--> Skip to main content

11 Penyebab Bibir Kering Yang Tidak Anda Sadari

Bila bibir kering maka akan timbul pecah-pecah. Kondisi seperti ini adalah hal yang wajar terjadi terutama di musim dingin. Tidak memandang usia, jenis kelamin, maupun faktor genetik, pecah-pecah pada bibir dapat menimpa siapa saja yang biasanya memiliki kondisi kering pada kulit.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab bibir kering, seperti kebiasaan buruk atau makanan tidak sehat. Kondisi seperti ini sebenarnya cukup mudah diobati dengan mencari apa faktor penyebabnya. Tetapi, jangan terlalu menganggap remeh karena beberapa orang mengalami kondisi ini disebabkan oleh  infeksi Cheilitis. Bila terkena Cheilitis biasanya muncul tanda kulit pecah-pecah di area sudut bibir kanan maupun kiri.

Penyebab bibir kering yang tidak Anda sadari bahwa kebiasaan tersebut bisa menjadi penyebabnya.

Pada bibir terdapat stratum korneum yang berupa lapisan kulit tipis dan tampak transparan. Lapisan kulit tersebut berada di atas pembuluh darah bagian bibir. Hal ini juga yang menjadi jawaban kenapa bibir dapat berwarna merah. Warna merah timbul karena posisi strartum yang taransparan berdekatan dengan pembuluh darah sehingga warna pembuluh darah dapat terlihat secara jelas.

Bibir berbeda dengan kulit wajah yang mempunyai kelenjar minyak. Tidak adanya kelenjar minyak yang membuat bagian bibir menjadi mudah kehilangan kelembapan. Oleh sebab itulah kenapa bibir mudah sekali kering lalu retak. Biasanya, kurang kelembapan terjadi ketika memasuki musim dingin karena cuaca luar ruang dingin sedangkan di dalam ruang hangat.

Penyebab Bibir Kering

Merujuk dari berbagai sumber terpercaya yang menyebabkan bibir pecah meliputi faktor kebiasaan, kondisi kesehatan, dan makanan sebagai berikut.


1. Dehidrasi
Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan jumlah cairan yang dibutuhkan. Dehidrasi juga dapat menyebabkan dampak negatif bagi organ luar maupun dalam tubuh.

Bila sedang dehidrasi biasanya timbul gejala pusing, jarang kencing, mulut dan bibir terasa kering, haus, dan masalah pencernaan seperti sembelit. Pada tahap kronis, dehidrasi bisa menimbulkan penyakit berbahaya seperti gagal ginjal, darah rendah, atau detak jantung cepat.

Untuk mencegah dehidrasi, jangan lupa selalu minum 8-12 gelas air per hari. Hal ini juga sangat dianjurkan untuk penderita diabetes maupun orang dengan aktivitas tinggi.

Baca juga: Diabetes: Gejala, Penyebab, Jenis, dan Pengendalian

2. Sering Menjilat Bibir
Ini salah satu kebiasaan buruk namun sering dilakukan dan tanpa disadari memiliki efek negatif. Mungkin sebagian orang menganggap menjilat bibir akan menghindarkan dari masalah bibir kekeringan. Tapi tahukah Anda, air liur yang ada di bibir lebih mudah kering dan akan menghilangkan zat yang melapisi bibir supaya tetap lembab.

Air liur memiliki kandungan zat berfungsi untuk membantu dalam proses pencernaan bukan sebagai cairan pelembab. Ketika air liur yang ada pada bibir melalui jilatan kering, secara otomatis orang akan menjilatnya kembali. Hal tersebut menjadi kebiasaan yang terus terulang dan menyebabkan bibir kering atau mengelupas.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini dengan menghentikan kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan memakai lipbalm. Alternatif alami seperti memakai getah lidah buaya juga bisa menghentikan kebiasaan ini serta menyembuhkan kulit kering pada bibir.

3. Menggigit bibir
Rasa gugup atau cepas biasanya akan menyebabkan seseorang untuk menggigit bibir. Sedang berkonsentrasipun juga dapat menjadi penyebabnya.

Sama seperti kebiasaan sebelumnya menggigit bagian bibir juga dapat menimbulkan efek buruk pada bibir Anda terkait pecah-pecah hingga berdarah. Ketika kita melakukan ini, membuat lapisan luar bibir tergores atau terkelupas.

4.  Minim alkohol berlebih
Terlalu banyak meminum alkohol bisa menimbulkan gangguan kesehatan disebut malnutrisi. Malnutrisi mengganggu proses penyerapan tubuh terhadap vitamin. Bila fitamin tidak dapat diserap dengan sempurna maka akan menjadikan tubuh kekurangan vitamin. Parahnya bila vitamin  B2 atau B6 tidak mencukupi akan membuat bibir pecah-pecah.

Selain bisa menyebabkan kekurangan vitamin ternyata alkohol bisa mengakibatkan dehidrasi juga. Minumlah air apabila sesudah meminum alkohol dan seharusnya air lebih banyak daripada alkohol.

5. Makanan pedas dan asin
Jika kamu pecinta masakan pedas maupun asin sebaiknya hentikan selera tersebut terlebih lagi ketika Anda sering mengalami bibir kering karena garam maupun cabai dapat menimbulkan iritasi bahkan peradangan pada bibir. Bila sudah terkena sebaiknya segera memperbanyak konsumsi buah segar atau sayuran untuk menyeimbangkan pH pada tubuh.

6. Terkena paparan matahari terlalu lama
Terkena sinar matahari terlalu lama bisa menjadi penyebab bibir pecah-pecah. Bahkan menurut ahli kesehatan, cuaca mendung juga bisa menyebabkannya. Namun tidak perlu khawatir, sebab saat ini sudah ada produk lipblam dengan kandungan SPF15 yang bisa dipakai sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Kandungan lipbalm membantu melindungi bibir dari kekeringan.

7. Mengkonsumsi obat tertentu
Ada obat-obatan pemicu bibir pecah-pecah seperti:
  • Vitamin A dalam bentuk suplemen
  • Retinoid 
  • Lithium
  • Obat ketika kemoterapi
  • Obat jerawat seperti isotretinoin/accutane

8. Bernapas melalui mulut
Napas melalui mulut tidak hanya menghasilkan udara masuk ke tubuh kurang bersih, tetapi juga menyebabkan kekeringan pada bagian mulut termasuk bibir karena terkena udara yang melewatinya.

9. Kekurangan gizi
Kekurangan gizi juga dapat ditandai retak-retak di bibir. Retak tersebut akibat asam folat serta riboflavin kurang.

10. Dalam ruangan ber-AC terlalu lama
Udara dingin yang dihasilkan AC dapat menyebabkan pecah-pecah. Untuk mengatasinya selalu pakailah pelembab bibir yang sudah teruji.

11. Pemakaian lipstik asal-asalan
Wanita biasanya sering memakai lip cream. Apabila sesudah memakai terasa kaku maka sudah bisa dipastikan lipcream tersebut mempunyai kandungan zat kurang baik dan menyebabkan kekeringan di bibir.

Cara terbaik mengatasi bibir kering serta pecah-pecah

Hal mudah yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan bibir kering ialah dengan cara mencukupi asupan cairan tubuh juga memakai lipbalm bila untuk wanita. Hindarilah penyebab bibir kering seperti yang sudah dibahas tadi supaya tidak terkena bibir pecah-pecah di kemudian hari.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar