Cara Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami, Cukup Ikuti Langkah Sederhana Ini!

Bingung bagaimana mencegah lalat yang selalu datang ke rumah? Makhluk ini merupakan hewan pengganggu yang berbahaya dan menjijikkan untuk manusia. Bayangkan serangga yang hidup di tempat-tempat kotor lalu datang ke rumah dan hinggap di makanan. Pasti makanan tersebut akan tercemar oleh kotoran maupun kuman yang di bawa olehnya. Maka dari itu artikel ini akan membantu Anda bagaimana cara mengusir lalat.

lalat merupakan hewan pembawa penyakit yang mengganggu manusia. Hewan ini selalu saja menyebarkan kuman melalui makanan yang dihinggapinya. Lalu bagaimana cara mengusirnya supaya makanan tetap bersih? Simak artikel yang iFABRIX telah bagikan ini.

Banyak orang memakai berbagai cara untuk dapat mengusir lalat di rumah namun tetap saja selalu datang kembali. Memang untuk dapat mencegah supaya tidak datang kembali adalah hal sulit sebab ia akan kembali lagi sesudah beberapa waktu diusir.

Datangnya hewan pembawa penyakit ini bukan tanpa sebab, biasanya rumah berantakan dan kotor lebih cenderung disukai lalat karena sifat alaminya yang menyukai tempat-tempat kotor. Tetapi, bagaimana jika ternyata rumah kita sudah begitu bersih? Mungkin kamu perlu membaca sampai akhir artikel ini.

Berikut Ini Cara Mudah Untuk Mengusir Lalat Secara Alami

Mengusir lalat banyak dilakukan dengan cara memakai semprotan berbahan kimia, padahal hal tersebut memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan diri sendiri maupun hewan lain yang dipelihara. Hal itu dikarenakan sifat dari bahan beracun dari semprotan yang akan tertinggal pada permukaan di mana Anda menyemprotkannya. Untuk itulah sebaiknya Anda memakai cara alami untuk mengusir lalat.

1. Mengusir Dengan Lilin

Ternyata lilin selain dapat digunakan untuk penerangan di kala listrik mati juga bisa dipakai untuk mengusir lalat yang selalu menghinggapi makanan. Hal ini disebabkan karena ketika lilin dinyalakan akan mengeluarkan hawa panas sedangkan lalat akan menjauhi hawa panas tersebut. Untuk itu letakkan lilin di dekat makanan supaya lalat tidak mendekatinya. Cara ini sudah banyak dibuktikan oleh para pemilik warung makan, lihat saja pasti mereka akan meletakkan lilin di sekitar makanan.

2. Mengusir Dengan Menggantungkan Plastik Bening Berisi Air

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk mengusir lalat adalah dengan cara memanfaatkan pembiasan. Caranya dengan memasukkan air ke dalam kantung plastik berwarna transparan (dapat memaki plastik es) setengahnya saja. Kemudian kembungkan dengan meniup lalu diikat. Anda dapat meletakkan plastik tersebut di dekat lampu atau arah cahaya yang juga berdekatan dengan meja makan. Lalat akan mengalami kebingungan karena cahaya yang dibiaskan oleh air pada plastik mengacaukan pengelihatannya.

3. Menggunakan Wewangian atau Aroma Terapi

Lalat tidak menyukai bau harum. Dengan begitu kita bisa memanfaatkan wewangian seperti lavender, minyak citrus, lemongrass, dan peppermint. Caranya cukup mudah, oleskan saja minyak di spons atau juga bisa kapas selanjutnya letakkan pada tempat di mana lalat biasanya berkumpul. Anda dapat melihat lalat akan bepergian menjauh karena tidak akan tahan dengan baunya.

4. Memakai Cuka Buah

Ternyata lalat memiliki ketertarikan terhadap bahan yang memiliki aroma buah-buahan. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan cuka hasil fermentasi buah untuk menjebak lalat ke dalam wadah lalu membunuhnya. Misalkan saja dengan menuangkan cairan cuka ke dalam toples lalu ketika lalat sudah berkumpul di dalamnya dapat segera menutupnya.

Cara lain yang lebih efektif adalah dengan menutup mulut toples memakai plastik yang telah dilubangi. Tempatkan toples di mana banyak hewan menjijikkan ini berkerumun supaya masuk ke dalamnya. Bila sudah masuk, dapat dipastikan tidak akan dapat keluar kembali.

5. Sereh

Selain dapat menjauhkan lalat dari rumah, daun sereh rupanya juga dapat dijadikan wewangian rumah. Jadi, kamu bisa memakai larutan daun sereh untuk mengusir lalat. Caranya cukup semprotkan cairan tersebut ke tempat yang disukai lalat, misalkan dekat tempat sampah, meja makan, dan area dapur.

6. Menggunakan Cengkeh dan Lemon

Buah lemon dan cengkih adalah salah satu tanaman yang menghasilkan bau harum. Seperti yang kita semua ketahui, lalat sangat tidak menyukai adanya aroma harum. Artinya bahan tersebut bisa secara efektif dipakai menyingkirkan lalat di rumah. Tetapi, untuk mendapatkan hasil maksimal jangan memaki bahan tersebut secara terpisah-pisah. Caranya cukup simpel, belah buah lemon, kemudian tancapkan cengkeh pada bagian atasnya. Percayalah lalat akan kabur dengan sendirinya.

7. Dengan Daun Pandan

Cara mengusir lalat yang ke tujuh ini dengan daun pandan. Selain sebagai bahan penyedap dan pewarna makanan, tumbuhan satu ini sama seperti sereh yang bisa digunakan untuk mengusir secara alami. Cukup ambil selembar daun pandan kemudian potong kecil-kecil dan tempatkan di area dekat makan atau dapur. Dengan begitu lalat tidak akan berani datang mendekati makan Anda.

8. Memakai CD Bekas 

Cara ini hampir sama dengan memaki air, yaitu memanfaatkan pantulan cahaya yang dibiaskan oleh bagian CD yang mirip seperti reflektor. Aplikasikan benda ini dengan menyatukan 2 kaset CD pada bagian yang tidak mengkilap, selanjutnya gantung memaki benang atau tali di tempat datangnya cahaya yang dekat dengan area kamu menyimpan makanan.

9. Memakai Kipas Angin

Angin yang disemburkan oleh kipas dapat dipakai untuk mengganggu laju lalat ketika terbang. Upaya ini umumnya sering dilakukan oleh orang yang berada di daerah dengan cuaca sangat panas seperti DKI Jakarta.

Tips Supaya Lalat Tidak Datang Ke Rumah

Bila lalat sudah pergi dari rumah, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencegahnya supaya tidak kembali lagi. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, lalat hadir dikarenakan adanya pemicu seperti lingkungan yang cenderung kotor dan bau. Oleh sebab itu dengan selalu menjaga lingkungan rumah tetap bersih akan mencegah datangnya wabah lalat di rumah. Di bawah ini cara mencegah lalat datang kembali.
  • Buanglah sampah pada tempatnya, terlebih lagi sisa makanan karena hewan ini sangat menyukai makanan sisa. 
  • Simpan makanan atau buah ditempat tertutup seperti kulkas atau lemari.
  • Lap permukaan lantai, meja, dan lain sebagainya memakai cairan beraroma wangi.
  • Menutup kisi-kisi udara memaki jaring atau kawat nyamuk.
  • Untuk persiapan, sediakan juga alat pemukul lalat apabila lalat berhasil lolos ke dalam rumah.


Selain memakai bahan di atas, Anda juga dapat memakai bahan lain seperti kunyit, garam, minyak serai, cuka, lada, pandan, kulit jeruk, dan jahe. Semoga setelah membaca artikel ini dapat membantu mengusir lalat lebih mudah dan pastinya aman untuk kesehatan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami, Cukup Ikuti Langkah Sederhana Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel