Ciri-Ciri Tumbuhan Yang Benar dan Lengkap

Tumbuhan adalah salah satu bagian dalam klasifikasi makhluk hidup. Dalam tumbuhan terdapat zat hijau daun dan klorofil yang berguna pada saat melakukan fotosintesis guna mendapatkan makanan. Menurut pandangan ilmu biologi, menyatakan bahwa tumbuhan masih masuk dalam organisme di mana disebut dengan Regnum Plantae dan merupakan salah satu organisme yang memiliki banyak sel atau multiseluler.

Tumbuhan memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari organisme lain. Salah satu ciri tumbuhan yang dapat dengan mudah kita ketahui adalah adanya zat hijau daun atau klorofil.

Menurut catatan dari beberapa sumber, diperkirakan terdapat spesies tumbuhan dengan jumlah 350.000. Dari jumlah tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu 258.650 merupakan jenis tumbuhan dengan bunga dan sisanya sebanyak 18.000 masuk dalam keluarga lumut. Namun, ada satu kesamaan dari keduanya, yakni sebagian besar merupakan tumbuhan autrotof serta memperoleh energi dari cahaya matahari secara langsung yang digunakan untuk melakukan fotosintesis.

Tumbuhan dapat dikenali dengan mudah melalui ciri umumnya, yaitu warna hijau dominan karena adanya pigmen klorofil. Pigmen klorofil itu mempunyai peran penting untuk penangkapan energi dalam fotosintesis. Oleh karena itulah kenapa tumbuhan secara umum dikatakan memiliki sifat autrotof terkecuali pada tumbuhan yang mempunyai sifat parasit. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya perlakuan adaptasi untuk hidup terhadap lingkungan. Adanya sifat autrotof pada tumbuhan menyebabkan tumbuhan tersebut dapat membuatnya berada di posisi pertama urutan aliran energi dalam rantai makanan.

Baca juga: Pengertian Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan Serta Contohnya

Tumbuhan juga memiliki sifat stasioner sehingga tidak dapat berpindah secara mandiri walaupun ada sebagian kecil dari alga hijau yang mampu berpindah disebabkan adanya flagelum dalam dirinya. Oleh karena sifat pasif dari tumbuhan itu sendiri sehingga memaksanya harus mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan maupun gangguan yang datang padanya. Morfologi tumbuhan memiliki jumlah lebih besar dibandingkan dengan kerajaan lain. Selain hal itu, ia juga dapat menghasilkan metabolit dalam jumlah banyak guna untuk bertahan hidup dari kondisi lingkungan yang berubah dan serangan yang datang.

Pada tumbuhan tingkat seluler memiliki ciri-ciri selnya tersusun dari selulosa, pektin, dan hemiselulosa. Walau begitu, ada beberapa tumbuhan sederhana yang hanya memiliki susunan sederhana pula, yaitu dari pektin. Untuk lebih jelasnya berikut ini ciri-ciri yang ada pada tumbuhan.

Ciri-Ciri Tumbuhan


  1. Eukariotik (eukariotik adalah organisme yang memiliki sel kompleks di mana penyusunnya terdiri dari bahan genetika yang disusun berubah menjadi nuklei yang terikat dengan membran).
  2. Multiseluler (organisme dengan banyak sel yang merupakan kebalikan dari uniseluler)
  3. Mempunyai dinding sel di mana dinding sel tersebut tersusun atas selulosa.
  4. Terdapatnya zat hijau daun atau klorofil serta dapat menyimpan cadangan makanan yang dibutuhkan dalam bentuk pati (amilum)
  5. Dalam siklus hidup, tumbuhan mengalami pergantian atau pergiliran keturunan. Mempunyai alat reproduksi multiselular. Bisa melakukan reproduksi dengan cara aseksual maupun seksual.
  6. Tumbuhan memiliki sifat stasioner. Jadi, ia tak akan dapat melkukan perpindahan atas kemauannya sendiri, terkecuali alga hijau yang memiliki sifat motil atau mampu berpindah sebab mempunyai flagelum. 

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Tumbuhan Yang Benar dan Lengkap"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel