Bagaimana Memulai Bisnis Online Dalam Bidang Kesehatan?

Sudah tidak menjadi rahasia lagi sejak ditemukan internet bahwa bisnis dalam bidang kesehatan mempunyai potensi keuntungan yang sangat tinggi. Orang-orang tidak pernah perduli apa latar belakang mereka, budaya, maupun status ekonominya, mereka semua tetap menginginkan hidup bahagia dan sehat. Keinginan tersebut mendorong untuk membeli produk atau perawatan yang dapat membantu mewujudkan keinginan sehat tersebut.

Bagaimana Memulai Bisnis Online Dalam Bidang Kesehatan?

Bidang kesehatan adalah salah satu pasar terbaik yang ada di luar sana untuk dijalankan secara online. Pendapat ini tidak berdasarkan argumen semata karena pada faktanya kesehatan dan kebugaran secara global mencapai $ 3,7 triliun. Hal itu menandakan bahwa ada banyak kesempatan untuk kita ikut terjun di dalamnya sekarang juga.

Bukti bahwa kesehatan dapat menjadi peluang yang menguntungkan ada banyak di sekitar kita. Coba lihatlah toko yang menjual produk kesehatan seperti suplemen dan lain sebagainya pasti sangat ramai dikunjungi. Iklan-iklan di TV juga banyak yang menampilkan obat/pil untuk berbagai penyakit.

Anda tidak perlu risau akan kurangnya tenaga atau teman yang mau bekerja sama karena pengusaha personal juga dapat berhasil hanya cukup bekerja di rumah memakai laptop saja. Bisnis ini tidak memerlukan terlalu banyak biaya jika pintar mencari peluang.

Dalam bidang kesehatan ada banyak subniches yang berbeda dan biasanya perbedaan tersebut didasarkan pada usia. Contohnya saja orang yang berusia tua lebih memerlukan untuk kesehatan sendi dibandingkan produk penurun berat badan. Belum lagi orang-orang yang ingin tetap terjaga masa mudanya, mereka cenderung membeli produk suplemen, vitamin, dan banyak lagi produk anti penuaan.

Mungkin pertanyaan semacam ini akan terlintas difikiran Anda, "Saya bukan ahli kesehatan lalu bagaimana saya bisa menjalankan bisnis yang berorientasi pada kesehatan?"

Kabar baiknya banyak sekali produk yang bisa kita jual tanpa memerlukan pengetahuan dalam bidang kesehatan secara profesional. Daripada berlama-lama mari kita bahas tentang bagaimana memulai bisnis kesehatan Anda sendiri.

Riset Pasar Dalam Lingkup Kesehatan


Ketika memulai sebuah bisnis kita harus mengetahui pasar apa saja yang memiliki banyak permintaan dan kita dapat menjualnya. Mungkin potensi pasar dapat Anda temukan juga di diri sendiri, masalah yang dihadapi anggota keluarga Anda, atau bisa juga di lingkungan sekitar. 

Tetapi ada yang perlu diingat, dalam berbisnis tetap harus memperhatikan keberlanjutan permintaan dan tren saat ini. Selain cara-cara tadi anda juga dapat melakukan analisa melalui dunia maya dengan cara mempelajari melalui ecommerce seperti Bukalapak, Tokopedia, maupun lainnya. Lihatlah di situ produk apa saja yang laris dijual. Cara lainnya yaitu dengan memanfaatkan sesial media seperti Facebook, perhatikan penyakit apa yang sering diperbincangkan.

Jika Anda masih ragu saya akan memberikan sedikit analisa mengenai beberapa produk yang saat ini sangat potensial.

  • Berat badan
  • Anti penuan
  • Diabetes
  • Radang sendi
  • Nyeri punggung dan leher
  • Kerontokan rambut
  • Perawatan untuk kulit
  • Kesehatan reproduksi

Menemukan Produk Untuk Dijual

Riset produk yang paling mudah cukup dengan melihatnya di toko-toko online populer. Di situ Anda dapat menemukan produk mana yang banyak diminati.

Setelah kita menemukan kategori apa saja yang berpotensi, kini saatnya mencari produk yang sesuai dengan kategori tersebut dan mempu untuk bersaing baik secara harga maupun kualitas. Untuk melihat produk potensial kita cukup mencarinya juga di toko-toko online (perhatikan gambar di atas kita contohkan akan mengambil kategori tentang masalah berat badan) dan Anda juga dapat menjualnya dengan sistem dropship. Untuk melakukan dropship sebaiknya menghubungi penjualnya terlebih dahulu baru memasarkannya.

Cara Pemasaran Produk Kesehatan Secara Online

Setelah menemukan produk apa yang akan dijual tahap selanjutnya kita akan membahas bagaimana caranya untuk menjualnya. Ada beberapa opsi yang tersedia untuk Anda dengan biaya rendah atau hampir tanpa biaya. Yang jelas jangan pernah memasarkan produk Anda di tempat Anda mengambil produk tersebut (bila Anda menjual produk yang didapatkan melalui seller Bukalapak maka jangan menjualnya di Bukalapak pula sebab secara teori Anda akan kalah dalam persaingan harga).

Memakai Konten Blog atau Web

Mempunyai sebuah web yang ada dalam peringkat baik di pencarian Google bisa menjadi media untuk menjual sebuah produk dengan catatan konten web tersebut sesuai dengan produk yang akan dijual. Caranya buatlah artikel atau memanfaatkan artikel yang membahas mengenai masalah kesehatan yang sesuai dengan produk jualan Anda, contohnya jika akan menjual produk pelangsing maka buatlah konten yang membahas cara menurunkan berat badan dan sisipkan penawaran produk Anda dalam konten tersebut. Untuk membangun kepercayaan pembeli usahakan selalu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan produk ataupun konten. Hal itu akan membangun perepsesi pembaca bahwa Anda adalah orang yang ramah dan itu bisa menjadi faktor pendorong untuk membeli produk jualan Anda.

Karena ini adalah bisnis online anda harus pandai-pandai menghitung berapa harga yang Anda berikan ke pembeli dan biaya pengirimannya.

Pemasaran Melalui Facebook

 Media sosial sangat ramai akhir-akhir ini. Pelanggan Anda bisa saja datang dari Facebook atau sosial media lainnya. Jadi, Anda juga harus memasarkannya di sana dengan memakai Fanspage ataupun akun pribadi. Posting secara teratur di Facebook Anda dengan memakai kata-kata yang memancing kehawatiran tentang masalah kesehatan yang berkaitan dengan produk, misalkan produk yang dijual produk pelangsing kita dapat membuat posting mengenai pembahasan tentang risiko kelebihan berat badan atau bahkan membagikan kisah pribadi tentang masalah tersebut dan menawarkan produk anda sebagai solusi terbaik. 

Cara lebih efektif untuk memsarkan sebuah produk di Facebook, yaitu dengan memanfaatkan Facebook ADS. Memang memerlukan biaya namun jika ini demi keberhasilan sebuah bisnis tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena biayanya juga tidak begitu tinggi.

Memanfaatkan Teman

Mungkin ini sedikit melenceng dari pembahasan dan terlihat negatif tapi tenanglah memanfaatkan di sini dalam arti yang baik. Kita dapat menawarkan sejumlah komisi kepada teman kita yang dapat menjualkan atau membantu memasarkan hingga deal. Jadi, di sini kita diuntungkan secara pemasaran dan teman kita mendapatkan penghasilan. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Memulai Bisnis Online Dalam Bidang Kesehatan?"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel