7 Makanan Penyebab Jerawat Yang Ternyata Disukai

7 Makanan Penyebab Jerawat Yang Ternyata Disukai

Jerawat adalah masalah pada kulit yang umum terjadi. Masalah ini hampir mempengaruhi 10% penduduk di dunia. Meskipun gangguan kesehatan kulit ini bukan termasuk mengancam jiwa, tetapi bila sudah parah akan membuat penampilan jadi kurang baik. Banyak faktor yang mengakibatkan munculnya jerawat pada kulit, termasuk produksi keratin, sebum, hormon, makanan, jenis pori-pori tersumbat, dan bakteri.

Hubungan makanan dan jerawat selama ini menjadi perdebatan, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan atau obat tertentu memiliki hubungan terhadap tumbuhnya jerawat. Artikel ini akan membahas makanan apa saja yang dapat menjadi penyebab jerawat.
7 Makanan Penyebab Jerawat Yang Ternyata Disukai

Beberapa makanan yang bisa memicu munculnya jerawat


1. Biji-bijian dan gula yang dimurnikan

Penderita jerawat cenderung banyak mengkonsumsi banyak olahan karbohidrat dibandingkan orang tanpa memiliki jerawat.

Makanan kaya akan karbohidrat olahan seperti: 

  • Roti, sereal, kerupuk, dan makanan penutup terbuat dari tepung putih.
  • Pasta
  • Mie beras
  • Soda serta minuman manis lainnya

Salah satu studi menemukan fakta bahwa orang yang sering mengkonsumsi gula tambahan mempunyai risiko 30% jerawat. Selain itu orang suka makan kue mempunyai risiko 20% lebih besar. Peningkatan risiko ini disebabkan oleh karbohidrat olahan.

Karbohidrat olahan diserap lebih cepat oleh darah yang menyebabkan gula darah naik. Kenaikan gula darah juga mengakibatkan insulin naik. Tingkat insulin tinggi tidak baik untuk orang yang memiliki risiko terkena jerawat.

Baca juga: Cara Jitu Menghilangkan Jerawat Batu

2. Produk susu

Banyak sumber yang menyatakan hubungan erat antara konsumsi susu dan tingkat keparahan jerawat, terutama untuk para remaja. Namun penelitian yang dilakukan hanya sebatas korelasi  bukan hubungan sebab dan akibat. Belum jelas bagaimana susu dapat menyebabkan jerawat, tetapi ada teori yang bisa dipakai untuk menyimpulkannya. 

Susu diketahui meningkatkan kadar insulin, terlepas dari efek pada gula darah yang mengakibatkan efek lebih buruk pada jerawat. Susu sapi juga memiliki kandungan asam amino yang merangsang hati untuk meningkatkan produksi IGF-1. IGF-1 diketahui memperburuk keparahan jerawat.

3. Makanan cepat saji

Ini salah satu kebiasaan orang sulit untuk diubah. Makanan cepat saji biasanya memiliki kandungan lemak maupun gula. Makanan ini bisa mengakibatkan penyakit diabetes, peradangan jerawat, dan lemak berlebih pada perut.

Sebuah studi terhadap 2.300 pria di Turki menemukan fakta bahwa 24% risiko pertumbuhan jerawat dipicu oleh seringnya mengkonsumsi burger dan sosis. 

Makanan kemasan secara umum mempunyai kandungan zat perasa, adiktif, dan berbagai bahan kimia lain. Zat-zat tersebut kemungkinan bisa menimbulkan alergi pada orang tertentu yang membuat jerawat muncul. Bila kamu salah satu orang sering alergi, kurangngilah makanan cepat saji dalam keseharian.

4. Makanan pedas

Orang Indonesia tidak dapat dijauhkan dari rasa pedas. Saat mengkonsumsi makanan pedas wajah akan berubah menjadi warna kemerahan. Kemerahan tersebut disebabkan naiknya sirkulasi ke bagian wajah. Hal ini, juga dapat memicu munculnya jerawat. Selain itu, ternyata terlalu banyak memakan makanan pedas juga menimbulkan gangguan pada pencernaan.

5. Permen dan cokelat

Makanan mengandung banyak gula bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik. Tak cukup sampai di situ, gula tinggi menyebabkan hormon yang menyebabkan timbulnya jerawat juga meningkat. Gula diketahui dapat mengakibatkan kerusakan kolagen dan elastin kulit.

Maka sudah wajar seseorang yang suka mengkonsumsi makanan mengandung gula kulitnya cenderung kering. kekeringan kulit berkepanjangan menimbulkan banyaknya sel kulit mati tertumpuk pada pori-pori dan pori-pori tersebut tersumbat. Pori-pori tersumbat akan menimbulkan jerawat.

Maka dari itu kurangilah makanan mengandung gula seperti gula-gula, cokelat, kue, serta permen. Gantilah dengan memakan buah-buahan segar.

Baca juga: 3 Cara Efektif Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

6. Minuman bersoda dengan kandungan aspartam

Minuman mengandung aspartam yang biasa di soda, wajib dihindari jika Anda rawan terkena jerawat. Selain itu, minuman bersoda juga biasanya mengandung banyak gula. Hal tersebut bila terus dikonsumsi terlalu sering bisa menimbulkan peradangan dan menurunkan kadar pH tubuh. Maka dari itulah salah satu sebab mengapa orang rawan terkena jerawat apabila meminum soda berlebih.

Untuk mencegah masalah kulit ini hindarilah makanan penyebab jerawat tadi. Meminum dan makan makanan sehat lebih baik demi penampilan kulit yang bebas jerawat.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...