Apa saja ciri-ciri orang hamil?

Ciri-ciri orang hamil secara umum adalah tidak mengalami menstruasi selama periode waktu dua atau lebih berturut-turut. Tetapi, ada beberapa wanita yang mengalami gejala lain pada kehamilan sebelum melewatkan satu siklus menstruasi. Namun ada hal yang perlu untuk diketahui bahwa tidak mengalami menstruasi selama satu siklus bukan berarti bahwa wanita tersebut mengalami kehamilan.

Orang yang sedang hamil biasanya mengalami ciri-ciri seperti tidak menstruasi.

Tidak mengalami menstruasi selama satu siklus adalah suatu kondisi yang umum dan bisa dikarenakan berbagai penyebab, seperti penggunaan pil KB, gangguan konsumsi makanan, obat-obatan tertentu, serta akibat diabetes maupun sindrom ovarium polikistik yang sedang dialami. Wanita yang melewatkan siklus menstruasinya harus segera mengunjungi layanan kesehatan supaya dapat mengetahui apakah orang tersebut sedang hamil atau malah mengalami masalah kesehatan.

Beberapa Ciri-Ciri Orang Sedang Hamil

Ciri-ciri kehamilan bisa berbeda-beda dari orang satu dengan lainnya. Seseorang mungkin akan mengalami seluruh gejala umum, hanya sebagian, atau bahkan tidak mengalami sama sekali.

1. Jumlah darah menstruasi sedikit

Sebuah studi menemukan fakta bahwa orang hamil sebanyak 25% mengalami pendarahan menstruasi dengan jumlah sedikit daripada wanita normal. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya implantasi sel telur yang dibuahi (terjadi dalam kurun waktu enam sampai 12 hari sesudah proses pembuahan), tetapi umumnya fase tersebut terjadi saat 12 minggu pertama dalam kehamilan.

2. Pembengkakan pada payudara.

Gejala ini mungkin akan timbul dengan cepat sesudah 1 sampai 2 minggu pembuahan. Akibat perubahan hormon yang terjadi, orang yang mengalaminya akan merasakan rasa sakit, geli, serasa lebih besar, dan berat pada payudaranya.

3. Kelelahan

Kelelahan pada awal kehamilan diakibatkan karena tubuh menghasilkan terlalu banyak hormon progesteron. Hormon tersebut berfungsi mendorong tumbuhnya kelenjar penghasil asi dan juga membantu menjaga kehamilan. Selain itu, kelelahan juga disebabkan karena tubuh melakukan pemompaan dara lebih banyak guna membawa nutrisi ke janin. Masa lelah tersebut umum terjadi selama 1 minggu sesudah pembuahan.

4. Sakit kepala

Sakit kepala pada awal orang hamil dipicu oleh peningkatan hormon secara spontan.

5. Merasa mual dan muntah

Ciri ini bisa mulai dirasakan kapan saja, mulai 2 sampai 8 minggu pada awal hamil dan bisa berlanjut selama 9 bulan. Hal ini disebut oleh dunia medis sebagai "morning sickness" yang kapan saja bisa terjadi.

6. Mengidam makanan atau sebaliknya

Mengidam atau rasa ingin yang berlebih terhadap suatu hal (biasanya berupa makanan). Namun ada juga orang hamil justru menghindari makanan, bahkan itu sebelumnya merupakan makanan kesukaannya. Umumnya ini terjadi berfariasi bisa selama masa kehamilan atau hanya sesaat saja.

7. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati yang tajam ketika hamil  disebabkan oleh perubahan hormonal tubuh. Ini dapat terjadi cepat sesudah pembuahan.

Baca juga: Ciri-Ciri Paru-Paru Basah dan Cara Mencegahnya

8. Keseringan kencing

Orang yang hamil lebih sering melakukan buang air kecil karena kebutuhan untuk mengosongkan bagian kandung kemih lebih sering terjadi saat hamil. Pasalnya tubuh menghasilkan hormon human chorionic ketika beberapa minggu awal kehamilan. Hormon tersebut meningkatkan aliran darah ke bagian pinggul lalu itulah kenapa terlalu sering kencing.

Dalam beberapa kasus ciri-ciri orang hamil ini juga bisa menjadi gejala kondisi lain, mungkin karena konsumsi obat KB, stres berlebih, sehingga tidak baku bahwa ini menandakan mereka hamil. Bagi wanita sebaiknya segera datang ke klinik kesehatan untuk memeriksa kondisi mereka jika mengalami tanda-tanda hamil.

Belum ada Komentar untuk "Apa saja ciri-ciri orang hamil?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel