Skip to main content

Pengertian Ideologi dan Pendapat Para Ahli

Secara umum ideologi adalah suatu ide maupun gagasan yang hendak dicapai dalam suatu tujuan. Sedangkan secara bahasa, "idea" berarti gagasan, rangkaian, konsep  dan "logi" dalam bahasa Yunani ditulis logos berarti pengetahuan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ideologi merupakan gagasan tentang pengetahuan atau ajaran mengenai dasar-dasar ilmu. Kata ideologi awalnya diciptakan pada abad ke-18 oleh Antoine Destut de Tracy


Umumnya, praktek ideologi di masyarakat dilakukan oleh kelompok maupun kumpulan yang dianggap dominan pada seluruh anggota masyarakat luas, di mana hal tersebut diharapkan mampu membawa perubahan positif pada semua masyarakat.

Pengertian Ideologi dan Pendapat Para Ahli

Berbagai tanggapan mengenai apa itu ideologi telah banyak dikemukakan oleh para ahli dan terdapat perbedaan serta tanggapan. Lalu mana yang benar? Semuanya benar. Adapun beberapa tanggapan mengenai pengertian ideologi berdasarkan pendapat para ahli sebagai berikut.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Negara

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Dr. Alfian
Pandangan atau sistem bilateral yang menyeluruh dan mendalam mengenai cara yang hidup yang baik atau secara moral dianggap benar dan adil untuk mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan. 

Hegel
Produk kebudayaan dari suatu masyarakat. Dalam arti tertentu. ideologi merupakan manifestasi kenyataan sosial.

M. Sastrapratedja
Seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi sistem yang teratur.

Padmo Wijayano
Ideologi adalah kesatuan yang bulat dan utuh dari ide-ide dasar.

Karl Maanheim
Sebagai sistem pemikiran yang berguna dalam mempertahankan orde sosial tertentu.

Destertt de Tracy
Ideologi adalah studi terhadap pemikiran tertentu.

Ali Syariati
Sebagai keyakinan dan gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa, atau suatu ras tertentu.

Descartes
Ideologi adalah inti dari semua pemikiran manusia.

Machiavelli
Ideologi merupakan sistem perlindungan kekuasaan yang mana dimiliki oleh penguasa.

Dari berbagai pendapat ahli di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ideologi adalah sebuah kumpulan ide, keyakinan, dan gagasan bersifat menyeluruh yang mencakup berbagai hal maupun bidang kehidupan. 

Demikian pembahasan singkat mengenai ideologi, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu memudahkan pembelajaran kamu di rumah. Jangan lupa share artikel ini di sosmed kamu supaya teman-temanmu juga dapat belajar mengenai pengertian ideologi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar