4 Ciri-Ciri Khusus HAM Beserta Penjelasannya

HAM adalah hak dasar ataupun hak pokok yang sudah dimiliki setiap manusia sejak dilahirkan. Hak asasi manusia bersifat melekat pada setiap individu sehingga tidak bisa diganggu gugat sebab merupakan anugerah dari Tuhan.  Hak dasar ini bersifat asasi yang berarti tidak dapat dipisahkan sehingga memiliki sifat suci.

HAM adalah hak dasar atau pokok yang dimiliki setiap manusia sejak lahir.

Jika disimpulkan HAM adalah berbagai macam hak pokok atau dasar yang didapatkan oleh tiap manusia sebagai pemberian Allah sejak ia dilahirkan ke dunia di mana hak ini tidak akan pernah dipisahkan dari manusia itu sendiri. 

Setiap manusia memiliki hak asasi yang harus dihormati dan dilindungi. Bila terjadi pelanggaran HAM, orang yang melanggar dapat dikenakan sangsi serta pidana sesuai dengan hukum yang berlaku. PBB sendiri telah mengesahkan peraturan yang mengatur tentang Hak Asasi Manusia di Declaration of Human Rights. Dengan begitu peraturan tersebut harus dipatuhi oleh dunia internasional. Pembahasan mengenai HAM sendiri seringkali menjadi topik penting dalam pertemuan antarnegara di dunia. Indonesia juga memperlihatkan kepedulian terhadap hak ini dengan diwujudkannya dalam UUD 1945 yang juga terdapat di kelima sila dasar negara.

Lalu apa perbedaan hak asasi manusia dibandingkan dengan hak lain yang dimiliki? Ada ciri-ciri khusus yang dimiliki HAM dan hanya terdapat pada HAM. Perbedaan ini datang dari sifat-difat HAM itu sendiri. Hal tersebut juga sejalan dengan hakikatnya yang mana sudah didapatkan sejak lahir dan selalu melekat pada tiap-tiap manusia.

Jenis Hak Asasi Manusia


1. Perseonal Rights 

Hak asasi pribadi merupakan hak mencakup kebebasan dalam mengeluarkan pendapat, memilih agama, aktif dalam organisasi, dan perkumpulan lainnya.

2. Property Rights

Hak asasi Ekonomi ialah hak mempunyai, menjual, dan memiliki sesuatu.

3. Politik Rights

Hak asasi politik ialah kebebasan untuk ikut serta dalam sebuah politik seperti mencalonkan diri sebagai kepala daerah, atau memilih kepala daerah itu sendiri dan mengikuti hal berbau politik.

4. Rights of Legal Equality

Hak untuk memperoleh kedudukan yang sama di hadapan hukum.

5. Social and Culture Rights

Hak asasi sosial budaya ialah kebebasan dalam kehidupan sosial seperti memilih kebudayaan.

Ciri-Ciri HAM (Hak Asasi Manusia)


Berikut ini ialah penjelasan singkat tentang ciri-ciri dari HAM serta sifatnya.

1. Universal

Universal berarti HAM berlaku untuk semua umat manusia tanpa membedakan status sosial, gender, suku, maupun perbedaan-perbedaan lain. Hak ini dimiliki setiap manusia tanpa ada pengecualian atau unsur diskriminasi di dalamnya.

2. Tetap

Bersifat tetap maksudnya hak asasi manusia tidak dapat dihilangkan atau diberikan dengan orang lain. Jadi, setiap individu berhak mendapatkan apa yang menjadi haknya tanpa terpengaruh oleh orang lain atau menjadi hilang selama ia masih hidup.

3. Utuh

Artinya hak asasi manusia tidak dapat dikurangi maupun dibagi kepada sesamanya yang mana setiap pihak berhak mendapatkan apa yang menjadi haknya tanpa bisa dikurangi seperti hak sipil, ekonomi, budaya, sosial, dan lain sebagainya.

4. Hakiki

Bersifat hakiki artinya adalah didapatkan oleh tiap manusia sejak ia terlahir dan merupakan pemberian dari Tuhan yang bersifat suci ataupun abadi.

Itu tadi sedikit pembelajaran mengenai ciri-ciri khusus HAM berserta jenis dan hakikatnya sesuai dengan materi pembelajaran pada sekolah. Penegakan HAM harus terus dilaksanakan mulai dari diri kita sendiri ke pada orang lain dengan cara saling menghormati dan memberikan apa yang seharusnya menjadi haknya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Ciri-Ciri Khusus HAM Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel