19 Photo Desain Taman Minimalis Untuk Rumah Bernuansa Modern

Rumah minimalis modern pasti memiliki sisa lahan kecil di bagian luar yang sebenarnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Sebagian besar rumah saat ini pasti mempunyai area kosong seperti itu di mana sangat pas bila digunakan untuk membuat taman bergaya minimalis modern tepat di depan atau belakang rumah.

Nah, ketika kita berbicara tentang desain taman minimalis, pertama-tama harus menentukan di mana kita dapat membuatnya. Misalnya, rumah bergaya Victoria dengan taman minimalis di belakang tidak akan menjadi pilihan terbaik. Taman tersebut lebih elegan bila berada di bagian depan.

Untuk eksterior rumah, sebaiknya Anda tetap berpegang pada jenis bangunan dan tipenya. Jika yakin bahwa rumah Anda memiliki potensi untuk berubah menjadi lebih indah setelah adanya taman maka juga harus mempertimbangkan desain taman itu sendiri. Untuk rumah masa kini, saya memberikan saran untuk membuat taman minimalis.

Baca juga: Dekorasi Rumah Sederhana

Tapi apa kelebihan dari taman jenis ini? Ada banyak pendapat yang diberikan orang, salah satunya adalah hemat tempat. Menurut pendapat saya pribadi, pendapat tersebut merupakan hal yang tepat. Selain itu, desain minimalis memiliki tampilan mungil tapi menarik.

Namun harus diakui juga, sebagian besar penempatan bukan di area fungsional. Bagi seseorang yang hidup dengan cara dinamis, taman minimalis adalah cara sempurna memadukan suasana alami dan modern pada saat bersamaan.

Contoh Desain Taman Minimalis Modern

Jadi, mari kita lihat lebih dekat beberapa contoh taman minimalis yang kami yakin akan Anda sukai. Taman minimalis dan kolam di samping rumah akan menjadi solusi buat Anda yang hanya memiliki lahan sempit. Buatlah jalan setapak di atas kolam dan berikan tanaman berdaun lebar supaya dapat digunakan ikan untuk berlindung dari terik matahari.






Taman minimalis di depan rumah. Biasanya bagian halaman depan rumah akan dilapisi dengan semen supaya tidak becek ketika musim hujan. Tetapi, hal tersebut bukan berarti tidak menimbulkan efek negatif. Menggunakan lapisan semen sendiri sebenarnya mempunyai kelemahan, misalkan membuat suhu semakin panas saat musim kemarau. Untuk mengatasinya, kita dapat memberikan tanaman hijau di pinggir tangga, selain mengurangi suhu panas juga berfungsi menambah keindahan rumah minimalis Anda.

desain taman minimalis

desain taman depan rumah

Pemberian tanaman di balkon dapat menjadi contoh taman kecil bagi yang tak memiliki halaman rumah. Buatlah wadah untuk media penanaman di bagian pinggir balkon rumah.

Bila balkon sangat sempit sebenarnya juga masih bisa mengakalinya memakai pot plastik yang digantungkan pada balkon. Anda juga bisa menambahkan kursi dan menjadikan tempat tersebut sebagai tempat bersantai keluarga.

desain taman rumah


Taman Luas di area dalam rumah. Memberikan ruang di tengah rumah merupakan pilihan bijak. taman tersebut bisa menjadi titik fokus bagian rumah Anda serta menjadi media berkumpul keluarga sambil membakar daging.

desain taman dalam rumah

desain taman dalam rumah

Contoh taman minimalis modern belakang rumah. Biasanya bagian belang rumah jarang sekali diperhatikan pemiliknya. Padahal bisa disulap menjadi tempat yang indah dan menyenangkan. Supaya terlihat bersih tanamilah rumput atau bisa di cor memaki semen. Namun kalau memakai rumput harus rajin merawat dan bila memaki semen pasti membutuhkan biaya lebih. Ada alternatif lain lebih murah dan bebas perawatan untuk sebagai lantai, yaitu menggunakan batu kali berukuran kecil yang ditata rapi.


desain taman belakang rumah

Untuk mempunyai sebuah taman tidak perlu memiliki banyak ruang. Kita bisa memanfaatkan ruang sempit yang masih kosong seperti di sudut rumah dengan memberikan tanaman seperti bunga dan membuat pembatas dari batu alam.


desain taman belakang rumah minimalis

Untuk 2018 memiliki tren taman yang cukup menarik diikuti, yaitu desain kotak-kotak dengan sudut tajam. Dengan penambahan pohon bonsai atau lainnya seperti pada gambar, menurut saya pantas dijadikan referensi.

desain taman bunga




Yang terakhir adalah taman bernuansa Jepang. Ya, siapa sih yang enggak tahu negara Jepang. Negara yang terkenal akan kebersihannya dan banyaknya taman di sana bisa kita contoh dan terapkan di rumah.

desain taman minimalis depan rumah


Untuk mewujudkan taman minimalis di rumah kita tak harus memiliki lahan luas bahkan kita bisa menyiasati seperti:

1. Memakai pot
Pot bisa dijadikan solusi terbaik apabila benar-benar tidak memiliki space sama sekali. Caranya bisa menanam dalam pot tersebut dan menggantungkan di tempat-tempat tertentu, seperti pagar, balkon, bahkan di teras rumah juga bisa. Biar makin bagus tatalah serapi mungkin atau kalau memaki tali bisa melilitkan tanaman di tali tersebut guna menyamarkan.

2. Pemilihan jenis tanaman
Pemilihan tanaman harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Kan tidak lucu kalau ruang sempit tapi menanam pohon cemara. Apa bila sisa ruang benar-benar terbatas pilihlah tanaman kecil seperti bonsai, bunga mawar, dan lainnya. Jangan menanam terlalu rapat itu bisa mengurangi pertumbuhan tanaman tersebut.

3. Perabotan yang sesuai
Sesuai dengan namanya taman minimalis tidak memerlukan perabotan yang fungsinya kurang berguna seperti air mancur yang besar. Pakailah perabotan yang portabel seperti kursi maupun meja lipat supaya jika suatu saat akan dipindah lebih mudah.