Pengertian Biologi Beserta Cabang-Cabangnya
Pengertian Biologi Beserta Cabang-Cabangnya

Pengertian Biologi Beserta Cabang-Cabangnya

Biologi adalah kajian ilmu yang mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, kehidupan, dan lingkungannya. Dalam ilmu biologi modern sangatlah luas yang terdiri dari berbagai macam cabang serta subdisiplin. Tetapi, walaupun terbilang luas ada beberapa konsep yang mengatur segala hal tentang penelitian sehingga disatukan dalam satu bidang.
pengertian biologi beserta cabang-cabangnya

Biologi pada umumnya memberikan pengakuan bahwa sel sebagai sebuah dasar kehidupan, gen sebagai dasar pewarisan, serta evolusi adalah sebagai mekanisme dasar terciptanya spesies baru. Lalu, organisme juga diyakini mempertahankan kehidupannya dengan cara mengonsumsi, dan merubah energi juga dengan meregulasi keadaan di dalamnya supaya tetap stabil dan vital.

Pengertian Biologi


Pada dasarnya biologi dapat diartikan melalui kata pembentuknya itu sendiri. Biologi berasal dari kata bios berarti kehidupan dan logia berarti ilmu. Nah, bila kedua kata tersebut digabungkan memiliki arti bahwa biologi adalah ilmu mengenai kehidupan. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan tujuan dari ilmu biologi itu untuk mengkaji hal yang berhubungan dengan kehidupan serta organisme hidup yang mana didalamnya juga termasuk fungsi, struktur, pertumbuhan, penyebaran, evolusi, dan taksonomi.


banyak pendapat mengenai apa biologi itu yang diberikan oleh para ahli. Namun, sebenarnya semua pendapat tersebut intinya sama saja hanya ada perbedaan dalam penggunaan atau rangkaian kalimat dan bahasanya yang mana pada intinya ilmu mengenai makhluk hidup dan juga lingkungannya.
Adapun beberapa pendapat para ahli sebagai berikut.

Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

Rikky Firmansyah

Ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup dan lingkungnnya.

Oman Karmana

Ilmu yang bisa menunjang ilmu lain dalam pemecahan suatu masalah.

J. Juniati, dkk

Ilmu yang mempelajari makhluk hidup di mana objek permasalahannya banyak terjadi di dalam alam sekitar.

Wijaya Jati

Ilmu sains tentang makhluk hidup yang titik beratnya kajiannya pada makhluk hidup itu sendiri dan kehidupannya.

M. Widiyaningsih & S. H. Anwariningsih

Ilmu yang mempelajari semua hal yang berkaitan dengan makhluk hidup dan kehidupannya.

Cabang Biologi


Dalam biologi terdapat beberapa subdisiplin atau umum dikenal dengan cabang biologi. Subdisiplin tersebut didefinisikan berdasar pada organisme apa yang dipelajari, jenis organismenya, serta penggunaan metode untuk mempelajarinya seperti di bawah ini.

  • Biokimia, tentang senyawa dan proses kimia dalam makhluk kehidupan.
  • Biologi molekuler, terkait tentang interaksi antar molekul-molekul biologis.
  • Botani, ilmu tentang tumbuh-tumbuhan.
  • Biologi seluler, pembelajaran sel sebagai satuan dasar dari semua kehidupan.
  • Fisiologi, cabang biologi yang berkaitan dengan fungsi serta kegiatan hidup mencakup organ, jaringan, fisik, dan sistem suatu organisme.
  • Biologi evolusioner, kajian proses evolusi yang menghasilkan semua keanekaragaman hayati.
  • Ekologi, mempelajari hubungan interaksi atau timbal balik antara organisme dengan alam sekitarnya.
Pembahasan mengenai pengertian biologi ini tidak hanya sekedar untuk hafalan semata yang mana juga harus diiringi dengan pemahaman konsep serta tata cara pengaplikasiannya di keseharian kita. Dalam artikel berikutnya kami akan membahas mengenai manfaat mempelajari biologi.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...