Cara Mengambil Uang di ATM BRI Terbaru dan Paling Mudah

Cara mengambil uang di ATM Bank BRI sering kali dijadikan pilihan utama oleh para nasabah bank karena dirasa lebih mudah dan cepat dibandingkan antri melalui teller. Ya, memang melakukan transaksi memakai mesin ATM BRI yang tersedia di seluruh Indonesia baik tarik tunai maupun transfer dapat memudahkan kita sebagai pengguna karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Para nasabah dapat mengunjungi mesin ATM di sekitar mereka karena menurut pihak bank BRI telah tersedia sejumlah 18 ribu mesin yang disediakan untuk mempermudah semua nasabahnya. Waktu operasi dari mesin Automated Teller Machine tersebut juga selama 24 jam. Jadi, tidak perlu khawatir bila ingin melakukan penarikan uang di ATM BRI pada tengah malam.

Keuntungan lain dari adanya fasilitas tersebut, nasabah BRI tidak perlu repot-repot membawa uang tunai dengan jumlah banyak saat bepergian atau akan belanja. Karena cukup membawa kartu ATM saja sudah bisa melakukan transaksi pembayaran, tarik tunai, dan transfer.

Menu ATM dari tiap bank tentu memiliki susunan yang berbeda-beda, tapi secara garis besar tetap mempunyai fungsi sama saja, begitupun dengan BRI. Sehingga bila Anda pernah memaki atau melakukan transaksi pada bank lain tentu tidak akan mengalami kebingungan.

Baca juga: Cara Mengaktifkan M-Banking BCA

Namun jika Anda adalah nasabah baru dan takut salah ketika ingin melakukan transaksi, di sini kami akan membantu Anda memberikan panduan cara menarik uang di ATM BRI. Simak panduan di bawah ini dengan teliti supaya berhasil.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

1. Siapkan kartu ATM milik Anda dan pergilah menuju ATM BRI yang ada di dekat Anda. Jangan lupa menghafal atau mencatat nomor PIN terlebih dahulu karena jika salah dalam memasukkan nomor PIN sampai tiga kali kartu ATM akan terblokir oleh sistem dan harus diaktifkan melalui kantor cabang terdekat.

2. Setelah sampai, masukkan kartu ATM pada lubang dan pastikan posisinya tidak terbalik. Jika Anda ragu posisinya salah silakan lihat contoh yang ada di bawah lubang tersebut. Kenapa tidak boleh terbalik? Ada banyak kejadian saat seseorang salah posisi dalam memasukkan kartu membuatnya tertelan dan tidak dapat keluar kembali.

3. Setelah berhasil dimasukkan akan ditampilkan pilihan bahasa, pilih saja bahasa Indonesia dengan menekan tombol yang sejajar dengan tulisan pilihan tersebut. Jika muncul tips dalam melakukan transaksi pilih saja Lanjutkan dengan tekan tombol di sampingnya.
Sesudah tahap di atas akan keluar tampilan di mana tempat untuk memasukkan nomor PIN. Silakan input PIN milik Anda dengan memakai tombol angka yang ada di bawah layar. Pastikan bahwa PIN tersebut telah benar.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

4. Selanjutnya akan muncul menu transaksi dengan menu nominal uang yang bisa ditarik nasabah. Biasanya nominal terkecil yang dapat diambil yaitu 50.000 bila berada pada ATM pecahan 50 ribu. Sedangkan minimal 100.000 apabila memakai mesin ATM dengan jumlah pecahan 100 ribu. Untuk menarik uang di ATM BRI, silakan pencet tombol yang terletak di sebelah jumlah uang yang ingin kamu ambil. Contohnya jika mau mengambil uang 200.000 tekan tombol di sebelah angka 200 ribu yang ada di layar.

5. Setelah Anda menekan tombol tersebut maka mesin akan menjalankan permintaan penarikan uang yang Anda minta tadi. Tunggu sampai uang keluar dengan jumlah yang Anda inginkan tersebut. Selain uang biasanya akan disertai dengan resi hasil transaksi, tetapi bila tidak keluar mungkin kertasnya sedang habis atau sengaja di-setting agar saldo hanya tampil melalui layar saja.

Cara Tarik Tunai Uang Dengan Nominal Tertentu
Jika Anda ingin mengambil uang dengan jumlah yang tidak ada pada layar, caranya dengan menekan pilihan Transaksi Lain lalu Penarikan dan masukkan jumlah uang yang ingin diambil. Misalkan saja 850.000. 

Nah itu tadi seputar cara tarik uang melalui ATM BRI. Silakan ikuti dengan hati-hati agar tidak melakukan kesalahan dan pastikan ketika Anda sedang menekan nomor PIN tidak diketahui orang lain karena saat ini sedang marak kasus pembobolan kartu ATM.