20 Dekorasi Rumah Sederhana Tanpa Biaya Mahal

iFabrix - Mendekorasi setelah membuat rumah biasanya membutuhkan begitu banyak uang yang membuat kita berpikir berkali-kali untuk melakukannya. Namun sebetulnya itu tidak jadi masalah apabila anda pintar dalam memilih dekorasi yang hemat biaya namun tetap memenuhi fungsinya. Dengan sedikit kreatifitas Anda tetap bisa mempunyai hunian indah, tetapi tanpa biaya mahal. 

Di artikel ini kita akan sedikit membahas tips yang dapat digunakan untuk dekorasi rumah sederhana tapi rapi. Ide-ide di bawah nanti tentunya sangat berguna untuk inspirasi dekorasi ruangan rumah sederhana. Dekorasi rumah yang akan kita tampilkan memanfaatkan kontras, pengaturan cahaya, perpaduan warna, karpet, serta tirai. Mari kita lihat desain dekorasi berikut ini.

Dekorasi Rumah Sederhana 

1. Gunakan furnitur dengan warna sama atau senada supaya rumah Anda terlihat rapi. Dengan warna senda ini juga akan membuat lebih sederhana. Di bagian meja makan berikan lampu gantung beserta sarung lampu yang sesuai. Penambahan lampu akan memberikan suasana lebih hangat.

Dekorasi Rumah Sederhana Tanpa Biaya Mahal

2. Pakailah karpet sesuai dengan desain rumah, misalkan rumah minimalis maka juga menggunakan karpet yang motifnya sesuai juga. Selain itu memakai karpet minimalis akan membuat kesan lebih modern.
Dekorasi Rumah Sederhana Tanpa Biaya Mahal

3. Jangan memilih memakai material cepat rusak. Umumnya kebanyakan orang berpikir bahwa dengan memaki barang-barang murah akan lebih menghemat biaya padahal apabila kita mau menghitungnya justru lebih banyak mengeluarkan uang.

Contohnya saja dalam pemilihan cat memakai cat murah dan cat tersebut hanya mampu bertahan selama 1 tahun sedangkan bila kita membeli cat dengan harga lebih mahal 35% akan mendapatkan cat yang mampu bertahan hingga 3 tahun. Nah, jika kita kalkulasikan memakai hitungan matematika sebenarnya lebih murah memakai cat dengan harga sedikit lebih mahal namun mampu bertahan hingga 3 kali lipat.

Dekorasi Rumah Sederhana Tanpa Biaya Mahal

4. Pakailah barang murah tapi memiliki fungsi sama. Tips tersebut dapat diaplikasikan pada bagian seperti dapur. Bila kita memakai ubin memang akan lebih mudah dibersikan apabila terkena kotoran.

Baca juga: Desain Taman Minimalis

Namun, ada alternatif lain yang dapat dipakai selain ubin, yaitu memakai panel tahan debu dan kotoran berbahan dasar kaca atau plastik. Walau harganya lebih murah tetap saja akan awet apabila dirawat dengan baik.

Dekorasi Rumah Sederhana Tanpa Biaya Mahal

5. Memilih dekorasi tidak akan terlewatkan untuk membeli gorden/tirai. Gorden juga bisa membuat suasana rumah terlihat segar dengan memakai tirai berwarna cerah yang dapat ditembus sinar matahari.

Dekorasi Rumah Sederhana Tanpa Biaya Mahal

6. Memberikan pot tanaman pada meja kosong di kamar tidur. banyak orang beranggapan bahwa meja haruslah bersih atau sedikit barang di atasnya. Sebetulnya itu tidak benar juga karena meja fungsinya untuk meletakkan barang. Bila di kamar tidur Anda mempunyai meja kosong, agar tidak terlihat sepi bisa meletakkan pot dengan bentuk unik.



Dekorasi Rumah Sederhana Tanpa Biaya Mahal

7. Pakailah perlengkapan rumah yang multifungsi dan praktis untuk melakukan penghematan uang. Jadi, tidak akan perlu mengeluarkan banyak dana.

Dekorasi Rumah Sederhana Tanpa Biaya Mahal

8. Memakai barang antik yang ada di toko loak. Ini juga solusi hemat untuk Anda.

Dekorasi Rumah Sederhana Tanpa Biaya Mahal

9. Ingin memiliki pajangan dengan unsur seni? Alternatif mudahnya ialah dengan mencari barang seni yang dibuat oleh seniman belum terkenal sehingga bisa mendapatkan dengan harga murah.

10. Melakukan uji coba untuk menata dekorasi rumah secara mandiri adalah salah satu penghematan karena tidak perlu membayar arsitek.  Selain itu juga melatih otak kita untuk memunculkan ide-ide kreatif.

11. Sama halnya dengan di atas kita juga dapat mencontek ide dari rumah kerabat, teman, atau mertua untuk diterapkan pada rumah kita.

12. Selain menghemat uang memakai perabotan rumah tangga yang memiliki roda juga akan memudahkan kita dalam memindahkannya.

13. Hiasan dinding home made dari teriplek dan pot dari barang bekas.


14. Me-repaint barang lama yang sudah terlihat kusam, contohnya bisa kursi atau meja. Dengan melakukan pewarnaan ulang akan terlihat seperti baru dan tentu lebih hemat uang daripada membeli baru.

15. Apabila rumah terlalu polos kamu cukup menambahkan motif pada benda dekorasi di rumah contohnya seperti meja di bawah ini.

16. Memanfaatkan barang tak terpakai. Kotak kayu yang biasa untuk packing barang ini akan banyak ditemui di pembuangan, kamu tinggal membersihkannya dan mengokohkannya serta menambahkan bantalan untuk dijadikan kursi.


17. Memakai sarung bantal yang dibuat sendiri dengan memakai pola-pola unik yang dapat kita dapatkan di internet bisa dijadikan tambahan dekorasi rumah yang murah.


18. Jika kamu menginginkan sesuatu yang berbeda bisa memanfaatkan barang sederhana seperti penjepit kertas untuk meletakkan foto atau barang lainnya.


19. Ini adalah lampu meja yang sudah lama tidak terpakai tapi sesudah di cat kembali terlihat lebih menarik dan layak untuk dijadikan pajangan rumah.


20. Memaksimalkan unsur keindahan beserta fungsi. Nah, contohnya saja gantungan ini dapat dijadikan tempat menggantung baju tapi bila sedang tak terpakai tetap menampilkan keindahan.


Sekarang Anda sudah mempunyai ide untuk dekorasi rumah sederhana anda bukan? Baca juga artikel lain yang mungkin anda butuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel