Ciri-Ciri Virus Yang Benar

Ciri-ciri virus ini harus kamu pelajari, apalagi merupakan mata pelajaran bagi siswa kelas 10. Nah, kalau kamu mencari materi ini kamu mengunjungi website yang tepat.

Virus merupakan salah satu parasit yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi sel tubuh manusia maupun makhluk biologis lainnya. Parasit ini memiliki sifat obligat, di mana hanya bisa bereproduksi bila ada dalam tubuh inangnya.

Virus merupakan organisme parasit yang mampu menginfeksi sel tubuh manusia maupun hewan. Hal tersebut dikarenakan tidak dapat melakukan reproduksi tanpa berada dalam material hidup seperti pada tubuh manusia karena sifatnya yang parasit obligat. Sesudah berada di dalam tubuh, ia memanfaatkan sel makhluk hidup yang ditumpanginya untuk bereproduksi sebab tidak mempunyai perlengkapan seluler.

Virus dalam istilah umumnya merujuk pada kelompok partikel dengan kemampuan melakukan infeksi pada sel eukariota, sementara bakteriofag lebih merujuk terhadap yang melakukan serangan pada sel prokariota.

Baca juga: Pembahasan Kingdom Monera Lengkap

Virus sendiri sering dijadikan bahan perdebatan oleh sejumlah kalangan ahli yang mana statusnya dikatakan sebagai makhluk hidup, tetapi tidak mampu melakukan kegiatan biologis tanpa adanya sel inang. Untuk itu mari kita lihat saja ciri-ciri dari virus.

Sebutkan ciri-ciri virus.


  • Virus tidak memiliki sel atau disebut dengan aseluler.
  • Ukurannya sangat kecil, ia lebih kecil dibandingkan dengan bakteri, yaitu sekitar 1 mikron  (1000 milimikron). Jika kamu mau mengamati makhluk ini dapat memakai mikroskop dengan kemampuan memperbesar objek sampai 50.000 X. 
  • Hanya mempunyai satu asam nukleat di antara RNA ataupun DNA.
  • Bentuknya sangat beragam, seperti silindris, oval, kotak, memanjang, dan didominasi dengan bentuk menyerupai kecebong. 
  • Mempunyai bagian tubuh terdiri atas kulit (biasanya disebut selubung), serabut ekor, kepala, dan isi tubuh.
  • Terdapat lapisan protein dengan sebutan kapsid.
  • Hanya mampu melakukan perkembangbiakan jika berada pada sel hidup makhluk lain seperti halnya hewan, manusia, dan bahkan bakteri.
  • Tidak dapat melakukan perkembangbiakan dengan cara membelah diri.
  • Virus tidak akan bisa bila diendapkan memakai metode sentrifugasi, namun bisa dikristalkan.

Itu tadi ciri-ciri virus sesuai dengan materi kelas X yang dapat kamu pelajari. Bila ada yang salah, saya harapkan untuk memberikan kritik dan saran di kolom komentar Ifabrix. Terima kasih telah membaca artikel mengenai apa saja ciri virus.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Virus Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel