Teks Biografi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Unsur

Teks biografi adalah sebuah teks yang memiliki isi tentang kisah maupun cerita dari suatu tokoh mengenai kehidupannya, bisa dalam bentuk kekurangan, kelebihan, masalah, dan semua yang terkait dalam kehidupan tokoh tersebut hingga dapat dijadikan seorang teladan.

Teks biografi adalah teks yang mana berisi penjabaran seorang tokoh yang dianggap dapat dijadikan teladan. Penjabaran informasi yang dimuat di dalamnya dapat berupa kelebihan, pengalaman, maupun masalah yang dialami.

Mungkin sebagian besar dari pembaca artikel ini sudah pernah membaca biografi dari tokoh tertentu. Tetapi, apakah kalian tahu bagaimana aturan pembuatan teks biografi tersebut? Jika belum tahu, mari kita pelajari bersama mulai dari cara penyusunan sampai disebar luaskan terhadap banyak orang.

Kenapa kita harus mengetahui? Agar kita bisa menjadi pembaca yang mempunyai wawasan luas dan dapat menghargai karya seseorang khususnya karya tulis. Sebenarnya ada jenis teks lain yang hampir menyerupai biografi, misalkan autobiografi. Autobiografi adalah sebuah riwayat hidup di mana penulisnya adalah tokoh itu sendiri. Jadi, agar kamu tidak kebingungan dalam membedakannya cara termudah adalah dengan melihat siapa penulisnya apakah, ditulis oleh tokoh itu sendiri ataupun orang lain.

Pembahasan Teks Biografi


Untuk mulai mempelajarinya kita akan membaginya menjadi 4 bagian supaya lebih mudah dimengerti. Adapun bagian pembahasan tersebut seperti di bawah ini.

Ciri-Ciri Teks Biografi



  • Harus berisi fakta dari tokoh yang diceritakan.
  • Memberikan informasi berupa fakta tentang bagaimana cara memecahkan masalah hingga ia patut dijadikan teladan.
  • Mempunyai struktur jelas.

Jenis Biografi


Berdasarkan Penulis

  • Autobiografi: riwayat hidup yang dibuat oleh tokoh itu sendiri.
  • Biografi: teks yang di dalamnya memuat seluk beluk seorang tokoh mulai dari masalah yang dihadapi, kekurangan, maupun kelebihannya di mana teks tersebut ditulis orang lain.

Berdasarkan Pemberian Izin Penulis

  • Authorized biography: penulis dari biografi jenis ini memiliki izin dari tokoh bersangkutan untuk menuliskan tentang kehidupannya.
  • Unauthorized biography: biografi yang dibuat namun tokoh yang menjadi pembahasan tidak mengetahui karena sebab tertentu, seperti telah wafat saat biografi itu dibuat.

Berdasarkan Isi

  • Biografi perjalanan hidup: memiliki isi perjalanan selama kehidupan seorang tokoh baik secara lengkap atau hanya pada bagian yang memiliki kesan lebih.
  • Biografi perjalanan karir: merupakan biografi di mana dalam isinya menjabarkan perjalanan dalam karir seseorang yang dianggap sebagai tokoh mulai dari awal sampai masa kesuksesannya.

Berdasarkan Topik/Persoalan

  • Politik: penulisan biografi ini dilihat dari sudut pandang polituik yang informasinya diperoleh dari berbagai riset. Biasanya tokoh yang dimuat adalah tokoh negara.
  • Intelektual: ini hampir menyerupai biografi sebelumnya dalam mendapatkan bahan penulisannya, yaitu melalui berbagai riset. Akan tetapi, gaya penulisan yang digunakan memakai bahasa ilmiah.
  • Jurnalistik: penulisan dilakukan setelah mendapatkan informasi dari wawancara kepada tokoh yang dimaksud atau kepada orang yang dipercaya dapat menjadi rujukan untuk bahan penulisan.

Berdasarkan Penerbit

  • Buku sendiri: sebuah biografi yang memuat informasi tokoh yang mana oleh pihak penerbit dijadikan sebuah buku dengan semua hal yang dibutuhkan terkait proses buatan ditanggung secara pribadi. Adapun dibuatnya biografi semacam ini adalah untuk dipasarkan pada khalayak umum dan untuk mendapatkan sorotan publik.
  • Buku subsidi: sebuah buku biografi yang dalam pembuatannya disponsori oleh pihak tertentu. Pada umumnya biografi ini akan susah laku karena memiliki harga jual tinggi.

Struktur Teks Biografi


Orientasi

Orientasi adalah bagian awal pengenalan terhadap toko yang akan dibahas, biasanya berisi gambaran umum mengenai orang tersebut.

Peristiwa dan Masalah

Pada bagian ini akan ditemukan informasi yang pernah dialami oleh tokoh. Informasi tersebut dapat berupa cerita masalah, pemecahan masalah, karir, dan hal-hal lain yang pernah dilalui sehingga dapat mengantarkan orang dalam biografi tersebut mendapatkan kesuksesan dan terwujudnya cita-cita.

Reorientasi

Ini bersifat optional. Jadi, dapat dituliskan ataupun tidak. Reorientasi memuat pandangan si penulis terhadap orang yang ditulisnya. 

Unsur Kebahasaan 


1. Kata Hubung

Kata hubung adalah sebuah kata yang mempunyai fungsi untuk menyambung antarkata dalam sebuah kalimat serta antara beberapa kalimat yang berurutan. Jika kata tersebut difungsikan untuk menghubungkan antara kata satu dengan lainnya dalam kalimat maka disebut sebagai konjungsi intrakalimat. 

Contoh: tetapi, kemudian, dan, lalu

Namun, bila difungsikan untuk menghubungkan antara kalimat satu dengan lainnya, kata hubung itu disebut sebagai konjungsi antarkalimat.

Contoh: Akan tetapi, tetapi, oleh karena itu, dan meskipun begitu

2. Rujukan Kata

Rujukan kata adalah sebuah kata yang biasanya merujuk pada kata yang mana telah diungkapkan sebelum kata rujukan itu digunakan. Ada beberapa kategori kalimat rujukan yang dapat Anda ketahui seperti contoh berikut.

  • Rujukan benda ataupun hal: tersebut, ini, itu
  • Rujukan tempat: di situ, di mana, di sana
  • Rujukan orang: ia, mereka, dia, -nya

3. Peristiwa, Waktu, serta Tempat

Dalam sebuah biografi ada kata yang memiliki fungsi untuk menunjukkan waktu, peristiwa, serta tempat yang pernah dialami oleh tokoh yang dimuat.

4. Kata Kerja

Kata kerja adalah kata yang menjadi penjelas suatu kegiatan atau hal yang dilakukan tokoh dalam biografi. Kata kerja sendiri dapat dibedakan menjadi dua, yaitu didasarkan pada bentuk dan jenis.

Berdasarkan Bentuk

Kata kerja dasar: sebuah kata kerja di mana dalam penggunaannya masih dalam bentuk asli atau dasar dan belum mengalami penambahan imbuhan bagik itu sisipan, akhiran maupun awalan. (Contohnya: ambil, pergi, ajak)
Kata kerja berimbuhan: kata kerja ini sudah mengalami penambahan baik penambahan awalan, akhiran, atau sisipan. (Contohnya: me + ajak = mengajak)

Pembahasan teks biografi di atas diharapkan dapat memberikan edukasi kepada para pembaca agar dapat memahami lebih dalam tentang bagaimana pembuatan, ciri-ciri, jenisnya, struktur serta unsur yang terkandung dalam teks biografi.

Belum ada Komentar untuk "Teks Biografi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Unsur"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel