--> Skip to main content

Cara Download dan Instal Google Meet di Laptop Terbaru 2024

 

Cara Download dan Instal Google Meet di Laptop Terbaru 2024
Cara Download dan Instal Google Meet di Laptop Terbaru 2024

iFabrix.com - Pada kesempatan kali ini, artikel berikut akan membahas mengenai cara download dan instal Google Meet di laptop termudah dan dapat kamu coba ikuti secara efektif dan praktis.


Sebagian dari kita mungkin sudah familiar atau bahkan kerap menggunakannya sebagai media untuk melakukan online conference.


Meski begitu, bagi yang belum familiar atau masih asing dengan aplikasi online conference satu ini, tak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas seputar cara download dan instal Google Meet di laptop.


Sekadar informasi, Google Meet merupakan aplikasi atau web yang dikembangkan oleh Google dan tersedia secara resmi untuk kita gunakan sebagai sarana untuk melakukan pertemuan online. Aplikasi ini mirip dengan Zoom, tetapi ini adalah resmi dari Google.


Cara Download dan Instal Google Meet di Laptop


1. Pertama-tama, buka terlebih dahulu aplikasi Google Chrome melalui taskbar, pencarian Windows, atau desktop icon, yang nantinya akan kita gunakan untuk mendownload Google Meet. Tunggu hingga browser Google Chrome terbuka.


2. Setelah browser sudah siap, ketikkan kata kunci "google meet" (tanpa tanda petik) untuk melakukan pencarian di Google dengan cara tersebut.


3. Pada halaman hasil pencarian Google, pilih hasil paling atas yang akan mengarah ke website resmi dari Google Meet.


4. Ketika website berhasil dimuat menyeluruh, kamu bisa melihat tampilan awal dari situs resmi Google Meet. Dari sini, pengguna dapat membuat rapat baru dengan menekan tombol Rapat baru berwarna biru.


5. Kamu juga bisa membuat pintasan baru untuk Google Meet agar memudahkan dalam mengaksesnya dengan lebih cepat. Caranya adalah dengan menekan ikon titik tiga di sisi kanan atas layar, klik Fitur lainnya, dan klik Buat pintasan. Berikan nama untuk ikon yang baru saja dibuat dan klik tombol Buat.


6. Ikon pintasan cepat berhasil dibuat dan kamu bisa membuka halaman awal Google Meet dari desktop tanpa perlu membuka browser terlebih dahulu. Sampai sini, Google Chrome bisa kamu tutup.


Cara Menggunakan Google Meet di Laptop


Berikut ini adalah cara menggunakan Google Meet di laptop yang bisa kamu coba ikuti dan praktikkan:


1. Untuk masuk ke website Google Meet, klik dua kali ikon Google Meet dan kamu akan dibawa ke halaman awal seperti tadi.


2. Untuk membuat rapat baru, klik tombol Rapat baru atau jika ingin masuk ke rapat yang sudah ada bisa memasukkan kode atau link yang dibagikan oleh pihak yang membuka rapat untuk dapat bergabung.


3. Ada tiga pilihan dalam membuat rapat baru, yaitu Buat rapat untuk nanti, Mulai rapat instan, atau Jadwalkan di Google Kalender. Pilih salah satu sesuai kebutuhan. Apabila ingin langsung memulai rapat, dapat memilih opsi Mulai rapat instan.


4. Halaman browser akan memuat rapat yang baru saja kita mulai di Google Meet.


5. Setelah itu, akan muncul notifikasi yang menunjukkan apakah pengguna akan mengizinkan mikrofon dan kamera saat rapat atau bisa melanjutkan tanpa mengaktifkan mikrofon dan kamera. Jika kamu menekan tombol Izinkan mikrofon dan kamera, ketuk notifikasi yang muncul di kiri atas layar dan klik tombol Izinkan.


Dengan ini, mikrofon dan kamera dari sisi pengguna akan aktif dan pengguna lain dapat melihat wajah dan suaramu.


6. Kamu bisa menambahkan pengguna lain untuk mengikuti atau bergabung dengan rapat yang baru saja dibuat dengan membagikan link yang tersedia di browser.


Itu dia cara download dan instal Google Meet di laptop terbaru 2024 yang dapat pengguna ikuti dan coba untuk dapat membuat rapat baru serta membagikannya ke pengguna lain untuk beragam keperluan.


Semoga artikel seputar Google Meet ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca dan selamat mencoba.

Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar