Skip to main content

6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas 6 contoh cara tumbuhan melindungi diri. Sebagai makhluk hidup, tumbuhan juga memiliki musuh alami yang akan mengganggu kehidupannya. Oleh karena itu, tumbuhan mempunyai alat untuk melindungi dirinya terhadap berbagai macam gangguan yang datang dari lingkungan.

Gangguan tersebut bisa saja datang dari sesama makhluk hidup atau akibat dari perubahan alam. Misalnya saja daun tumbuhan teratai yang habis karena kekeringan atau dirusak oleh hewan pemakan daun. Jadi, alat pertahanan diri bagi tumbuhan merupakan suatu hal yang sangat penting dan wajib dimiliki guna mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Untuk melindungi dirinya, tumbuhan tentu mempunyai cara yang berbeda jika dibandingkan dengan hewan atau manusia. Hal itu dikarenakan tanaman tidak mampu untuk melakukan perpindahan tempat layaknya kita. Lantas bagaimana sih cara yang dilakukan tumbuhan untuk melakukan perlindungan pada dirinya? Kalau kamu penasaran dan ingin tahu, iFabrix telah membuat pembahasan mengenai hal ini. Langsung saja lanjut membaca.

cara tumbuhan melindungi diri

Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dari Berbagai Macam Ancaman

Pada umumnya tumbuhan akan melindungi dirinya memakai bagian-bagian yang ada pada tubuhnya. Sebagai makhluk hidup tumbuhan dilengkapi dengan alat untuk mempertahankan dirinya yang akan merespon dan menghalangi setiap gangguan yang datang. Berikut beberapa contoh upaya tumbuhan untuk melindungi diri.

1. Menggunakan Duri Untuk Melindungi Diri
Ada beberapa tumbuhan menggunakan duri pada tubuh bagian luar untuk melakukan perlindungan diri. Duri pada tumbuhan sangat efektif dipakai untuk menghalau dari serangan hewan yang datang. Hewan yang akan datang akan menghentikan niatnya untuk memakan atau merusak bagian tumbuhan karena takut terkena duri. Contoh tumbuhan yang memiliki duri pada batang untuk melindungi diri adalah kaktus, salak, bunga mawar, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Bulu atau Rambut
Selain memakai duri ada juga tumbuhan yang menggunakan bulu ataupun rambut sebagai alat mempertahankan diri. Contohnya tanaman yang menggunakan bulu adalah bambu. Kamu dapat mencoba menyentuh bagian batang bambu untuk mengecek apakah bulu tersebut memang untuk melindungi dirinya. Rambut pada bambu tersebut akan menyebabkan rasa gatal ketika bersentuhan dengan kulit.

3. Memakai Getah Sebagai Alat Perlindungan Diri
Getah yang ada pada tanaman bukan hanya sebagai pelengkap dari tubuhnya tapi juga dipakai untuk melindungi diri. Contohnya tumbuhan yang memakai getah seperti, jambu mete, pepaya, nangka, pohon karet, dan lainnya. Tumbuhan tersebut mampu mengeluarkan getah sangat lengket sehingga mampu menjebak musuh supaya tidak bergerak. Getah tersebut akan keluar ketika bagian paling luar tanaman tergores.

4. Melindungi Diri Menggunakan Racun
Tidak hanya hewan yang mampu mengeluarkan racun tapi tumbuhan juga bisa. Racun ini sangat berbahaya bagi hewan pemangsanya. Racun pada tubuh tumbuhan sangat efektif untuk mengusir hewan seperti serangga. Contoh tumbuhan yang memakai racun untuk mempertahankan diri ialah pohon jarak dan kecubung. Racun tersebut biasanya akan dikeluarkan dari daun, batang, atau buah.

5. Melindungi Dengan Bau atau Aroma
Cara lain yang dipakai tumbuhan untuk melindungi dirinya adalah menggunakan aroma menyengat. Jadi, ada jenis tumbuhan tertentu yang bisa mengeluarkan bau untuk mempertahankan diri dari serangan makhluk lain. Contoh tumbuhan yang menggunakan bau untuk perlindungan diri adalah bunga bangkai. Bunga tersebut akan mengeluarkan bau tidak sedap sehingga musuhnya tidak mau untuk mendekat.

6. Menggunakan Cangkang Sebagai Alat Perlindungan Diri
Biasanya cangkang akan kita temui pada hewan, tetapi ada juga tanaman yang mempunyai cangkang. Tumbuhan pemilik cangkang misalnya saja kelapa sawit, salak, dan biji pohon mahoni. Cangkang tersebut dipakai sebagai alat untuk melindungi bagian dalam dari kerusakan akibat kondisi alam atau serangan hewan sehingga buah atau bagian dalam cangkang tidak mengalami kerusakan.

Menarik sekali bukan cara tumbuhan melindungi diri dari berbagai macam kondisi buruk lingkungannya? Materi ini saya ambil dari buku IPA tema 2 kelas 6. Bagi kamu pelajar yang saat ini sedang menempuh jenjang pendidikan akan sangat berguna bila mempelajarinya. Sekian dulu dan terima kasih telah membaca materi ini.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar