Skip to main content

Download Tertunda di Play Store? Ini Cara Untuk Mengatasinya

Cara mengatasi download tertunda di Play Store. Sebagai pengguna Android pasti kita sudah tahu bahwa Google Play merupakan toko digital yang menyediakan berbagai macam produk, seperti buku, aplikasi, dan game. Layanan untuk mengunduh aplikasi Android ini selain populer juga menjamin keamanan para penggunanya.

Setiap aplikasi yang di-download pengguna telah diverifikasi oleh Play Protect sehingga akan terhindar dari virus maupun malware. Toko aplikasi ini memberikan berbagai macam kemudahan untuk pengguna HP Android, salah satunya untuk menemukan aplikasi yang mereka inginkan.

Di dalam toko aplikasi ini kita bisa mendapatkan berbagai macam aplikasi gratis. Sedangkan, jika ingin unduh APK premium, bisa membeli memakai pulsa, voucher, dan kartu kredit. Di balik kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan terkadang kita masih menemukan sedikit masalah, yaitu macet saat sedang men-download. Lantas kenapa Play Store download tertunda?

Penyebab download tertunda di play store ada bermacam-macam, seperti koneksi internet yang tidak stabil, memori penuh, pembatasan kapasitas download, dan karena kerusakan pada sistem. Apabila penyebabnya seperti saya sebutkan di atas, Anda dapat mengatasi menggunakan beberapa cara berikut ini.

cara mengatasi download tertunda di play store

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Untuk mengatasi masalah ini Anda harus mencoba tips di bawah satu per satu sampai berhasil karena kita tidak dapat memastikan secara pasti ponsel Android Anda mengalami masalah yang mana hingga mengalami kesusahan ketika ingin download.

1. Periksa Pengaturan Unduhan

pengaturan download

Sebelum memulai solusi pertama ini alangkah baiknya memeriksa koneksi internet terlebih dahulu apakah sedang mengalami gangguan atau tidak. Bila internet lancar periksa pilihan koneksi apa yang dipilih. Aplikasi dengan ukuran besar biasanya akan menyarankan pengguna untuk melakukan unduhan menggunakan jaringan Wi-Fi.

Terkadang ketika kita sedang memakai data seluler tanpa sengaja mencentang pilihan tersebut sehingga status download akan tertunda atau menunggu Wifi. Bila kamu sudah terlanjur memilih pilihan "Download Melalui Wi-Fi Saja" silakan batalkan terlebih dahulu proses download tersebut, kemudian buka menu Setelan pada Play Store > Pilih Preferensi Download Aplikasi > Pilih Melalui Jaringan Apapun > Selesai.

2. Menghapus Data dan Chace

menghapus data play store

Semakin lama perangkat Android digunakan akan menyimpan banyak data dan chace. Data yang disimpan oleh aplikasi memiliki fungsi untuk mempermudah sistem menjalankan proses. Contohnya, ketika sebelumnya pernah mencari aplikasi dari Google Play kita akan diberikan rekomendasi aplikasi tersebut saat ingin menemukannya kembali.

Namun, file data yang terlalu banyak menumpuk pada penyimpanan bisa jadi penyebab permasalahan tertunda saat ingin men-download suatu aplikasi. Untuk mengatasinya sangatlah mudah, kita hanya perlu menghapus data dan chace terlebih dahulu. Caranya masuk ke Pengaturan Aplikasi > Pilih Google Play Store > Penyimpanan > Hapus Data. Mungkin letak pengaturan di setiap ponsel akan berbeda jadi silakan sesuaikan dengan merek ponsel Anda.

3. Update Google Play Store

Aplikasi yang sudah kadaluarsa atau masih pada versi lama juga dapat memengaruhi. Silakan cek versi aplikasi melalui menu setelan di Google Play. Apabila versinya masih di bawah 16.7.21 berarti harus melakukan update terlebih dahulu. Anda tinggal mengetik pada browser dengan kata kunci "APK Play Store" silakan pilih versi terbaru lalu download dan instal pada pada HP.

4. Restart HP Android Anda

Langkah terakhir yang harus dilakukan setelah menyelesaikan tiga tahap tadi adalah me-restart ponsel Anda. Untuk melakukannya cukup mudah, tinggal matikan HP kemudian hidupkan kembali. Setelah itu silakan coba masuk ke Play Store dan silakan mencoba untuk unduh aplikasi.

Nah, mudah bukan cara mengatasi Play Store tidak bisa download loading terus? Setelah mencoba beberapa langkah di atas seharusnya masalah ini sudah teratasi. Sekian dulu pembahasan dalam artikel ini . Semoga dapat membantu.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar