--> Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan PC All in One yang Perlu Diketahui sebelum Membelinya

 

Kelebihan dan Kekurangan PC All in One yang Perlu Diketahui sebelum Membelinya
Kelebihan dan Kekurangan PC All in One yang Perlu Diketahui sebelum Membelinya

iFabrix.com - Artikel berikut ini akan mengulas kelebihan dan kekurangan PC All in One. Jika ingin membeli PC jenis ini, tentu perlu mengetahui kedua hal tersebut.


Di pasaran, dapat ditemui dua jenis PC yang sering digunakan, yaitu PC rakitan dan PC All in One (AIO). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu kita ketahui sebagai pemilik atau calon pembeli.


Dengan begitu, kita jadi tahu apa saja komponen yang menjadi kelebihan dan kekurangan yang akan kita terima setelah membeli PC All in One sesuai yang diinginkan.


PC All in One merupakan salah satu PC yang banyak diminati oleh pengguna komputer daripada komputer rakitan seperti pada umumnya. Apa alasannya? karena PC jenis satu ini terbilang lebih praktis karena tampak seperti tidak memakai komponen CPU saat menggunakannya.


Maksud dari "seperti tidak memakai komponen CPU" adalah komponen CPU tersebut sudah menyatu bersama monitor. Hal ini yang menjadi nilai tambah dari PC All in One dibandingkan PC rakitan konvensional.


Dengan CPU yang menyatu dengan monitor membuat PC ini terlihat lebih simpel dan praktis layaknya laptop dengan performa setara komputer rakitan.


Kelebihan dan Kekurangan PC All in One yang Perlu Diketahui sebelum Membelinya


Kita perlu mengetahui lebih dalam seputar PC All in One sebelum mengetahui lebih lanjut seputar kelebihan dan kekurangan jenis PC ini.


Kelebihan PC All in One


1. Hemat Ruang, Desain Kompak, dan Praktis


Salah satu keunggulan dari PC All in One yang tidak dimiliki oleh PC rakitan adalah komputer ini hemat ruang. Selain itu, PC ini juga memiliki desain yang kompak dan praktis sehingga menimbulkan kesan rapi.


2. Lebih Menarik, Modern, dan Mewah


PC All in One bisa dibilang lebih menarik secara estetika dengan tampilan modern serta memiliki kesan mewah ketika melihat dan menggunakannya.


Dengan begitu, kita sebagai pemilik tidak perlu memberikan modifikasi secara berlebihan untuk mempercantik tampilan PC.


3. Portable


Keunggulan lain yang dimiliki oleh PC AIO adalah sifatnya yang portable. Hal ini membuat PC AIO dapat dengan mudah dipindahkan ke mana-mana sebab memiliki bentuk yang ringkas dan ringan.


4. Monitor Lebih Besar dari Laptop dan Sama-sama Fleksibel


PC AIO memiliki ukuran monitor yang lebih besar dibandingkan laptop. Selain itu, jenis PC tersebut juga fleksibel seperti laptop.


5. Setting Dual Monitor Lebih Rapi


Jenis PC ini bisa dibilang cocok untuk setting dual monitor karena memiliki port HDMI dan dapat dilakukan dengan lebih rapi.


Kekurangan PC All in One


Selain kelebihan, PC All in One juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan, yaitu:


1. Sulit Upgrade dan Ganti Komponen


Proses upgrade dan mengganti komponen pada PC AIO tidak bisa dilakukan dengan mudah dan perlu pemahaman lebih baik seputar komputer untuk menghindari kerusakan.


Komponen seperti processor dan kartu VGA tidak bisa secara bebas diganti seperti RAM dan hard drive karena sudah menyatu dengan monitor.


2. Harga Cenderung Lebih Mahal


Harga PC AIO cenderung lebih mahal dibandingkan PC rakitan karena desainnya yang fleksibel, ringkas, dan tampak modern dengan beragam fitur canggih.


3. Cepat Panas


Sebagian tipe PC AIO memiliki casing yang diperkecil sehingga menyebabkan PC ini cenderung cepat panas. Meski begitu, PC ini lebih hemat energi sehingga penggunaan perangkat yang menghabiskan banyak daya dapat mengurangi panas berlebih ini.


Cukup sekian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan PC All in One dibandingkan dengan PC rakitan maupun laptop yang bisa memberikan gambaran dan pertimbangan sebelum membeli PC jenis ini.


Semoga artikel seputar PC ini bermanfaat bagi pembaca dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar