Skip to main content

Cara Mengusir Tikus dan Curut di Rumah, Plafon, dan Mobil Yang Membandel

Cara mengusir tikus memerlukan metode yang ampuh agar berhasil. Bahan alami yang ada di rumah sebagian besar sangat tidak disukai oleh hewan ini. Tikus maupun curut bagi sebagian orang dianggap lucu, tetapi mereka menjadi kurang lucu ketika menyerbu rumah dan memakan makanan yang ada. Untungnya ada cara yang dapat digunakan untuk menyingkirkan hewan pengerat ini dan mencegah sebelum mulai datang.

Untuk dapat mengusir tikus dirumah dengan metode paling mudah adalah dengan merendam bola kapas di minyak peppermint dan menempelkan pada tempat tertentu seperti garasi, pintu, dan tempat-tempat yang sering dilewati tikus. Tikus tidak suka dengan bau peppermint, jadi bola kapas tersebut akan menjauhkan tikus. Bila minyak peppermint gagal, beli pengusir tikus organik lalu semprotkan di mana tikus-tikus tersebut sering lewat.

Cara Mengusir Tikus dan Curut Beserta Pencegahan Agar tidak Masuk Rumah

Anda juga dapat mencoba menggunakan perangkap untuk menangkap tikus kemudian melepaskan ke alam liar. Bila ingin tahu lebih banyak mengenai metode atau cara usir tikus yang membandel, Anda dapat membaca pembahasan di bawah ini.

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan, mulai memakai cuka, katung teh, kulit telur, kapur barus, mengkudu, kopi, daun sirsak, bahkan lada hitam.

Cara Mengusir Tikus dan Curut Menggunakan Bahan Yang Mudah Ditemukan

Dari berbagai cara yang sudah saya sebutkan tadi tidak akan dibahas semuanya, tetapi akan dipilih yang paling ampuh dan mudah dilakukan saja, seperti dengan memakai cuka. Metode tersebut menurut saya yang paling ampuh dan mudah dilakukan untuk membuat tikus pergi dari tempat yang Anda kehendaki.

1. Dengan Cuka
Mengusir tikus dengan cuka merupakan salah satu metode yang dapat dibilang efektif. Nah, sepertinya metode ini sangat jarang dipakai oleh orang entah karena tidak tahu atau alasan lainnya. Bila Anda tidak tahu, kami akan memberikan cara penggunaan cuka untuk mengusir tikus yang merajalela.

Langkah awal, lihatlah tiap sudut rumah Anda. Temukan semua hal yang bisa mengundang tikus datang seperti makanan yang terjatuh atau tumpahan cairan yang disukai tikus. Biasanya hal-hal seperti ini banyak ditemui pada ruangan dapur. Bersihkan kotoran tersebut kemudian lap memakai cuka sampai bersih dan jangan lupa bilas bekas cuka tersebut supaya tak menimbulkan bau.

Metode selanjutnya untuk mengusir tikus memakai cuka adalah dengan menyiramkan sedikit cuka pada kapas. Setelah kapas tersebut dilumasi cuka, taruhlah kapas tersebut di jalaur yang Anda curigai sebagai tempat masuknya tikus. Letakkan di semua tempat, jangan sampai terlewatkan. Ketika melakukan penuangan cuka tadi alangkah baiknya memakai sarung tangan plastik maupun karet supaya tidak mengenai tangan.

Lakukan pengontrolan rutin pada kapas yang diberi cuka tadi. Hal ini dimaksudkan bila ada kapas yang sudah kering bisa segera diberi cuka kembali maupun diganti memakai kapas yang masih baru.

Terakhir lakukan pengecekan apakah setelah diberikan kapas yang dilumuri cuka tersebut masih ada tikus berkeliaran atau tidak. Jika masih, maka Anda harus mencari tahu dari mana makhluk menyebalkan tersebut dapat masuk ke rumah Anda lalu dapat memberikan cuka lagi.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami

1. Menggunakan Kopi
Kopi adalah bahan minuman yang tidak asing lagi karena pasti ada di setiap rumah. Lalu kenapa memakai kopi? Begini, alat penciuman tikus sangatlah tajam. Dengan ketajaman indra penciumannya tersebut, hewan ini mampu menemukan makanan yang disembunyikan dalam lemari sekalipun karena dia dapat melacak sisa bau yang ditinggalkan oleh makanan sebelum disimpan.

Sedangkan, kopi mempunyai bau yang cukup tajam serta tidak disukai tikus sehingga bila mencium aroma kopi dia akan menghindar dan tidak coba mendekat. Hal ini dapat kita manfaatkan dengan menebar bubuk kopi pada sekitar tempat di mana kita menyimpan makanan supaya tikus tidak datang ke rumah atau tempat-tempat tersebut.

3. Dengan Buah Mengkudu
Selain terkenal akan khasiat untuk kesehatan tubuh, mengkudu rupanya dapat dijadikan alternatif untuk mengusir tikus yang membandel. lalu bagaimana caranya? Cukup mudah, tapi terlebih dahulu siapkan wadah dan pisau sebelum memulainya.

Setelah alat tadi siap, potong menjadi 3-4 bagian buah mengkudu atau dapat menyesuaikan sesuai ukuran mengkudu itu sendiri. Taruh potongan tersebut pada sudut rumah, dapur, dan juga meja makan. Nah, lihatlah tikus akan kabur ketika mencium bau mengkudu tersebut. Bila sudah terlihat mengering, segera ganti dengan buah yang masih baru.

4. Dengan Kulit Telur
Kebanyakan ibu-ibu akan membuang cangkang telur karena dianggap hanya sebagai sampah yang tidak berguna. Padahal cangkang telur dapat menjadi bahan yang sangat berguna untuk menjauhkan tikus dari rumah, tetapi terlebih dahulu harus dihaluskan.

Siapkan cangkang telur dan alat penumbuk atau bisa memakai blender. keringkan kulittelur di bawah terik matahari atau kamu juga dapat memakai oven. Bila sudah mengering, tumbuk sampai menjadi halus. Nah, tinggal taburkan bubuk kulit telur tadi di mana tikus sering lewat.

Selain ditakuti oleh tikus, cangkang telur juga bisa digunakan untuk mengusir semut maupun kecoa. Namun, bila hewan menyebalkan tersebut tidak ada di rumah Anda, bisa juga dijadikan pupuk organik.

5. Dengan Bawang Putih
Apabila menurut mitos bawang putih dipakai mengusir vampir, tapi pada dunia nyata bawang putih bisa menjauhkan tikus dari rumah. Untuk mencobanya, siapkan juga kain kasa secukupnya. Untuk apa kain kasa tersebut? Kain kasa akan dipakai sebagai bungkus dari bawang putih. Langsung saja kita mulai.
  • Potong bawang kecil-kecil saja.
  • Letakkan potongan tersebut di atas kain kasa lalu bungkus.
  • Taruh bungkusan tadi pada tempat-tempat yang sering dilewati oleh tikus.

6. Memakai Kotoran Ular
Kunjungi pusat penangkaran reptil, kebun binatang, atau toko hewan peliharaan dan mintalah sedikit kotoran ular yang sudah kering. Tempatkan di dekat pintu masuk dan di tempat-tempat tikus biasanya lewat. Kotoran ini cukup bagus untuk menjauhkan tikus dari rumah Anda.

  • Pastikan untuk menjaga kotoran tersebut supaya tidak didekati anak-anak dan dimakan hewan peliharaan Anda.

7. Menggunakan Minyak Peppermint
Minyak peppermint adalah pencegah alami. Aromanya terlalu kuat untuk hewan pengerat dan mereka akan menjauh dari bau tersebut. Aroma tersebut juga membantu menyamarkan bau dari makanan sisa yang tercecer ataupun belum dibersihkan. Hal lain yang didapatkan bila memakai minyak ini ialah memberi bau tetap segar pada ruangan rumah Anda tanpa memakai bahan kimia berbahaya.
  • Buatlah bola kapas.
  • Berikan minyak peppermint dua tetes.
  • Tempatkan di tempat-tempat yang sering dilewati tikus seperti plafon, loteng, belakang lemari, tempat sampah, dan area dapur.
  • Gantilah bola kapas tersebut dalam kurun waktu 5 sampai 7 hari sekali.

8. Dengan Kapur Barus
Bila kebanyakan memakai bedak, kalau saya lebih menyarankan memakai kapur barus karena baunya lebih tahan lama dan tidak mudah habis. Kamu cukup meletakkan kapur barus di sudut rumah, plafon, tau dapur di mana tikus sering berkeliaran. Tetapi jangan meletakkannya di dekat makanan. Selain mampu mengusir tikus, manfaat lain yang didapatkan dari kapur barus adalah pemberi aroma wangi pada ruangan.

9. Mengusir Tikus Tanpa Racun
Ada banyak lagi barang atau benda yang dapat dipakai untuk mengusir tikus selain yang sudah disebutkan tadi. Benda-benda ini bukanlah semacam racun sebab akan berisiko dimakan oleh peliharaan kita.

Untuk membuat pengusir tikus tanpa racun kamu dapat menggunakan amonia. Cukup dengan cara mencampurkan 2 gelas air, 2 cangkir amonia, dan 2 sdt deterjen kemudian letakkan air campuran tadi pada tempat-tempat yang kerap di lewati maupun disinggahi tikus.

Cara Mengusir Tikus Dari Plafon Rumah dan Tempat Sulit Untuk Dijangkau

Lalu bagaimana bila tikus berada di tempat yang susah dijangkau seperti plafon? Rumah yang memakai plafon memang terlihat lebih rapi dan indah. Namun tahukah Anda bila plafon merupakan sarang utama yang dipakai tikus? Plafon rumah umumnya menjadi bagian yang kurang diperhatikan kebersihannya sebab untuk membersihkan plafon membutuhkan tenaga lebih sedangkan tikus menyukai lingkungan yang kurang bersih. Oleh karena itulah plafon disukai tikus sebagai sarang.

Yang harus dilakukan untuk mengusir tikus dari plafon sebetulnya cukup sepele, yaitu memberikan hal-hal yang tidak disukai tikus. Salah satu hal yang dibenci tikus sudah pasti kebalikan dari kesukaannya, yaitu kebersihan. Hal pertama untuk membuat tikus pergi dari plafon dengan membersihkan plafon terlebih dahulu, cukup membuang sampahnya saja dan tidak perlu sampai kinclong.

Tebarkan butiran kapur barus yang mempunyai aroma menyengat serta awet. Kenapa kapur barus? Alasan utama ialah karena tikus tidak menyukai bau wewangian dan kapur barus adalah benda yang wanginya tahan lama. Bila ingin menangkapnya, jangan sebarkan kapur barus di semua plafon tapi sisakan sedikit tempat. Di tempat tersebut Anda dapat meletakkan perangkap maupun racun tikus.

Mengusir Tikus Yang Berada di Dalam Mobil

Pada dasarnya tikus di mobil ataupun di rumah sama saja cara mengusirnya karena tikus sangat membenci akan adanya aroma wangi yang menyengat pada indra penciuman mereka. Jadi, kita cukup meletakkan wewangian seperti kapur barus atau pewangi khusus untuk mobil yang sudah banyak beredar di toko. Selain melakukan hal itu, kita juga harus tetap menjaga kebersihan mobil terutama tempat-tempat sempit yang biasanya menjadi sarang tikus.

Ada banyak wewangian termasuk juga dapat memakai pewangi pakaian yang dibungkus memakai kertas tipis. Karena harga pewangi tersebut lumayan murah, Anda bisa membeli banyak dan sekaligus meletakkan pada 4 sisi dalam mobil sehingga tuikuspun akan enggan untuk mendekat. Supaya semakin efektif, taruhlah di dalam kolong atau bagian elektrikal mesin mobil.

Cara Menghambat Datangnya Tikus

  1. Temukan lokasi dari mana tikus dapat masuk. Terkadang jalan masuk tikus akan ada noda berminyak dan selalu ada kotoran di titik tersebut diikuti bau kurang sedap khas tikus.
  2. Tutup jalur yang biasa dipakai masuk oleh tikus dengan memakai benda yang keras. Untuk solusi sementara dapat memakai wol baja. Tapi wol baja lama-kelamaan akan mengalami karat dan rusak maka harus diganti.
  3. Periksa kembali titik masuk tersebut. Setelah beberapa hari cari tahulah apakah jalur yang Anda tutup tersebut merupakan jalan masuk tikus atau bukan.

Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah

1. Jagalah kebersihan rumah Anda.
Banyak sekali tikus tertarik datang ke rumah untuk mencari makanan. Jika tidak ada makanan, tikus cenderung tidak akan tinggal. Maka simpanlah makanan yang dimiliki dalam wadah kedap udara dan bersihkan sisa makanan yang berceceran.

2. Menggunakan alat ultrasonik.
Ada beberapa merek eletronik yang memproduksi alat pengusir tikus dengan memanfaatkan bip ultrasonik yang sangat dibenci tikus. Biasanya alat-alat ini banyak dijual di toko elektronik maupun online.
  • Alat ini umumnya hanya bekerja secara garis lurus. Jadi, Anda harus tahu pasti tempat yang dijadikan jalur tikus lewat.
  • Alat ini bekerja untuk waktu yang singkat.

3. Gunakan obat organik komersial.
Sekarang sudah banyak racun organik yang dapat digunakan untuk kebun dan pada rumah. Produk ini memakai bahan-bahan alami yang jelas tingkat bahaya bagi manusia lebih rendah dibandingkan bahan kimia.
  • Produk semacam ini bisa ditemukan di toko-toko produk pertanian.

4. Memelihara kucing.
Kucing merupakan pembasmi tikus alami berdasarkan rantai makanan. Tetapi, tidak sembarang kucing mau memburu tikus. Biasanya jenis kucing kampung yang suka berburu.

5. Meletakkan tong sampah jauh dari rumah.
Datangnya tikus ke rumah salah satu pemicunya adalah bau makanan. Bila Anda sering membuang makanan sisa di tong sampah alangkah baiknya tong sampah tersebut diletakkan jauh dari rumah sebab akan membantu pencegahan datangnya tikus.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk

Itu tadi beberapa cara mengusir tikus yang membandel dapat Anda coba lakukan di rumah masing-masing. Semoga membantu dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar