--> Skip to main content

Perbedaan Fat32 dan NTFS pada Flashdisk dan Harddisk

 

Perbedaan Fat32 dan NTFS pada Flashdisk dan Harddisk
Perbedaan Fat32 dan NTFS pada Flashdisk dan Harddisk

iFabrix.com - Selamat datang kembali di website yang mana pada artikel kali ini akan membahas perbedaan antara dua versi sistem berkas di Windows yang penting untuk kalian ketahui, yaitu Fat32 dan NTFS. Mari kita kupas tuntas masing-masing sistem ini untuk memahami perbedaan dan keunggulannya.


Pengertian Fat32


Fat32 adalah sistem berkas yang diperbarui dari versi sebelumnya, yaitu Fat16 dan Fat12. Sistem ini mendukung beberapa versi Windows seperti Windows versi 7, Windows 98, Windows 2003 Server, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7.


at32 memiliki batasan ukuran file maksimal sebesar 4 GB. Artinya, kamu tidak dapat menyimpan file tunggal yang lebih besar dari itu dalam sistem berkas Fat32.


Selain itu, Fat32 memiliki batasan jumlah file maksimal sebesar 65.537. Jika kamu memiliki banyak file kecil, ini mungkin tidak menjadi masalah besar. Namun, akan menjadi masalah jika banyak file besar yang ingin disimpan.


Fat32 memiliki batasan panjang nama file sebesar 255 karakter. Ini berarti pengguna harus memperhatikan panjang dan karakter yang hendak digunakan saat memberi nama file.


Ukuran partisi maksimal dari Fat32 adalah sebesar 2 terabyte. Jika kamu membutuhkan partisi dengan kapasitas lebih dari 2 terabyte, Fat32 tidak akan menjadi pilihan yang tepat.


Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari Fat32 yang perlu kamu ketahui:


Kelebihan Fat32


Kompatibilitas


Fat32 Dapat berfungsi pada berbagai sistem operasi. Fat32 adalah format yang umum digunakan dan dapat diakses oleh banyak perangkat selain Windows, seperti macOS dan Linux.


Kapasitas Besar


Fat32 dapat menampung jumlah data yang lebih besar dibandingkan dengan Fat16. Dengan Fat32, Anda dapat membuat partisi dengan kapasitas hingga 2 terabyte.


Kekurangan Fat32


Terbatas pada Sistem Operasi


Meskipun Fat32 kompatibel dengan banyak sistem operasi, ada beberapa sistem yang tidak mendukungnya sepenuhnya. Misalnya, sistem operasi Windows NT dan versi yang lebih baru dapat membaca dan menulis ke partisi Fat32, tetapi tidak bisa menggunakannya sebagai partisi sistem.


Kurangnya Fitur Keamanan


Fat32 tidak memiliki fitur keamanan, kompresi, atau enkripsi data yang tersedia di sistem berkas NTFS. Ini membuatnya kurang cocok untuk pengguna yang membutuhkan tingkat keamanan yang lebih tinggi.


Pelajari juga cara upgrade Windows 10 ke Windows 11 dan cara ascreenshot pakai Snipping Tool di Windows 11.


Pengertian NTFS


NTFS (New Technology File System) adalah jenis sistem berkas yang diperkenalkan oleh Microsoft untuk menggantikan Fat16 dan Fat32. Sistem ini didukung oleh beberapa versi Windows seperti Windows NT, Windows 2000, Windows 2003 Server, Windows Vista, Windows XP, Windows 2008, dan Windows 7.


NTFS memiliki batasan ukuran file maksimal yang sangat besar, mencapai 16 exabytes (1 exabyte = 1 miliar gigabyte). Dengan batasan ini, pengguna dapat dengan aman menyimpan file-file besar tanpa khawatir tentang pembatasan ukuran.


Batasan jumlah file maksimal dari NTFS sangat besar, mencapai 4.294.967.295. Dengan jumlah ini, kamu dapat memiliki ribuan atau bahkan jutaan file dalam satu partisi NTFS tanpa masalah.


Panjang nama file pada NTFS sebesar 255 karakter, sama seperti Fat32. Kamu masih perlu memperhatikan panjang dan karakter yang digunakan saat memberi nama file, tetapi batasan ini cukup panjang untuk kebanyakan kebutuhan.


NTFS memiliki batasan ukuran partisi maksimal yang sangat besar, mencapai 16 exabytes. Ini berarti Anda dapat membuat partisi dengan kapasitas yang sangat besar dengan menggunakan NTFS.


Kelebihan NTFS


Pengaturan Kuota Volume


NTFS memungkinkan pengaturan kuota volume untuk setiap pengguna. Ini memungkinkan administrator sistem untuk mengalokasikan ruang disk tertentu untuk setiap pengguna, sehingga mengendalikan penggunaan ruang disk secara lebih efisien.


Enkripsi Berkas


NTFS mendukung sistem berkas terenkripsi dengan beberapa jenis algoritma enkripsi yang umum digunakan. Ini memungkinkan pengguna untuk melindungi data sensitif dengan mengenkripsi file dan folder yang terkait.


Kompresi Data


NTFS memungkinkan kompresi data untuk menghemat ruang harddisk. Pengguna dapat mengompresi file dan folder tertentu untuk mengurangi ukuran penyimpanan file dan NTFS akan secara otomatis mengkompresi dan mendekompresi data saat dibaca dan ditulis.


Penamaan Berkas Terenkripsi


NTFS mendukung penamaan berkas dengan metode pengkodean. Ini berarti kamu dapat memberi nama file dengan karakter-karakter yang tidak diizinkan dalam sistem berkas lainnya, seperti karakter tanda tanya (?) atau tanda bintang (*).


Kekurangan NTFS


Keterbatasan Kompatibilitas


Meskipun NTFS adalah sistem berkas yang umum digunakan di Windows, tidak semua sistem operasi mendukungnya sepenuhnya. Misalnya, beberapa versi macOS hanya dapat membaca partisi NTFS dan tidak dapat menulis ke dalamnya tanpa menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.


Keterbatasan Booting


NTFS tidak dapat terdeteksi saat melakukan booting dengan floppy disk. Jika menggunakan floppy disk sebagai media booting, kamu perlu memastikan bahwa partisi yang berisi sistem operasi dapat diakses dengan sistem berkas yang didukung oleh floppy disk tersebut.


Dengan memahami perbedaan dan karakteristik dari kedua sistem berkas ini, kamu dapat memilih dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan preferensi sistem operasi. Pilihlah sistem berkas yang sesuai dengan kebutuhan.


Semoga informasi seputar sistem berkas ini bermanfaat untuk pembaca dan terima kasih telah menyimak artikel ini sampai tuntas!

Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar