Tips Mendapatkan Komposisi Foto Yang Sempurna Untuk Pemula

Komposisi foto berperan penting dengan hasil gambar yang akan kita dapatkan. Bila komposisi tersebut kurang tepat dapat memberikan kesan membosankan pada subjek yang sebetulnya cukup fantastis. Dengan begitu, mengetahui bagaimana mendapatkan takaran pas dalam mengambil gambar suatu objek sangatlah penting guna mendapatkan hasil gambar berkualitas dan indah.

Dengan mengikuti tips ini kamu akan dapat menghasilkan foto dengan sangat bagus.

Oleh karena hal tersebut, kami telah meracik beberapa tips mengenai cara pengambilan gambar dengan komposisi foto cukup baik supaya gambar biasa bisa menjadi luar biasa.

Tips Mendapatkan Komposisi Foto Yang Baik

Sebelum memulai pada poin-poin penting pembahasan tentang fotografi ini ada hal perlu diperhatikan, yaitu jangan selalu menerapkan cara ini pada tiap foto yang akan diambil. akan tetapi, luangkan sedikit waktu untuk memikirkan dan berlatih memahami subjek agar Anda memiliki sifat alami memahami dari sudut mana subjek tersebut maksimal untuk diabadikan dalam sebuah foto. Dengan begitu kamu akan menemukan ciri khasmu sendiri dalam pengambilan gambar.

Komposisi dalam fotografi tidak harus terlalu rumit. Ada berbagai macam teori mengenai Rule of Thirds dan Golden Mean yang terbilang sangat kompleks. Tetapi, jika kamu terlalu berpaku pada teori tersebut kamu akan mendapatkan foto yang kehilangan spontanitas.

Di dunia fotografi, kamu akan menghadapi berbagai macam objek dan subjek maka jika kamu terlalu berpaku pada satu cara tidak akan membuat hasil bidikanmu bagus sebab cara yang digunakan pada satu subjek foto tidak akan berhasil digunakan pada subjek lainnya.

Pengetahuan teknis memang sangatlah penting dalam dunia fotografi dan dalam komposisi foto. Tetapi, untuk mengambil bidikan foto yang bagus kamu juga membutuhkan imajinasi dan pengetahuan visual. Berikut ini hal utama yang wajib diketahui dalam dunia fotografi.

1. Sederhanakan pemandangan

Saat mata kita melihat sebuah pemandangan, otak akan memproses dan mengambil subjek yang terlihat menarik. Tapi tidak dengan kamera, kamera akan menangkap semua yang terdapat di depannya dan bisa menyebabkan gambar berantakan tanpa titik fokus yang jelas.

Yang perlu kamu lakukan adalah memilih subjek mana yang menurutmu paling bagus, lalu fokuskan  sudut pandang kamera pada hal tersebut sehingga menjadi pusat perhatian dalam foto yang kamu ambil. Dengan begitu, orang yang melihatnya akan lebih mudah untuk tahu apa yang sebenarnya spesial dalam foto tersebut.

2. Isi Frame

Saat memotret subjek dengan skala besar, biasanya akan mengalami kesulitan untuk menentukan seberapa besar subjek tersebut harus ada dalam bingkai dan seberapa banyak harus diperbesar tampilannya. Bahkan sering kali ditemukan foto yang terlalu banyak ruang kosong di sekitar titik fokus gambar, ini kesalahan dalam menentukan komposisi paling umum. Hasil foto seperti itu akan membuat subjek terlihat lebih kecil daripada yang seharusnya dan membuat orang yang melihat kebingungan tentang apa yang seharusnya diperhatikan dalam foto tersebut. Untuk menghindari hal tersebut kamu harus memperbesarnya atau lebih mendekat ke subjek tersebut.

3. Jangan meletakkan segala hal di tengah.

Ketika seseorang baru memulai untuk belajar mengambil gambar ia biasanya akan meletakkan apapun yang dipotret tepat di tengah frame sehingga akan menciptakan gambar statis dan membosankan.Cobalah mengambil pandangan kamera dari berbagai posisi dan seleksilah foto yang dirasa kurang menarik.

4. Perhatikan background.

Jangan hanya berkonsentrasi dengan subjek saja, lihatlah apa yang ada di belakangnya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang simpel namun rapi. Memang kita tidak dapat menghilangkan secara penuh latar belakang, tetapi kita dapat mengecualikannya apabila terlihat sangat berantakan dan malah mengurangi keindahan dari foto.

Baca juga: 3 Cara Screenshot di Laptop ASUS, Acer, Lenovo, Toshiba Dengan OS Windows 10

Untuk mengatasi latar belakang yang kurang mendukung, kamu bisa melakukan beberapa cara, yaitu dengan berpindah posisi, mengambil gambar dengan lebih dekat kepada subjek, dan memakai kamera dengan kemampuan bokeh sehingga latar belakang yang kurang menarik tidak akan mempengaruhi subjek.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mendapatkan Komposisi Foto Yang Sempurna Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel