Contoh Cerita Fantasi Yang Benar

Cerita fantasi biasanya dipelajari dalam jenjang pendidikan sekolah menengah pertama. Cerita fantasi adalah sebuah narasi atau cerita yang menceritakan hal-hal diluar nalar atau imajinatif. Di kurikulum 2013 cerita fantasi dijadikan awal pokok pembelajaran siswa sebab materi bahasa Indonesia ini diletakkan pada bab pertama. Hal ini dimaksudkan supaya para siswa mampu mengasah imajinasinya dalam membuat contoh cerita fantasi. hal lain kenapa teks fantasi ada dalam mata pelajaran adalah mengurangi tingkat kedewasaan dini.

Cerita fantasi adalah sebuah karangan atau narasi yang di dalamnya menyisipkan unsur imajinasi atau hal di luar nalar.

Kita semua sudah tahu di era modern ini buku cerita menjadi hal langka. Kalaupun ada biasanya berbentuk elektronik serta berisi cerita percintaan. Jelas, cerita cinta belum patut untuk dibaca oleh anak-anak di bawah umur sebab bisa mempengaruhi mentalnya.


Inti utama teks fantasi adalah adanya unsur khayalan/tidak masuk akal, misalnya cerita Naruto memanggil Kyubi lalu menjadikannya sebagai kekuatan dan kekuatan tersebut digunakan olehnya dalam memenangkan perang dunia ninja melawan musuh utama Madara. Karena kekuatan yang tak lazim dalam cerita tersebut maka disebutlah cerita fantasi.

Baca juga: Pengertian, Ciri, dan Jenis Cerita Fantasi

Cerita fantasi tidak hanya ada di Indonesia saja, tetapi dari luar negeri juga banyak yang terkenal seperti Avatar, Harry Potter dan cerita lain yang mengandung unsur tak masuk akal.

Dalam cerita fantasi terdiri dari tiga bagian, seperti


  • Orientasi (Pengenalan karakter serta latar dari cerita)
  • Komplikasi (isi dari cerita)
  • Resolusi (akhir dari cerita)

Nah, di bawah ini saya akan memberikan contoh singkat cerita fantasi yang mungkin bisa kamu jadikan acuan dalam membuat cerita.

Pendekar Katrok

Di sebuah desa terpencil tinggallah seorang pemuda bernama Kakashi bersama kakeknya bernama Hasirama Senju dengan keadaan pas-pasan. Kakashi menjalani hidup layaknya orang-orang pedesaan pada umumnya yang keseharian bekerja di ladang serta mencari kayu bakar. Tetapi, di tengah kesibukkannya, ia selalu menyempatkan waktu untuk berlatih bela diri ninjutsu dari kakeknya. Ia memiliki tekat api dalam belajar bela diri yang diharapkan suatu ketika akan berguna untuk menolong sesama.

Suatu sore Kakshi termenung sambil duduk di atas dahan pohon, ia memikirkan akan masa depanya yang kurang baik bila hanya tinggal dan bekerja di desa saja. Di dalam pikirannya timbul keinginan untuk mengadu nasib ke Kota Konoha, di mana kota tersebut adalah ibukota dari negara Api dan pusat perdagangan maupun industri terbesar. 

Akhirnya, Kakashi membulatkan tekat serta meminta izin kepada kakeknya untuk merantau. Dia berkata kepada si kakek, "Kek, aku ingin pergi merantau untuk menyongsong masa depan kita agar lebih baik." Kakek pun kaget atas ucapan cucu semata wayan tersebut, "Apa? Kamu mau merantau, Cu? Apa kamu sudah enggak sayang dengan kakek?" Iapun menjawab dengan nada lembut dan meyakinkan,  "Bukan begitu, Kek. Kakashi hanya ingin mengubah keadaan ekonomi kita dan kelak kalau sudah sukses kakekpun akan aku bahagiakan. Aku juga takut jika terus hidup dalam kemiskinan seperti ini tidak ada wanita yang mau denganku dan akupun akan menjadi jones akut." 

Dengan perasaan bingung dan takut kehilangan cucu sekaligus keluarga satu-satunya namun tetap memikirkan keinginan Kakashi, kakeknyapun menjawb, "Sebetulnya kakek tidak rela bila kamu harus pergi jauh. Tapi bila itu kemauanmu dan pilihan terbaik bagimu apa boleh buat, aku cuma bisa memberikan restu."

Keesokan harinya ia berangkat ke kota dengan menaiki kereta Chennai Exspres. Di dalam kereta tersebut ia satu bangku dengan pria seumurannya. Kakashipun menyapa dan bermaksud memulai obrolan untuk menghangatkan suasana, " Mas, kenalin saya Kakashi. Nama kamu siapa?" Pria itupun menjawabnya, "Saya Lee Min Ho. Kamu mau cari kerja di kota juga?" Percakapanpun terus berlanjut, mereka saling bercerita tentang latar belakang dan tujuannya merantau hingga masalah lain. 

Akhirnya sampailah di Stasiun Kota Konoha dan mereka berdua berpisah untuk menuju tujuan masing-masing. Kakashi yang katrok dia merasa keheranan melihat suasana kota yang megah dipenuhi gedung-gedung tinggi, air mancur, dan kendaraan canggih. Dalam hatinya dia bertanya, " Rumah tumpuk-tumpuk gini kok enggak ambruk, ya? Itu air kok muncrat-muncrat terus apa jangan-jangan kesurupan jin?" 

Singkat cerita Kakashi akhrinya terbiasa dengan kehidupan kota besar dan dia juga sudah mendapatkan pekerjaan menjadi satpam rumah seorang jenderal dengan nama Minato. Kakashi menikmati hari-harinya bekerja sebagai petugas keamanan hingga di suatu malam kejadian tak disangka olehnyapun terjadi.

Malam ini seperti biasanya, dia berjaga di pos sambil mendengarkan lagu Lingsir Wengi hingga jam 11 malam waktu dia untuk beristirahat tiba. Setelah waktu istirahat tiba diapun ke kamar dan merebahkan tubuhnya di atas lantai beralas karpet tipis. Ia memejamkan matanya namun ada hal aneh yang ia dengar seperti langkah kaki beberapa orang lewat di belakang kamar. Tanpa pikir panjang, Kakashi memutuskan untuk bangun dan mengintip keadaan di luar melalui jendela kamar. Dia terkejut melihat ada 7 orang berpakaian serba hitam mengendap-endap ke arah rumah juragannya. 

Tanpa pikir panjang dia beranjak keluar kamar untuk memastikan keadaan. Ia mengikuti gerombolan orang yang menuju rumah tuannya dengan hati-hati, tetapi tanpa sengaja dia menginjak botol Coca Cola dan menimbulkan suara. Suara itu didengar oleh gerombolan orang tersebut dan menoleh kebelakang. Tanpa kata-kata 3 orang langsung menyerang Kakashi dengan senjata tajam namun Kakashi berusaha menghindar dan ia menyerang 2 orang memakai pukulan Chidori yang membuat keduanya terpental sampai 20 meter. Satu orang sisa yang menyerangnya diangkat lalu dilemparkan ke arah belakang. 

Tanpa disadari 4 orang sisanya ternyata ada yang membawa senjata api dan menembakkannya mengenai tangan Kakashi. Kakashi merasa kesakitan dan terjatuh. Seketika itupun ia mengingat saat belajar bela diri dengan kakeknya ia pernah diajarkan sebuah mantra yang hanya boleh digunakan saat terdesak. Dia lalu membaca mantra. Setelah selesai membacanya perasaan aneh merasuki dirinya, ia merasa ada siluman rubah yang masuk dalam tubuhnya. Diapun langsung mengamuk tanpa ampun kepada orang-orang tersebut hingga ada yang patah tulang, maupun tewas. 

Akibat kerusuhan tersebut bos Kakashi keluar dan terkejut melihat orang-orang tergeletak tak berdaya dan melihat Kakashi yang bersimbah darah. Dengan cekatan langsung meminta bantuan pada warga sekitar untuk membawa orang tak dikenal tersebut ke kantor polisi dan membawa Kakashi ke rumah sakit. 

Sesudah Kakashi sembuh tuannya mengucapkan rasa terima kasih atas pertolongan dan kesetiaan melindungi nyawanya dari orang-orang jahat yang menurut keterangan polisi ingin membunuhnya. Tak sampai di situ Kakashipun akan dinikahkan dengan anak terakhirnya bernama Sunade. Ia juga diminta melatih bela diri tentara bawahan tuannya.

Sampailah menjelang hari pernikahan, Kakashi menjemput kakeknya dan membawanya ke kota. Kakashipun resmi menjadi menantu seorang Jendral dan mendapatkan pekerjaan dari mertuanya menjadi instruktur bela diri. Hari-hari selanjutnya Kakashi dan keluarganya hidup bahagia dan berkecukupan ia juga memiliki keturunan wanita diberi nama Sakura.

2 Komentar untuk "Contoh Cerita Fantasi Yang Benar"

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel