--> Skip to main content

Tutorial Cara Berbagi Sinyal WiFi Melalui Bluetooth untuk Internetan dengan Simpel

 

Tutorial Cara Berbagi Sinyal WiFi Melalui Bluetooth untuk Internetan dengan Simpel
Tutorial Cara Berbagi Sinyal WiFi Melalui Bluetooth

Ada solusi praktis yang bisa kamu lakukan ketika laptop atau perangkat lain membutuhkan koneksi internet, tetapi hanya smartphone atau tablet saja yang dapat menangkap sinyal WiFi.

Salah satunya adalah dengan membagikan konektivitas WiFi melalui perangkat yang mendukung Bluetooth.

Artikel kali ini akan membahas tutorial cara sederhana untuk berbagi sinyal WiFi lewat Bluetooth.

Pengertian dan Fungsi Bluetooth

Bluetooth merupakan perangkat media komunikasi yang sering digunakan untuk menghubungkan perangkat komunikasi seperti handphone, komputer, laptop, tablet, smart watch, dan lain-lain.

Bluetooth berfungsi sebagai sarana untuk memudahkan berbagi file seperti audio, dokumen, dan lain-lain antara perangkat yang berbeda serta menghubungkan perangkat satu dengan yang lain tanpa menggunakan kabel.

Karena sifatnya yang nirkabel, penggunaannya menjadi lebih mudah dan praktis. Oleh karena itu, Bluetooth sering menjadi pilihan yang lebih efisien untuk berbagai kebutuhan sharing file dan koneksi perangkat.

Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth

Kelebihan Bluetooth

  • Mampu menembus berbagai rintangan, misalnya dinding, kotak, dan lain-lain. Walaupun jarak transmisinya hanya 10 meter, tetapi dapat tetap terhubung tanpa adanya penghalang.
  • Tidak memerlukan media kabel ataupun kawat, sehingga tidak perlu repot-repot membawa kabel untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya.
  • Dapat mensinkronisasi data dari handphone ke komputer atau laptop dengan mudah dan cepat.
  • Dapat dipakai sebagai perantara modem sehingga memungkinkan kita untuk terhubung ke internet dengan menggunakan Bluetooth.
  • Praktis dan tidak ribet dalam penggunaannya karena hanya perlu mengaktifkan Bluetooth di kedua perangkat dan menghubungkannya.

Ada cara memindahkan foto dari HP ke laptop atau PC bisa kamu lakukan dengan gampang.

Kekurangan Bluetooth

  • Memakai frekuensi yang sama dengan gelombang WiFi, sehingga kadang kala terjadi interferensi jika digunakan bersamaan dengan WiFi.
  • Kalau terlalu banyak koneksi Bluetooth didalam satu ruangan, akan sulit untuk menemukan penerima yang dituju, terutama jika menggunakan versi Bluetooth yang lebih lama.
  • Mudah tersebar virus-virus via Bluetooth, kebanyakan dari handphone.
  • Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu hati-hati dan memperhatikan perangkat yang akan dihubungkan dengan Bluetooth.
  • Banyak mekanisme keamanan yang perlu pengguna perhatikan demi mencegah gagal dalam proses kirim atau terima data. Pastikan selalu menggunakan kode akses atau password yang aman dan sulit ditebak.
  • Kecepatan dalam transfer data tidak konsisten atau stabil dan bergantung dari perangkat yang dipakai untuk mengirim dan menerima data. Jika perangkat yang digunakan memiliki kualitas yang rendah, maka kecepatan transfer data akan semakin lambat.

Mengapa Harus Berbagi Sinyal WiFi Lewat Bluetooth?

Terkadang, sinyal WiFi pada perangkat elektronik lain seperti HP kedua atau laptop tidak dapat berfungsi maupun paket data pada ponsel habis sehingga memerlukan cara alternatif untuk berbagi jaringan internet.

Dalam perkembangan internet yang semakin canggih, untuk dapat berbagi konektivitas internet harus menggunakan kabel data atau modem.

Namun, dengan WiFi, koneksi internet bisa langsung terhubung tanpa perlu kabel tambahan.

Setiap perangkat elektronik, baik smartphone maupun laptop biasanya sudah terdapat fitur konektivitas Bluetooth.

Bluetooth awalnya digunakan sebagai sarana berbagi file berupa audio, video, dokumen, dan lain-lain. Sekarang Bluetooth juga sudah bisa digunakan untuk membagikan jaringan WiFi antarperangkat elektronik.

Kamu juga dapat menggunakan data seluler dari smartphone kamu untuk menghubungkan smartphone, tablet, atau komputer lain ke internet.

Cara berbagi koneksi internet ini disebut tethering atau menggunakan hotspot. Beberapa jenis ponsel dapat berbagi koneksi WiFi melalui tethering.

Sebagian besar ponsel Android yang terdapat fitur Wi-Fi, Bluetooth, dan USB dapat dimanfaatkan untuk berbagi data seluler.

Cara berbagi sinyal WiFi lewat Bluetooth ini cukup berguna jika kamu punya perangkat lain yang dapat menangkap sinyal Bluetooth dan membutuhkan koneksi internet.

Bagaimana cara melakukannya? Pertama-tama, kamu harus terlebih dahulu menyambungkan smartphone maupun tablet kamu dengan sinyal WiFi yang tersedia.

Kemudian, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berbagi sinyal WiFi melalui Bluetooth berikut ini:

Tutorial Cara Berbagi Sinyal WiFi Melalui Bluetooth untuk Internetan dengan Simpel

1. Siapkan dua perangkat, pada tutorial ini adalah sama-sama perangkat HP. Nyalakan konektivitas Bluetooth pada masing-masing perangkat.

Nyalakan konektivitas Bluetooth pada masing-masing perangkat

2. Pada HP pertama yang sudah tersambung WiFi, buka menu Pengaturan dan masuk ke menu Sambungan Nirkabel Lainnya.

buka menu Pengaturan dan masuk ke menu Sambungan Nirkabel Lainnya

3. Setelah itu, aktifkan Penambatan Bluetooth dengan menggeser tombol ke arah kanan hingga berubah warna menjadi hijau.

aktifkan Penambatan Bluetooth dengan menggeser tombol ke arah kanan

4. Kembali ke menu Pengaturan, buka menu Bluetooth.

Kembali ke menu Pengaturan, buka menu Bluetooth

5. Pastikan Bluetooth sudah menyala dan terlihat oleh perangkat lain.

Pastikan Bluetooth sudah menyala dan terlihat oleh perangkat lain

6. Nyalakan konektivitas Bluetooth di HP kedua.

Nyalakan konektivitas Bluetooth di HP kedua

7. Pasangkan antara Bluetooth HP pertama dan HP kedua.

8. Pada menu Bluetooth HP pertama, aktifkan Berbagi sambungan internet dengan menggeser tombol menu tersebut ke arah kanan sampai berubah warna ke hijau.

aktifkan Berbagi sambungan internet dengan menggeser tombol menu tersebut ke arah kanan

9. Muncul notifikasi bahwa berbagi jaringan melalui Bluetooth berhasil aktif.

Muncul notifikasi bahwa berbagi jaringan melalui Bluetooth berhasil aktif

10. HP kedua kini bisa digunakan untuk mengakses internet berkat berbagi jaringan dari HP pertama melalui Bluetooh.

HP kedua kini bisa digunakan untuk mengakses internet

Pastikan untuk selalu memastikan koneksi Bluetooth dan WiFi yang stabil untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang baik.

Dengan cara ini, kamu bisa menikmati koneksi internet pada perangkat lain tanpa harus membeli modem atau menggunakan jaringan internet yang berbayar.

Para pengguna iPhone baru dapat mengikuti tutorial menggunakan Airdrop di iPhone untuk berbagi data atau informasi.

Cara berbagi sinyal WiFi lewat Bluetooth merupakan solusi praktis bagi kamu yang ingin terhubung ke internet menggunakan perangkat yang tidak dapat menangkap sinyal WiFi.

Selain itu, fitur ini juga sangat membantu ketika kamu membutuhkan koneksi internet untuk laptop, tetapi hanya perangkat lain saja yang dapat menangkap sinyal WiFi. Selamat mencoba!

Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar