Cara Sederhana Untuk Mengusir Nyamuk

Nyamuk merupakan hewan pengganggu yang  biasanya muncul ketika musim penghujan. Selain mengganggu, nyamuk juga merupakan salah satu serangga penyebar virus West Nile dan Zika pada manusia. Kabar baiknya, Anda bisa terus menikmati musim hujan secara nyaman dengan mengikuti tips sederhana untuk mengusir nyamuk ini.
Cara Sederhana Untuk Mengusir Nyamuk

Ketika cuaca cerah dan bertepatan dengan akhir pekan, kebanyakan orang-orang menikmati suasana di luar ruangan bersama keluarga. Entah itu membakar ikan, nongkrong, berkemah, maupun hanya sekedar minum teh di teras. Kegiatan tersebut merupakan sebuah kebiasaan era modern untuk menghabiskan waktu mereka. Nah, agar nyamuk tidak mengganggu aktivitas tersebut akan kami berikan tips mengusirnya.

Cara Mengusir Nyamuk Tanpa Semprotan Bug 


Hanya karena banyak nyamuk bukan berarti Anda harus berdiam diri di dalam ruangan tertutup saja. Ada banyak cara mengusir nyamuk tanpa harus menggunakan krim penolak nyamuk yang berbahaya dan membuat kulit kasar. Berikut ini beberapa cara untuk mengusir nyamuk dengan mudah

Pasang kawat anti serangga (tirai udara)

Secara umum tirai udara sudah digunakan untuk mengusir berbagai jenis serangga termasuk juga nyamuk yang masuk melewati kisi-kisi jendela maupun lainnya. Lihat saja di tempat-tempat umum seperti rumah sakit, restoran, maupun kantor banyak yang memakainya. Tirai udara memiliki kelebihan pemasangan mudah, tidak perlu perawatan khusus, banyak ditemukan di toko-toko, dan yang pasti udara tetap dapat masuk namun tidak dengan serangga.

Membuat Bug Repellent Luminaries

Bug repellent luminaries atau orang Indonesia sering menyebutnya lilin anti nyamuk adalah alat sederhana yang memanfaatkan bau dari bahan-bahan alami. Selain dapat mengusir nyamuk alat ini juga bisa dijadikan dekorasi maupun penerangan. Adapun bahan-bahannya ialah


  • Toples kaca
  • 10 tetes minyak esensial lavender
  • 10 tetes minyak esensial cedarwood (minyak atsiri kayu cedar)
  • 10 tetes minyak esensial lemon
  • 1 lemon segar
  • 1 buah jeruk limau
  • 2 tangkai rosemary segar
  • Air
  • 1 buah floating candles (lilin apung)


Cara pembuatan:


  1.  Iris lemon dan jeruk limau.
  2.  Isi toples mengunakan air sebanyak 3/4.
  3.  Tambahkan semua minyak masing-masing 10 tetes.
  4.  Masukkan rosmary, irisan lemon, dan limau.
  5.  Letakkan lilin apung di atasnya
  6.  Bila dirasa air kurang banyak Anda bisa menambahkannya lagi.
Membersihkan Genangan Air

Area yang dipenuhi genangan air merupakan tempat disukai oleh nyamuk. Mereka senang dengan tempat-tempat seperti ini karena untuk bertelur. Untuk mencegah jentik nyamuk menjadi dewasa, sebaiknya harus membersihkan genangan tersebut sehingga hal ini dapat dijadikan pencegahan dini apalagi genangan tersebut berada di lingkungan rumah.

Gunakan Perangkap Nyamuk Portable

Pilihan yang tidak terlalu mahal dan rumit adalah membeli perangkap nyamuk. Alat ini memakai sistem elektronik di mana terdapat baterai. Cara kerjanya bisa dibilang cukup efektif dengan memikat nyamuk memakai sinar sehingga masuk ke dalam perangkap. Kamu tidak usah khawatir akan datangnya nyamuk tanpa henti sebab perangkap ini dirancang untuk tetap menyala selama 24 jam penuh.

Lilin Cintronella

Wangi dari minyak serai yang dimasukkan dalam lilin sebagai sebuah cara jitu untuk mengusir nyamuk. Anda dapat membeli jenis lilin cintronella di toko maupun swalayan sekitar Anda. 

Memakai Minyak Esensial

Ada berbagai minyak esensial di pasaran yang cukup baik dalam mengusir nyamuk. Minyak esensial yang dapat dipergunakan untuk mengusir nyamuk antara lain minyak lavender, minyak sereh, minyak lemon, dan sebagainya. Nyamuk tidak akan menyukai bau dari minyak tersebut.

Para peneliti di Lowa State University telah menyimpulkan bahwa menggunakan tumbuhan catnip sepuluh kali lebih efektif daripada menggunakan DEET serta kelebihan lainnya juga tidak begitu berbahaya bagi tubuh.

Gunakan Bawang Putih Cincang

Anda dapat mengusir nyamuk secara alami dengan bawang putih cincang. Belerang alami dalam bawang putih tidak hanya dapat mengusir nyamuk saja, tetapi juga kutu dan lalat hitam. Cara lain pengaplikasiannya bisa dengan dijadikan cairan penyemprot dengan tambahan bahan seperti di bawah ini

  • Mineral oil
  • Empat siung bawang putih
  • Satu sendok teh sabun cuci piring cair
  • Dua liter air
Untuk proses pembuatannya:

  1. Sediakan toples atau wadah lainnya .
  2. Campurkan bawang putih (cincang dahulu) dan minyak ke dalam wadah tersebut lalu diamkan kurang lebih 24 jam
  3. Bila sudah, saring campuran tadi sehingga bawang putih dan minyak terpisah.
  4. Beri sabun cuci piring pada minyak hasil saringan tadi.
  5. Masukkan ke wadah penyemprot lalu tambahkan air.
  6. Sebelum memakai, kocok terlebih dahulu agar tercampur rata.
Cairan ini bisa dipakai untuk menyemprot tanaman yang kiranya dihuni nyamuk atau lalat.

Apa Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk?


Ketika ingin mengusir nyamuk yang berada di ruangan terbuka seperti taman, mungkin dengan menanam tumbuhan yang tidak disukai nyamuk sekaligus sebagai penambah keindahan  bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda. Tidak hanya menambah keindahan, penggunaan tumbuhan hidup menawarkan kelebihan bebas racun daripada alat penyemprot yang memiliki kandungan DEET berbahaya untuk kesehatan.

Monarda (Bee Balm)

Monarda adalah tanaman cantik yang memiliki banyak kegunaan dalam bidang kuliner dan telah digunakan secara medis selama bertahun-tahun termasuk sebagai bahan pengusir nyamuk. Ketika ditanam di area rumah, aroma yang ditimbulkannya akan mengusir nyamuk secara alami.

Pohon Cadaghi

Pohon cadaghi juga dikenal sebagai eucalyptus torelliana melepaskan aroma yang tak disukai nyamuk. Maka dari itu, tanamlah pohon ini di pekarangan rumah.

Catnip

Tanaman catnip yang tumbuh di halaman adalah alternatif non-toksik yang sangat baik mengalahkan semprotan DEET. Catnip dipercaya sangat ampuk sebab mengandung nepatalactone.

Lavender

Lavender tidak hanya tanaman indah dan harum, tetapi juga dapat menolak datangnya nyamuk. Aroma yang dilepaskan lavender sangat dibenci nyamuk sehingga mereka akan menjauh dari area bau tersebut. Bila ingin bepergian namun tak mau repot-repot membawa tanaman, saat ini juga sudah terdapat banyak sekali merek minyak sari lavender di mana dapat dipergunakan untuk mengolesi bagian tubuh.

Apa Warna Yang Tidak Disukai Nyamuk?


Ketika berada di luar rumah memakai pakaian dengan warna-warna tertentu dapat membantu mengusir nyamuk. Ketika Anda memakai pakaian berwarna berikut Anda menjadi kurang menarik bagi nyamuk dan serangga menyebalkan lainnya.

Putih

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Rutgers, nyamuk dan hampir semua serangga memiliki ketertarikan lebih terhadap warna gelap sebab warna gelap akan menjebak karbon dioksida yang dihasilkan tubuh sedangkan hal tersebut merupakan sesuatu yang disukai nyamuk. Jadi, kita dapat menyiasati dengan mengenakan pakaian berwarna kebalikan dari hitam, yaitu putih.

Kuning

Nyamuk hampir tidak dapat melihat warna kuning. Jadi, mengenakan pakaian warna kuning dapat mencegah datangnya nyamuk. Sebenarnya lampu berwarna kuning juga dapat mencegah datangnya serbuan nyamuk.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Sederhana Untuk Mengusir Nyamuk"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel