Cara Memblokir dan Membuka Blokir di Facebook Dengan Mudah

Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial dengan banyak pengguna yang terus bertambah setiap hari. Sosial media ini memberikan layanan gratis kepada para pengguna untuk dapat bersosial media secara leluasa, seperti membuat profil pribadi atau fans page, upload video atau foto, dan membagikan informasi dalam bentuk tulisan. Di Facebook, Anda dapat menambahkan pertemanan kepada orang yang dikenal dan tentunya untuk melakukan hal tersebut sangat mudah sekali.

Namun, jika Anda ingin menambah pertemanan di Facebook terlebih dahulu lihatlah apakah mereka memakai identitas asli karena dibalik kemudahan dalam membuat akun Facebook banyak disalahgunakan oleh sebagian orang dengan memberikan informasi palsu pada profil mereka. Akun palsu tersebut biasanya akan melakukan hal-hal negatif, misalnya membagikan foto atau video tak senonoh, menyebar link phising, dan yang akhir-akhir ini banyak meresahkan adalah menyebar berita hoax.

Bila Anda berteman dengan akun palsu tersebut bisa saja di kemudian hari akan mendapat masalah atau rasa kurang nyaman. Akun tersebut bisa juga akan menyerang Anda secara personal dengan melakukan spam atau mencuri identitas Anda. Kalau hal ini terjadi pasti merasa tidak nyaman bukan? Kabar baiknya Facebook telah menyediakan fitur untuk memblokir dan melaporkan akun yang berbuat negatif.

Baca juga: Cara Mengganti Nama di Facebook

Setelah Anda memblokir seseorang, maka tidak dapat lagi melihat profil mereka beserta kiriman pada beranda Anda walaupun mencarinya melalui kolom pencarian dan mereka tidak dapat menambahkan Anda sebagai teman atau mengirim pesan melalui Facebook Messanger. Tapi bila Anda berubah pikiran, bisa membuka blokir di Facebook melalui pengaturan. Untuk lebih jelas mari kita bahas secara rinci di bawah ini.

Cara Memblokir Teman di Facebook

  • Untuk melakukan blokir Facebook, pertama buka situs web Facebook terlebih dahulu. Setelah itu cari profil teman yang akan diblokir. Tekan tombol titik tiga pada bawah kanan foto sampul lalu tekan Blokir.
  • Sesudah itu akan muncul kotak dialog konfirmasi pemblokiran. Baca semua perjanjian tersebut dan bila setuju tekan Konfirmasi.
  • Setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa pengguna Facebook tersebut telah berhasil terblokir. Langkah terakhir silakan tekan Oke.
cara memblokir teman di facebook
profil teman facebook

Cara Membuka Blokir di Facebook

Kalau Anda berfikir untuk membatalkan atau menghilangkan blokiran Facebook kepada teman langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Silakan buka web Facebook memakai browser yang Anda miliki.
  • Tekan tombol segitiga terbalik yang terletak pada sisi kanan atas layar kemudian pilih pengaturan.

cara membuka blokir di facebook

  • Bila sudah masuk ke halaman pengaturan umum akun pilih menu Pemblokiran di sebelah kiri halaman.



  • Di Halaman kelola pemblokiran, cari nama teman yang akan dibuka blokirnya dan tekan tombol Batalkan Blokir pada sebelah kanan nama akun tersebut.



  • Apabila muncul kotak dialog Batalkan Blokir tekan saja tombol konfirmasi.

Nah, itu tadi cara buka blokir FB dan juga untuk memblokirnya. Semoga setelah mengetahui cara ini Anda tidak akan lagi merasa khawatir apabila ada orang usil mengirimkan gambar tidak senonoh atau spam ke pada Anda. Terima kasih telah berkunjung.