10 Cara Menghilangkan Komedo

Cara menghilangkan komedo harus didasari rasa telaten dan sabar karena biasanya tidak dapat hilang dalam waktu singkat. Komedo adalah salah satu bentuk jerawat yang paling umum. Meskipun orang yang memiliki kulit berminyak lebih rentan terhadap komedo tapi sebetulnya siapa pun bisa terkena komedo. Masalah ini terbentuk ketika pori-pori tersumbat dengan disertai sel-sel kulit mati dan minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

10 Cara Menghilangkan Komedo

Tidak seperti whiteheads yang menciptakan pori-pori tertutup, komedo memiliki permukaan terbuka sehingga menciptakan oksidasi berwarna gelap. Mungkin sebagian besar orang akan tergoda untuk mencubit atau mendorong komedo keluar, tetapi sebenarnya hal ini akan menyebabkan jaringan kulit ikut rusak. Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih baik untuk menghilangkan komedo dengan mengikuti kiat dan trik yang akan diuraikan di bawah ini.

Penyebab Komedo


Sebelum mulai membahas bagaimana menghilangkannya kita mulai membahas apa penyebabnya terlebih dahulu.
  • Propioni bacteriun acnes berkembang pada permukaan kulit tanpa terkendali.
  • Banyaknya sel kulit mati yang tertimbun.
  • Kulit kering.
  • Penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai.

Perlu Anda ketahui bahwa komedo sendiri terdiri dari dua, yaitu komedo hitam dan komedo putih.
  1. Komedo hitam memiliki ciri seperti pembesaran folikel rambut dengan tertutup kotoran. Bila dilihat komedo hitam hampir sama dengan pembesaran pori-pori yang menghitam.
  2. Komedo putih dibandingkan dengan komedo hitam tidak begitu terlihat. Komedo putih terlihat hanya jika  menekan pori-pori pada sekitarnya.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Mudah


Silakan baca terus untuk mempelajari cara menghilangkan komedo dan mencegah terbentuknya komedo di kemudian hari.

Baca juga: 9 Makanan Yang Ampuh Mencegah Kerontokan Rambut

1. Hindari strip pori dan metode ekstraksi tanpa pengetahuan cukup.

Anda sudah tahu bahwa menggaruk dan memecahkan segala jenis bentuk jerawat dianggap terlarang. Namun, mungkin anda juga tertarik untuk menemukan beberapa cara guna menyingkirkan komedo-komedo itu. Dalam beberapa tahun terakhir ini ada peningkatan dalam produk masker, strip pori, dan alat ekstrasi yang menjanjikan pori-pori bersih.

Meskipun strip dan masker pori dapat membersihkan kotoran dari pori-pori Anda, alat tersebut juga dapat menghilangkan unsur-unsur yang sebenarnya penting bagi kulit. Unsur yang dimaksud tersebut termasuk minyak alami dan akar rambut. Menghilangkan hal tersebut dapat menyebabkan kulit kering dan menjadi iritasi. Ketika iritasi terjadi, kelenjar sebaceous membuat pertahanan dirinya sehingga menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit. Dengan banyaknya minyak maka akan menghasilkan banyak komedo.

Metode ekstrasi lainnya termasuk alat logam maupun plastik kelas profesional. Konon alat ini bekerja menghapus komedo yang tersumbat tanpa melukai kulit. Namun permasalahannya di sini adalah kata "profesional" yang mana artinya alat ini dipakai oleh dokter yang sudah melalui pelatihan bertahun-tahun. Ketika digunakan oleh tangan awam, alat yang bagus ini malah justru berbahaya bahkan menjadi sumber terjadinya goresan atau bekas luka pada kulit. Maka dari itu jangan pernah coba-coba memakainya bila tidak memiliki pengetahuan cukup.

2. Jangan buang-buang waktu dan biaya dengan membeli produk mengandung benzoyl peroxide.

Ketika datang ke perawatan jerawat spot over the counter (OTC), Anda mungkin menemukan bahwa banyak produk mengandung benzoyl peroxide. Masalahnya adalah benzoyl peroxide tidak berfungsi untuk semua jenis jerawat.

Benzoil peroxide bekerja dengan mengurangi pembengkakan yang merupakan penanda utama peradangan jerawat termasuk kista dan pustula. Selain itu juga bisa menyingkirkan bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Tetapi, komedo tidak dianggap inflamasi dan bukan disebabkan oleh bakteri sehingga produk yang mengandung venzoyl peroxide tidak akan banyak membantu untuk menghilangkan komedo.

3. Bersihkan dengan asam salisilat.

Alih-alih benzoyl peroxide, carilah produk OTC yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat adalah bahan yang lebih baik karena akan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori seperti minyak berlebih dan sel kulit mati.

Meskipun umumnya orang masih perlu mencuci muka dua kali sehari tapi gunakanlah produk ini sekali sehari saja. Penggunaan yang baik ialah ketika malam hari dan kemudian gunakan pembersih biasa di pagi hari.

Hal yang harus diperhatikan ketika memakai produk mengandung asam salisilat adalah cocok tidaknya terhadap kulit. Dalam beberapa kasus ada orang yang sensitif terhadap asam salisilat sehingga tidak dapat menggunakannya lebih dari sekali dalam beberapa hari. Jika Anda termasuk, alangkah baiknya hentikan saja.

4. Lakukan eksfoliasi dengan AHAs dan BHAs dengan lembut.

Dulu mungkin pernah mendengar bahwa pengelupasan kulit menghasilkan efek negatif pada jerawat. Hal ini mungkin saja benar untuk peradangan jerawat karena proses tersebut dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi lebih lanjut.

Namun untuk komedo, pengelupasan kulit dapat membantu menghilangkan sejumlah besar sel kulit mati yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Proses ini juga dapat dengan perlahan menghilangkan komedo yang ada.

Daripada memakai scrub yang kasar, lebih baik Anda fokus pada alpha dan beta hydroxy acids (AHA dan BHA). Asam glikolat adalah jenis AHA yang paling umum dan asam salisilat adalah BHA.

Keduanya bekerja dengan menghilangkan lapisan atas kulit. Secara teori, hal ini dapat menyamarkan kulit keriput dan bintik-bintik sambil membersihkan pori-pori dan membuat kulit lebih lembut. Anda akan menemukan bahwa BHA lebih banyak dipakai dalam produk kecantikan yang banyak tersedia di pasaran dan dalam beberapa kasus juga lebih terjangkau.

5. Memakai sikat kulit.

Sikat kulit dapat memberikan manfaat yang sama seperti AHA dan BHA dengan membuang sel kulit mati yang berlebih. Kuncinya adalah dalam penggunaan jangan terlalu sering sehingga tidak akan menimbulkan masalah lain seperti iritasi.

Namun hal ini juga kembali ke pada kebutuhan dan anggaran Anda. Ada banyak jenis sikat kulit yang tersedia di pasaran. Anda dapat memilih yang elektrik dengan harga mahal ataupun nonelektrik dengan harga lebih terjangkau.

6. Pakailah masker tanah liat.

Masker tanah liat sering dianggap wajib untuk kulit berminyak. Bahan ini bekerja dengan mengangkat kotoran, minyak, dan elemen lain jauh dari pori-pori. Jadi, masker tanah liat dapat mencegah pori-pori tersumbat.

Beberapa produk masker tanah liat juga ada yang mengandung belerang yang berfungsi memecah sel-sel kulit mati yang membentuk komedo. Masker ini dapat dipakai seminggu sekali sebagai tambahan untuk perawatan wajah.

7. Gunakan masker arang.

Seperti masker tanah liat, masker arang bekerja jauh di dalam kulit untuk mengeluarkan minyak, sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Bahan arang dianggap membawa manfaat dalam dunia kecantikan.

8. Pastikan menggunakan produk noncomedogenic.

Noncomedogenic artinya produk yang dirancang tidak akan menyebabkan komedo atau pori-pori tersumbat. Tidak semua produk kecantikan bersifat noncomedogeni. Jadi, Anda harus membaca keterangan produk dengan seksama.

9. Jangan memakai mekap ketika tidur.

Pada akhir hari yang panjang hal terakhir yang mungkin ingin dilakukan adalah tidur. Namun sebelum tidur sebaiknya membersihkan mekap terlebih dahulu sebab tidur dengan kondisi memakai mekap akan menimbulkan lebih banyak komedo. Jika dibiarkan semalaman, bahkan mekap noncomedogenic juga dapat menyumbat pori-pori bila dalam kondisi tersebut ditambah lagi riasan mata yang dibiarkan ketika tidur juga dapat menyebabkan iritasi atau infeksi mata.

10. Konsultasikan kepada dokter ahli bila kondisi semakin memburuk atau anda memerlukan ekstraksi profesional.

Setiap jerawat baru termasuk komedo dapat berlangsung mulai dari 5 hingga 12 minggu.  Jika Anda terus melihat komedo baru dan sudah ada sebelumnya setelah waktu ini, Anda mungkin perlu membuat janji dengan dokter. Mereka dapat menggunakan alat profesional untuk membantu permasalahan Anda. Mereka mungkin juga merekomendasikan serangkaian perawatan dermabrasi atau retinoid untuk tindakan lebih lanjut guna mencegah komedo datang kembali.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Menghilangkan Komedo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel