Skip to main content

65+ Ide Sekat Ruangan Minimalis Modern Yang Patut Dipertimbangkan

Setiap kamar di tempat tinggal tidak harus selalu terpisah menggunakan tembok. Untuk terlihat lebih luas atau lebih rapi, masing-masing ruang dapat dipisah dengan sekat ruangan. Namun, pemilihan pemisah ruangan sembarangan dan tidak sesuai justru akan memengaruhi keindahan ruangan itu sendiri.

Sebaliknya, dengan memilih pemisah ruang yang benar tidak hanya lebih fungsional, tetapi memiliki tambahan nilai dalam hal visual. Tidak heran lagi banyakan di antara kita tidak setengah hati ketika menentukan sekat ruangan menggunakan bahan mahal misalkan kaca, aluminium, atau apa pun.

Anda tidak perlu khawatir sebab pembatas ruangan yang estetis dan cantik Anda juga bisa hadirkan dengan biaya yang tidak begitu besar. Dengan memakai kreativitas kita, berikut adalah pilihan desain sekat ruangan yang dapat Anda pilih!

Sekat Ruangan Minimalis Modern

1. Sekat Ruangan Minimalis Berbahan Bambu

sekat ruangan bambu
Sumber: Decoist

Untuk menghadirkan kembali kesan alami, bambu dapat dijadikan pilihan alternatif sebagai bahan sekat ruangan bergaya minimalis selain memakai kaca. Anda dapat mengatur batang bambu dengan sejajar atau acak dengan sudut dan kemiringan sesuai gaya ruangan maupun rumah minimalis Anda.

Gabungkan pemisah ruangan ini dalam ruangan dengan gaya interior oriental guna menghadirkan keselarasan visual yang indah. Interior yang menganut natural-style juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghadirkan sekat ruangan pada gambar.

2. Sekat Ruangan Minimalis Alami Memakai Ranting Pohon
Sekat Ruangan Minimalis Alami Memakai Ranting Pohon
Sumber: Home Decor Malaysia

Siapa yang mengira bahwa sisa-sisa ranting pohon yang sering dikira tidak berguna dapat dirubah menjadi sekat ruangan secara kreatif dengan hasil yang menarik. Anda dapat mengatur dahan secara rapat di tempat menaruhnya (bisa berupa pot seperti gambar di atas) untuk ruangan privasi.

Baca juga: Model Sofa Minimalis Modern

Untuk kesan yang terlihat lebih terbuka, Anda dapat menggunakan cabang pohon dengan ukuran lebih besar dan mengaturnya dengan memberikan jarak lebih lebar antar cabang pohon sebagai sekat. Pembatas ruangan dari cabang-cabang pohon seperti itu bisa menjadi alternatif untuk ruangan yang menggunakan gaya alami. Tempatkan lampu dari bawah ranting, untuk menghasilkan efek lebih dinamis.

3. Potongan Paralon Dijadikan Sekat Ruangan
Sumber: Pinterest

Anda bisa mendapatkan sekat ruangan dengan anggaran rendah, yaitu membuatnya memakai pipa paralon bekas yang terpotong. Untuk ruang yang sempit, Anda bisa menggunakan pipa paralon berukuran kecil. Anda dapat menggunakan pipa paralon berdiameter besar untuk ruang yang lebih terbuka. Misalnya di kamar mandi, terutama desain kamar mandi minimalis.

Menggabungkan banyak ukuran pipa paralon juga dapat menjadi salah satu trik untuk menghadirkan pembatas ruangan bergaya modern dan minimalis. Tidak hanya akan mengubah ruangan terlihat lebih estetis, penyekat ruangan berbahan paralon juga pembuatannya cukup mudah hanya bermodalkan sisa pipa paralon dan lem lalu diberi bingkai.

4. Penyekat Ruangan Dengan Tambahan Box Kayu
Sumber Contemporist 

Bila Anda mempunyai sekat ruangan yang membosankan dan terlihat sangat ramping maka ada cara mudah untuk mengubah tampilan tersebut. Meletakkan kotak kayu yang fungsional bisa merubah penyekat ruangan Anda lebih fresh. Selain itu box kayu tersebut dapat digunakan untuk meletakkan barang-barang.

5. Penyekat Ruangan Dari Papan Bekas
sekat ruangan murah
Sumber: Pinterest 
Membuat sekat ruangan namun ingin hanya mempunyai biaya rendah juga dapat diciptakan dari papan kayu bekas packing barang yang sudah tidak terpakai lagi. Atur papan secara zigzag dengan memasang penghubung berupa engsel pintu. Setelah papan kayu jadi sebuah penyekat, Anda bisa menempatkannya di mana Anda membutuhkan dan sekat seperti ini bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan.

Baca juga: Denah Rumah Minimalis

Beri gantungan supaya Anda dapat menggantung hiasan dinding atau bahkan koleksi foto mantan Anda pada sekat ruangan berbahan papan kayu bekas ini sehingga ruangan Anda menjadi terlihat lebih menarik.

6. Sekat Ruangan Fleksibel Dari Tirai Kain
Sumber: Vasanas

Untuk membuat pemisah ruang yang paling sederhana ialah memakai tirai kain atau gorden yang biasa dipakai pada jendela. Untuk memasangnya kita hanya memerlukan penahan tirai (rel) dan kain gorden yang disesuaikan dengan tema ruangan, misalkan ruangan berwarna putih maka pakailah gorden putih dsb.

7. Memakai Kaca Bekas Jendela
Sumber: Pinterest 

Memakai barang tak berguna menjadi sekat ruangan sangatlah menguntungkan. Dengan memakai sedikit kreativitas kita dapat mengubah barang tak berguna menjadi lebih bermanfaat. Salah satu contohnya yaitu memakai kaca bekas rumah minimalis untuk sekat ruangan transparan. Pembatas ruang transparan memiliki keuntungan tersendiri yaitu ruangan tetap terlihat lebih terbuka.

Anda juga dapat meninggalkan warna dan tekstur asli bingkai jendela tanpa mengubah warnanya. Namun jika warna aslinya tidak benar-benar serasi dengan dekorasi ruangan Anda, maka ubahlah sesuai dengan selera Anda.

8. Sekat Ruangan Minimalis Dari Kayu
Sumber: Pinterest

Terkadang tidak perlu memakai begitu banyak bahan yang mahal dan rumit untuk menciptakan penghalang ruang yang rapi, indah, dan menarik. Misalkan memakai potongan papan kayu lalu merangkainya sebagus mungkin.

Meski terlihat lebih terbuka dan simpel, sekat ruang minimalis seperti ini lumayan bagus untuk perumahan sederhana yang masih memakai banyak material kayu. Agar tidak terlalu polos Anda bisa menambahkan hiasan seperti bunga sintetis atau lainnya.

9 - . Untuk contoh partisi ruangan minimalis lainnya bisa lihat di bawah ini.

sekat ruangan tamu


sekat ruangan tamu



sekat ruangan kantor







sekat ruangan kayu

















































Itu tadi beberapa desain sekat ruangan yang menurut Seputar Rumah sangat bagus dan bergaya modern. Tentunya, model di atas tidak memerlukan biaya terlalu mahal. Bagaimana Anda pasti tertarik bukan?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar