Skip to main content

Cara Menyimpan Foto WhatsApp ke Galeri Secara Otomatis dan Manual

Cara menyimpan foto WhatsApp ke galeri dapat dilakukan dengan dua pilihan cara, yaitu secara otomatis dan manual.

Selain dapat dipakai untuk telepon, video call, dan berkirim pesan teks, WhatsApp juga bisa digunakan sebagai media untuk mengirim file gambar atau foto.

Kita dapat langsung membagikan foto kepada kontak kita dengan cara mengambil langsung dari kamera ataupun dari galeri ponsel.

Tetapi, apabila file foto yang kita kirim terlalu banyak maka penerima akan kerepotan jika harus menyimpan dengan cara manual. Oleh karena itu sebaiknya menggunakan cara otomatis saja.

Namun juga harus diketahui bawah menyimpan foto dari WhatsApp ke galeri secara otomatis sebaiknya hanya dilakukan apabila koneksi internet mendukung.

Saya akan membagikan cara otomatis maupun manual supaya Anda dapat memilih sendiri cara mana yang memungkinkan untuk digunakan sehingga sekarang tidak perlu bingung lagi kenapa foto yang dikirim dari WhatsApp tidak ada si galeri.

cara menyimpan foto whatsapp ke galeri

Cara Agar Foto WhatsApp Tersimpan Otomatis di Galeri

Pada umumnya ketika ada foto yang masuk dari WhatsApp maka akan tersimpan secara otomatis di dalam folder WhatsApp/Media/WhatsApp Images.

Tapi foto tersebut tidak akan muncul otomatis di galeri ponsel karena pengaturan WhatsApp tidak mengizinkan foto ditampilkan pada galeri. Kalau Anda ingin supaya foto tersebut dapat dilihat pada galeri ikuti panduan berikut.

1. Silakan buka aplikasi WhatsApp pada ponsel, kemudian tekan menu pengaturan dengan ikon titik tiga di sebelah kanan atas.

setelan whatsapp

2. Apabila sudah dibuka, pilih Setelan. Dalam menu tersebut cari tulisan Chat, lalu buka.

pengaturan chat whatsapp

3. Sekarang gulir ke bawah sampai menemukan opsi Visibilitas Media. Nyalakan opsi tersebut dengan cara menekan tombol di sebelah kirinya supaya berubah menjadi hijau.

menampilkan foto wa di galeri

4. Tutup dulu setelan tersebut, kita akan melakukan pengaturan selanjutnya supaya foto otomatis terunduh.

5. Buka kembali menu yang ditandai dengan titik berjumlah tiga pada atas kanan layar, kemudian pilih Setelan.

pengaturan wa

6. Buka pilihan Data dan Penyimpanan lalu buka lagi Saat Menggunakan Data Seluler.


saat menggunakan data seluler

7. Beri centang pada tulisan foto, selanjutnya tekan OKE. Apabila Anda juga ingin jenis file lain dapat terunduh otomatis, maka centang saja pilihan file tersebut.


8. Tekan tombol kembali, lalu tekan tulisan Saat Tersambung Ke Wi-Fi. Silakan beri centang seperti pada tahap nomor tujuh tadi .

Setelah mengubah pengaturan WhatsApp seperti di atas, seharusnya setiap ada teman yang mengirimkan foto kepada kita akan ter-download dan tampil di galeri secara otomatis.

Cara Menyimpan Foto WA ke Galeri Secara Manual

Apabila Anda kurang suka dengan cara otomatis tersebut karena tidak bisa memilih sebagian saja yang disimpan, silakan gunakan cara manual dengan begitu dapat memilih sebagian foto saja.

Selain itu, cara manual ini biasanya sering saya pakai apabila koneksi internet sangat lambat. Berikut ini petunjuk yang dapat Anda ikuti.


  1. Buka terlebih dahulu aplikasi WA yang ada di smartphone Anda.
  2. Buka menu pengaturan dengan ikon titik tiga yang berada pada bagian layar kanan atas, kemudian pilih Setelan.
  3. Buka Data dan Penyimpanan.
  4. Pilih lagi Saat Menggunakan Data Seluler.
  5. Silakan hilangkan centang pada media yang tidak ingin di-download secara otomatis. Jika sudah, tekan OKE.
  6. Tekan tombol kembali. Pilih menu Saat Tersambung ke Wi-Fi.
  7. Lakukan pengaturan yang sama seperti pada nomor 5.


Untuk men-downloadnya Anda dapat mengikuti tahap di bawah ini.

1. Silakan buka chat di WhatsApp yang ada file fotonya.
2. Tekan pada foto yang akan di-download dan tunggu sampai proses download selesai.

mendownload foto whatsapp

3. Nah, apabila sudah selesai Anda dapat memindahkan foto tersebut dari folder WhatsApp/Media/WhatsApp Images ke folder manapun supaya dapat muncul di galeri atau bisa juga membuatnya tapil otomatis dengan cara masuk ke menu Setelan > Chat > aktifkan Visibilitas Media.

cara menyimpan foto wa ke galeri

Jika kita melihat kedua tips agar gambar WhatsApp tersimpan otomatis di galeri tersebut sebenarnya pengaturannya hampir sama saja, hanya perbedaannya saat memberikan tanda centang pada file. Apabila ada yang kurang jelas, silakan ditanyakan melalui kolom komentar.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar