Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Surat lamaran kerja yang benar merupakan salah satu fondasi dimana dapat memperbesar peluang keberhasilan kita dalam proses pencarian pekerjaan. Surat lamaran kerja dibuat tentu untuk menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari panduan untuk membuat surat lamaran kerja. Mungkin terdapat jutaan artikel di internet yang menyediakan panduan bagaimana langkah-langkah membuat surat lamaran yang disertai contoh surat lamaran pekerjaan baik itu surat lamaran kerja untuk melamar ke perusahaan atau surat lamaran untuk melamar CPNS.

surat lamaran kerja

Sebelum lanjut membuat surat lamaran kerja ada baiknya saya lengkapi juga tips dan kriteria untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, sebab pemahaman awal mengenai pembuatan lamaran merupakan dasar terbukanya peluang bagi kita untuk dapat diterima bekerja dalam suatu perusahaan.

Surat lamaran kerja umumnya saat ini ada 3 jenis yang sering di pakai berdasarkan pembuatanya, antara lain melalui email. tulis tangan dan dicetak/print. Namun tak usah bingung sebenarnya sama saja inti dan strukturnya.

Membuat Surat Lamaran Kerja


Struktur atau kerangka penulisan surat lamaran kerja


  1. Alamat serta tanggal penulisan.
  2. Perusahaan yg di tuju.
  3. Salam
  4. Pengantar
  5. Biodata diri
  6. Pengalaman dan keahlian bila ada
  7. Harapan
  8. Penutup


Tips Dasar Pembuatan Surat Lamaran Kerja



  1. Gunakanlah bahasa baku dan dengan penulisan sesuai standar.
  2. Susunlah dengan rapi serta jangan terlalu panjang atau basa basi. Dalam banyak kasus, HRD tidak membaca secara keseluruhan tetapi hanya poin-poin penting saja.
  3. Siapkan terlebih dahulu data-data yang diperlukan mengenai perusahaan atau instansi yang di tuju.
  4. Buatlah sendiri.
  5. Lampirkan sertifikat pengalaman kerja maupun sertifikat keahlian.

Contoh Surat Lamaran

Pacitan, 20 Maret 2017
Kepada Yth Bapak/Ibu:
HRD PT NUSANTARA
Jl. Ahmad Yani No. 10 Baleharjo Pacitan

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari Lokersindo terkait lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan sekarang. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Riza Pinandita
Tempat/Tanggal Lahir : Paris, 15 Agustus 1996
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pendidikan : SMK Negeri 1 Pacitan
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 10, Pacitan
Telepon : 085252446789

Untuk melengkapi data sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan data diri sebagai berikut :

Pas Photo. 3x4 4 lembar
Foto copy KTP 2 lembar
Daftar Riwayat Hidup
Foto copy Ijazah Terakhir 2 lembar
Foto copy Sertifikat Kompetensi Keahlian
Foto copy Sertifikat PKL 2 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya, atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.


       Hormat Saya
(isi dengan tanda tangan)
      Fahrur Rozi

Dalam sejumlah peluang yang saya sering lihat, iklan lowongan kerja biasa hanya tertera untuk mengirimkan cv apabila calon pekerja mengiginkan terhadap posisi yang dimaksud. Perlu kamu ketahui bahwa cv yang dimaksud merupakan lampiran kelengkapan yang disertakan dalam surat lamaran kerja dimana anda kirim dan itu artinya anda wajib membuat surat lamaran kerja serta disertai dengan cv atau curriculum vitae dan syarat-syarat kelengkapan lainnya yang telah dijelaskan pada contoh lamaran kerja di atas. Jadi, jangan sampai anda hanya megirimkan cv saja tanpa disertai dengan kelangkapan lainya.

Baja juga di Ifabrix: Cara Membuat Slime Tanpa Lem

Dari sekian banyak kaidah maupun kiat dalam menulis lamaran kerja, secara garis besar terdapat sejumlah perihal yang harus diperhatikan saat membuat surat lamaran dan apa saja yang membedakan antara membuat surat lamaran kerja untuk perusahaan dan untuk CPNS? Untuk membuat surat lamaran, sebetulnya sangat bergantung dari tempat kamu melamar kerja apakah anda melamar pekerjaan untuk perusahaan swasta, pemerintah atau BUMN.

Tulisan tangan ataupun dengan mesin ketik sebenarnya itu merupakan opsional dan mengikuti kemauan perusahaan, tapi bila mana tidak dijelaskan saya sarankan lebih baik diketik. Dari informasi dinas ketenagakerjaan pun dijelaskan bahwa harus ditulis dengan tulisan tangan.Berdasarkan alasan di atas jika melamar kerja untuk perusahaan umumnya bisa dibuat dengan langkah-langkah tulis tangan atau mesin ketik tergantung dari tempat perusahaan anda melamar kerja.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...