3 Cara Screenshot di Laptop ASUS, Acer, Lenovo, Toshiba Dengan OS Windows 10

Cara screenshot di laptop sebetulnya tidak berbeda dengan memaki dekstop selama versi dari sistem operasinya sama. Sebelum membahas ke langkah-langkah melakukannya, kita akan membahas terlebih dahulu apa itu screenshot.

Cara mengambil screenshot dapat dilakukan dengan menekan tombol Print Screen atau memakai softwere tambahan.

Screenshot adalah sebuah gambar yang dihasilkan dari tangkapan layar suatu perangkat, entah itu HP, laptop, maupun PC. Dengan adanya tangkapan layar tersebut kita dapat menyimpan cuplikan aktivitas pada layar laptop kita.

Nah, untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat tangkapan layar tersebut dan kebetulan memakai laptop dengan merek Acer, Lenovo, Toshiba, dan ASUS ber-OS Windows 10, ikuti tutorial ini sebab IFabrix akan memberi tahu tutorialnya.

Cara Screenshot Memakai Tombol Print Screen

Laptop masa kini biasanya sudah dilengkapi dengan tombol ini yang pada umumnya bertuliskan PrtSc di sebelah kanan. Ini merupakan cara paling mudah untuk mengambil screenshot pada laptop. Mengambil tangkapan layar menggunakan tombol Prtsc memiliki banyak macam dan hasilnyapun berbeda-beda.
  1.  Hasil dari tangkapan gambar hanya sebatas disimpan pada clipboard saja. Jadi, file yang dihasilkan tidak akan disimpan.
  2. Pengambilan screenshot lalu filenya tersimpan secara otomatis di dalam folder tertentu.
  3. Screenshot hanya pada window atau jendela yang sedang aktif sehingga gambar yang ditangkap tidak sepenuh layar.

Untuk melakukan pengambilan screenshot, dapat dilakukan dengan menekan tombol PrtSc atau sejenisnya karena tiap tipe laptop biasanya akan memiliki tulisan berbeda. Jika kamu sudah menekan tombolnya, tetapi tidak bisa, kemungkinan harus dikombinasikan dengan menekan tombol fungsi (Fn).

Screenshot Tanpa Disimpan


Jika ingin membuat screenshot namun tidak ingin menyimpannya, cukup tekan tombol PrtSc atau PrtSc + Fn. Jangan bingung bila tidak terjadi apa-apa pada layar PC atau laptop kamu sebab akan tersimpan pada  Clipboard. Selanjutnya buka softwere image editor yang ada di perngkatmu dan paste. Gambar hasil dari tangkapan layar akan otomatis muncul dan kamupun dapat menyimpannya atau mengedit sesuai kemauanmu.

Membuat Screenshot dan Menyimpannya



Cara ini hanya dapat dilakukan pada sistem operasi Windows 8.1 sampai 10. Caranya cukup mudah, tekan saja tombol Win bersamaan dengan Print Screen atau bila tidak bisa tambahkan menekan tombol Fn. Ada juga laptop yang memakai kombinasi PrtSc + Ctrl + Win. Kalau kamu tidak tahu apa itu Win, kami akan menjelaskannya. Win adalah tombol yang berlogo Windows, biasanya terletak antara tombol FN dan Alt.

Jika berhasil, layar akan terlihat berkedip sebentar dan kamu tinggal melihat file hasil screenshot pada folder Pictures lalu buka lagi folder bertuliskan Screenshot. Kamu dapat melakukan pengambilan berulang kali dan filenya akan diberi nama dengan urutan nomor.

Screenshot Pada Window yang Sedang Aktif


Untuk mengambil tangkapan layar hanya pada jendela yang sedang aktif caranya cukup klik pada title bar window yang akan di-screnshot, selanjutnya tekan pada Alt + PrntSc. Langkah terakhir tinggal buka saja aplikasi pengolah gambar dan paste-kan di situ. Saya biasanya memakai MS Paint.

Cara Screenshot Memakai Snipping Tool di Laptop

Snipping tool adalah program yang lama sudah ada semenjak munculnya Windows Vista. Namun banyak sekali orang yang kurang memahami manfaat dari tool ini. Padahal jika kita mau mengambil screenshot, dengan memaki program ini dapat lebih mudah dan fleksibel.

Jika memakai Snipping Tool kamu dapat mengambil tangkapan layar dengan berbagai pilihan, seperti
  • Satu layar penuh
  • Hanya jendela yang sedang terbuka
  • Atau bagian layar mana saja yang diinginkan 

Langkah melakukan screenshot yang pertama, bukalah Snipping Tool terlebih dahulu > klik New > pilih bagian yang ingin di-screenshot, apakah itu rectangular, full screen, atau window.


Di Windows 10 terdapat tambahan fitur yang tak ditemui pada windows versi lama, fitur tersebut bernama Delay. Fitur ini bermanfaat untuk mengatur seberapa lama aplikasi ini mengambil tangkapan layar semenjak digunakan. Jadi, kamu dapat menggerakkan mouse untuk menekan popup screnshot, atau tooltip.

Cara Screenshot Menggunakan Softwere Lighshot



Apabila mengambil screenshot memaki cara di atas menurut kamu terbilang ribet, kamu dapat menginstal program bernama Lighshot. Softwere ini terbilang cukup mudah dioperasikan dan memiliki fitur dasar yang lumayan lengkap.

Kelebihan dari Lighshot salah satunya yaitu sudah dilengkapi dengan fitur pengeditan gambar, menambahkan tulisan, draw, atau menentukan ukuran sesuka hati. Untuk mengoperasikannya kamu cukup membuka program ini dan bila sudah running di backgroun tinggal menekan tombol Print Screen

Baca juga: Cara Update BIOS Komputer

Itu tadi cara mudah untuk mengambil screenshot di berbagai laptop maupun PC dengan sistem operasi Windows 10. Jika ada yang kurang jelas silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Screenshot di Laptop ASUS, Acer, Lenovo, Toshiba Dengan OS Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel