--> Skip to main content

Pengertian Organisasi, Tujuan, dan Fungsi

Pengertian organisasi adalah suatu perkumpulan yang terdiri dari beberapa anggota dengan tujuan mencapai tujuan bersama. Jumlah anggota dalam organisasi sangat beragam. Jadi, antara organisasi A dan lainnya tentu berbeda sebab tidak ada aturan yang menetapkan jumlahnya.

Setiap anggota tersebut memiliki unsur-unsur yang menunjang kelangsungan organisasi tersebut. Terbentuknya sebuah perkumpulan memiliki manfaat sangat banyak, salah satunya meringankan beban antar anggotanya, untuk lebih jelasnya silakan baca manfaat organisasi.

Pengertian Organisasi, Tujuan, dan Fungsi

Organisasi memiliki pengertian yang beragam dari para ahli. Dua di antaranya saya berikan di bawah ini.
  • Victor A Thompson berpendapat bahwa organisasi adalah penyatuan dari beberapa spesialis untuk bekrja sama dengan baik dan adil untuk mencapai tujuan khusus yang sudah direncanakan sebelumnya.
  • Richard Scott berpendapat organisasi kelompok yang sengaja dibuat guna mencapai sebuah tujuan spesifik yang berdasar pada asas kelangsungan.

Tujuan Organisasi

Organisasi terbentuk bukan tanpa alasan, tetapi memiliki tujuan. Tujuan tersebut secara umum ialah
  1. Melaksanakan cita-cita atau keinginan bersama anggota organisasi tersebut.
  2. Mendapatkan hasil akhir dari pelaksanaan keinginan di waktu mendatang.

Fungsi Organisasi

Fungsi organisasi umumnya memiliki 3 point peting sebagai berikut
  1. Memberi arahan mengenai pemusatan yang berkaitan dengan kegiatan organisasi seperti halnya apa yang akan dilakukan dan tidak boleh dilakukan.
  2. Meningkatkan kemampuan setiap anggota organisasi untuk mendapatkan hal yang berhubungan dengan sumber daya serta dukungan dari masyarakat sekitar.
  3. memberikan edukasi maupun pengetahuan baru yang sebelumnya tidak dimiliki.

Baca juga: Pengertian, Jenis, Sifat, dan Contoh Organisasi

Nah, itu tadi pengertian organisasi, tujuan organisasi, dan fungsi organisasi yang dapat kamu pelajari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar