Pengertian, Jenis, Sifat, dan Contoh Organisasi

Pengertian, Jenis, Sifat, dan Contoh Organisasi

Pengertian, Jenis, Sifat, dan Contoh Organisasi

Organisasi adalah perkumpulan yang anggotanya terdiri dari beberapa orang maupun kelompok kerja dan bertujuan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Dalam organisasi dibutuhkan kerjasama antar anggota serta pengurusnya. Kerja sama tersebut harus berjalan secara seirama, serasi, guna keberhasilan tujuan yang di maksud secara efisien, efektif, dan ekonomis.


  • Efisien: dalam berusaha mencapai tujuan dilakukan secara tepat, tanpa membuang waktu, dan biaya.
  • Efektif: kegiatan berorganisasi dapat mendatangkan hasil maksimal atau baik bagi anggotanya.
  • Ekonomis: mampu mengatur keuangan, waktu, atau brang. Bisa juga di artikan sebgai tidak boros.

Secara garis besar organisasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu organisasi oemerintah dan non pemerintah.


Organisasi Pemerintah


Merupakan sebuah lembaga dan departemen pemerintah, seperti Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Dalam Negeri, dan Departemen Luar Negeri.


Organisasi Non Pemerintah


Berisi organisasi ekonomi seperti koperasi dan perusahaan, organisasi sosial seperti panti asuhan dan yaysan pendidikan, seni dan budaya seperti perkumpulan pelukis maupun penari, dan olahraga yaitu persatuan olah raga sepak bola atau bulu tangkis.

Note:
Sekolah merupakan bentuk organisasi. Sekolah menjadi wadah para siswa mengembangkan bakat, kreativitas, dan sosial skil. Dalam perkumpulan ini juga akan mendapatkan pendidikan dan pengalaman yang akan berguna kelak dalam kehidupan.

3 sifat umum organisasi


Selalu memiliki tujun

Tujuannya berbeda-beda tergantung masing-masing perkumpulan tersebut. Sebagai contoh, tujuan sekolah adalah memberikan pendidikan untuk para siswa, sedang tujuan perusahaan untuk mendapatkan keuntugan dalam bidang ekonomi.


Terdiri dari banyak anggota


Contohnya sekolah terdiri dari guru, siswa, staf, dan kepala sekolah yang saling melengkapi.


Berbentuk struktur sistematis

Struktur yang digunakan merupakan sebuah sytem bertujuan mengatur tugas-tugas setiap anggota seprti pembagian kerja, penentuan pemimpin, dan peraturan.

Di negara kita Indonesia, setiap warganya dibebaskan untuk berorganisasi. Kebebasan tersebut di atur dalam UUD 1945 pasal 28 E Ayat 3. Adapun bunyi dari pasal tersebut ialah " Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat. Pasal tersebut menyatakan kebebasan sitiap warga negara untuk membentuk suatu perkumpulan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagai anggota kita berhak mengemukakan pendapat, fikiran untuk memajukan organisasi itu sendiri.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...