kinerja otak untuk mengenal berbagai macam warna. Untuk penerapannya dapat dikombinasikan dengan mainan di atas supaya secara lengkap dapat melatih otak dan fisik sekaligus.

Selain mainan ada hal yang juga sangat penting dalam proses belajar di umur 1 tahu. Maka dari itu, orang tua harus selalu mendampingi anaknya dalam pengenalan terhadap lingkungan atau benda-benda yang dilihatnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak baik. Lalu, perhatikan benda yang dimainkan oleh anak, sebab anak usia 1 tahun kerap mengunyah barang apa saja yang dipegangnya, jangan sampai barang berbahaya atau beracun dipegang olehnya.  Nah, itu tadi beberapa mainan edukasi untuk anak 1 tahun.

Belum ada Komentar untuk "Mainan Edukasi Untuk Anak 1 Tahun Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel