Ciri-Ciri Kanker Payudara Yang Mudah Dikenali

Kanker payudara adalah sebuah invasi yang umum terjadi pada wanita dan merupakan salah satu penyebab kematian setelah kanker paru-paru. Mengetahui ciri-ciri penyakit ini yang paling mudah untuk dikenali merupakan salah satu cara menjaga kesehatan pada diri kita. Untuk itu silakan simak baik-baik ulasan ini yang membahas seputar ciri-ciri kanker payudara.

Munculnya kanker payudara pada umumnya ditandai dengan adanya benjolan keras dan terasa menyakitkan.

Kanker payudara merupakan satu dari beberapa gangguan kesehatan penyebab kematian tinggi di tahun 2015 pada wanita. Hal ini didasarkan pada data WHO yang menunjukkan bahwa ada 570.000 wanita meninggal diakibatkan menderita penyakit ini. Menakutkan bukan? Untuk itulah kamu wajib mengetahui gejala awal sedini mungkin supaya dapat diatasi sebelum parah.

Berikut Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium Awal Yang Mudah Dikenali

Semakin dini kamu mengetahui tanda awal pada kanker payudara maka akan lebih mudah untuk menangani dan menghilangkan sel kanker pada tubuh. Pada stadium 0 pada umumnya tidak memiliki ciri-ciri atau tanda apapun pada penderita. Tetapi, jika sudah memasuki stadium 1 kamu sudah dapat mengenali ciri-cirinya.

Gejala awal yang umum dialami penderita ialah munculnya benjolan ataupun massa. Massa yang memiliki tekstur keras serta terasa tidak menyakitkan biasanya memiliki potensi lebih besar untuk menjadi kanker. Namun, tidak menutup kemungkinan walau lunak juga dapat menjadi gejala awal. Sayangnya, munculnya benjolan tidak dapat menjadi tanda pasti adanya kanker payudara karena bisa saja itu merupakan gejala dari gangguan kesehatan lainnya. Hal tersebut dikarenakan munculnya benjolan bisa disebabkan karena adanya perubahan hormonal sampai dengan kerusakan pada jaringan lemak. Lalu bagaimana ciri-ciri kanker payudara?

Benjolan karena kanker payudara umumnya akan terasa keras, tidak memiliki batas yang jelas, serta tidak rata. Benjolan tersebut juga akan terus ada selama kurun waktu 8 sampai 10 hari sesudah penderita mengalami menstruasi. Apabila tumbuhnya berada pada dekat puting, maka puting susu akan terlihat seperti tertarik ke bagian dalam dan terasa susah bila digerakkan.

Selain adanya benjolan keras, berikut ini merupakan ciri-ciri kanker payudara yang mudah untuk dikenali.

  • Berubahnya bentuk, ukuran, dan tampilan pada payudara.
  • Puting juga mengalami perubahan bentuk.
  • Akan mengalami rasa sakit berkepanjangan walaupun penderita sudah waktunya mengalami haid pada periode bulan selanjutnya. Tetapi, ada sebagian wanita yang tidak merasakan rasa atau nyeri tersebut.
  • Keluarnya cairan berwarna bening, kecokelatan, atau kekuningan.
  • Mengalami bengkak dan memerah tiba-tiba pada puting tanpa ada penyebab yang jelas.
  • Kelenjar getah bening mengalami pembesaran sehingga mengakibatkan bengkak pada area sekitar ketiak.
  • Urat pada payudara akan terlihat lebih jelas.
  • Bila sudah masuk stadium lanjut maka akan mulai terlihat perubahan pada kulit payudara. Perubahan tersebut bisa berupa menjadi seperti kemerahan ataupun mirip kulit jeruk.

Jika kamu merasakan atau mengalami salah satu dari ciri-ciri adanya kanker payudara di atas, sebaiknya segeralah menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini bertujuan supaya bila memang terdeteksi adanya kanker dapat ditangani sesuai dengan kondisinya. Dengan begitu diharapkan peluang untuk dapat sembuh semakin besar.

Penyebab Dari Kanker Payudara

Sebetulnya belum diketahui secara pasti apa penyebab dari gangguan kesehatan ini. Seperti kanker lainnya, penyakit ini terjadi ketika adanya sel tertentu yang mengalami pertumbuhan secara abnormal dan pada akhirnya menyerang pada jaringan terdekat lalu menyebar pada seluruh tubuh.

Baca juga: Rekomendasi Obat Antibiotik Untuk Bisul Paling Ampuh Agar Cepat Sembuh

Beberapa tahun terakhir ini peneliti menemukan temuan baru bahwa gen yang apabila dimutasi dapat berpotensi pada kanker payudara. Selain gen, telah disepakati bahwa gaya hidup maupun riwayat pada seseorang memiliki risiko untuk meningkatkan terkena kanker payudara seperti di bawah ini.
  • Jenis kelamin: Wanita memiliki risiko lebih tinggi karena dipengaruhi hormon estrogen ataupun progestron.
  • Usia: Orang dengan usia 55 tahun ke atas akan lebih berisiko.
  • Riwayat medis: Riwayat medis dapat datang dari orang yang memiliki hubungan darah dan mengalami kanker payudara.
  • Genetik: Mutasi genetik BRCA1 serta BRCA bisa menjadi penyebab turun menurun.
  • Etnis: Penyakit ini lebih rawan menyerang orang dengan kebangsaan Eropa.
  • Gaya hidup: orang dengan kebiasaan buruk seperti pemabuk, kurang olahraga sehingga obesitas, dan lainnya juga mengalami ancaman terkena kanker payudara.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Kanker Payudara Yang Mudah Dikenali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel