--> Skip to main content

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp

 

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp
Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp

iFabrix.com - Centang biru di WhatsApp adalah salah satu fitur dalam chat yang menjadi penanda bahwa pesan telah dibaca oleh penerima pesan. Namun, terkadang kita ingin tetap bersifat privasi saat membaca pesan tanpa menunjukkan tanda centang biru kepada pengirim. 


Pada artikel ini akan membahas cara untuk menonaktifkan centang biru pada chat WhatsApp. Jadi, pastikan kamu menyimak selengkapnya tutorial ini sehingga dapat mencoba mempraktikkannya sendiri.


Pengertian Centang Biru di WhatsApp


Centang biru di WhatsApp adalah dua tanda centang berwarna biru yang muncul di sebelah pesan yang telah dikirim. Centang biru pertama menunjukkan bahwa pesan telah terkirim ke penerima. Centang biru kedua menunjukkan bahwa pesan telah dibaca oleh penerima.


Centang biru di WhatsApp merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui apakah pesan yang pengguna kirim telah dibaca oleh penerima atau belum. Tanda centang biru ini muncul ketika pesan telah dibuka dan dilihat oleh penerima.


Namun, ada opsi untuk mematikan fitur ini di aplikasi WhatsApp, yang akan mencegah pihak pengirim untuk melihat apakah pesan mereka telah dibaca atau tidak.


Keuntungan Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp


Keputusan untuk mematikan centang biru di WhatsApp bisa didasari oleh beberapa alasan yang memiliki manfaat tersendiri bagi penggunanya.


1. Privasi


Salah satu keuntungan utama menonaktifkan centang biru di WhatsApp adalah melindungi privasi dan ruang pribadi penerima.


Dengan mematikan centang biru, pengguna memberikan kebebasan kepada penerima untuk membaca pesan tanpa merasa terpantau atau terbebani oleh tekanan untuk segera merespons. Hal ini juga membantu menciptakan lingkungan komunikasi yang lebih santai dan bebas tekanan.


2. Menghindari Konflik


Selain itu, mematikan centang biru juga dapat menghindari konflik atau ketegangan dalam hubungan personal atau profesional. Terkadang, adanya centang biru dapat menimbulkan ekspektasi untuk segera memberikan balasan, meskipun situasi atau kesibukan penerima tidak memungkinkan untuk itu.


Dengan menonaktifkan fitur ini, pengguna dapat menghindari situasi di mana mereka merasa terbebani atau tertekan untuk merespons pesan dengan segera.


Cek juga tutorial cara menambahkan admin ke grup WhatsApp dan cara mematikan download otomatis di WhatsApp dengan mudah dan cepat.


Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp


Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menonaktifkan centang biru di WhatsApp dengan mudah dan cepat:


1. Buka WhatsApp


Langkah awal untuk menonaktifkan centang biru di WhatsApp tentu saja dengan membuka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang sudah terinstal di HP, baik Android maupun iOS.


2. Masuk ke Setelan


Setelah membuka aplikasi WhatsApp di perangkat, ketuk ikon titik tiga di kanan atas layar dan ketuk opsi Setelan.

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp

Pada menu Setelan, masuk ke Akun.

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp

Di pilihan menu yang tersedia dalam Akun, ketuk Privasi.

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp

3. Matikan Laporan Dibaca


Tekan tombol hijau yang ada di sisi kanan Laporan dibaca hingga berubah menjadi warna abu-abu. Setelah mematikan opsi ini, pengirim tidak akan mengetahui kapan kamu membaca chatnya.

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp

Akhirnya, kita berhasil mematikan centang biru di WhatsApp sehingga orang lain tidak tahu status dibaca dan waktu dibaca dari chat yang dikirimkan.

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp

Itulah beberapa langkah mudah dan praktis untuk menonaktifkan centang biru di WhatsApp yang dapat kamu coba agar lawan chat tidak mengetahui apakah kamu sudah membaca chatnya atau belum dan waktu membaca chat tersebut.


Demikian artikel seputar tutorial cara menonaktifkan centang biru di WhatsApp. Semoga tutorial ini berguna bagi pembaca dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar