Skip to main content

Cara Memindahkan Foto Dari HP Ke Laptop/PC Paling Gampang!

Cara Memindahkan Foto Dari HP Ke Laptop/PC - Semakin berkembangnya teknologi, kini sudah banyak HP yang dapat mengambil foto dengan kualitas gambar hampir sama dengan kamera profesional.

Kita juga dimanjakan dengan berbagai macam fitur baru seperti efek bokeh, filter kamera, efek panorama, mode malam, dan lain sebagainya yang tentunya membuat hasil pemotretan semakin menarik.

Akan tetapi, kualitas gambar yang tinggi tersebut tentunya akan menghasilkan foto dengan ukuran yang besar. Bahkan saya pernah mengambil gambar dengan mode panorama saja ukurannya dapat mencapai 38 MB.

Hal ini akan menjadi masalah besar kalau HP yang dipakai untuk menyimpan foto hanya memiliki kapasitas memori kecil. Mau tidak mau kita dipaksa harus memindahkan foto tersebut ke media penyimpanan lain seperti kartu SD.

Namun, dibandingkan memindah ke penyimpanan portabel saya lebih merekomendasikan untuk menyimpannya di perangkat lain yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar seperti laptop atau komputer.

Cara Memindahkan Foto Ke Laptop/Komputer Dari HP

Apabila kamu belum tahu cara untuk memindah foto di HP ke dalam laptop dan PC, iFabrix.com akan memberikan beberapa panduan yang dapat kamu ikuti. Kalau sudah penasaran, langsung saja lanjut baca di bawah ini.

kabel USB

1. Cara Memindahkan Foto Menggunakan Kabel Data

Yang pertama iFabrix akan memberitahukan kepada semua pembaca bagaimana cara memindahkan menggunakan kabel USB atau biasa disebut sebagai kabel data. Saya yakin sebagian besar orang sudah tahu dan mempunyai kabel USB ini karena biasanya setiap pembelian HP akan mendapatkannya.

Untuk langkah-langkahnya silakan ikuti panduan di bawah ini:

  1. Tancapkan ujung USB kamu pada HP, kemudian ujung satunya di laptop atau PC. Biasanya ujung USB yang berukuran besar dihubungkan pada PC dan yang kecil untuk HP.
  2. Setelah berhasil dihubungkan, akan muncul notifikasi pada HP kamu. Pilih saja transfer file.
  3. Sekarang kita beralih ke laptop. Buka File Explorer lalu cari folder atau file di HP kamu menggunakan software tersebut. Umumnya akan muncul drive baru bertuliskan merek HP dan Tipe. Kamu buka saja dan tinggal menyalin atau memindah file tersebut ke folder mana saja yang ada di laptop.

MicroSD

2. Cara Memindahkan Foto Dengan MicroSD

Alternatif lain selain memakai kabel data, bisa menggunakan MicroSD. Media penyimpanan ini biasanya banyak dipakai sebagai memori tambahan pada HP dengan kapasitas penyimpanan internal kecil.

Cara menggunakannya juga cukup mudah namun Anda harus menyiapkan card reader terlebih dahulu apabila laptop tidak mendukung slot MicroSD.

  1. Silakan pindah semua foto yang ada di memori internal HP ke memori eksternal atau MicroSD.
  2. Sesudah itu lepas MicroSD dari HP, lalu masukkan di card reader.
  3. Nah, card reader ini colokkan pada lubang USB laptop ataupun PC.
  4. Sesudah terbaca, kamu bisa langsung memindahkan semua foto yang ada di MicroSD tersebut ke penyimpanan laptop kamu.

flashdisk

3. Cara Memindahkan Foto Dengan Flashdisk

Kalau kamu tidak bisa menggunakan cara pertama dan kedua karena tidak mempunyai kabel USB atau kartu memori, bisa mencoba memakai flashdisk. Tapi syarat utama yang harus dipenuhi kalau ingin memakai flashdisk adalah harus mempunyai USB OTG dan HP yang digunakan juga harus support.

Untuk transfer foto dari HP ke laptop memakai flashdisk caranya tidak jauh berbeda dengan menggunakan MicroSD.

  1. Pertama-tama kamu harus menghubungkan flashdisk ke HP menggunakan USB OTG.
  2. Pindah file foto dari HP ke flashdisk.
  3. Apabila proses pemindahan sudah selesai, lepas flashdisk dari HP kemudian hubungkan ke laptop maupun komputer.
  4. Lakukan pemindahan foto dari flashdisk ke laptop seperti pada umumnya.

bluetooth pairing

4. Cara Memindahkan Foto Lewat Bluetooth

Nah, kalau ketiga cara di atas menurut kamu masih terlalu ribet, ada cara yang tidak memerlukan alat tambahan, yaitu dengan cara mengirim foto menggunakan Bluetooth. Teknologi Bluetooth ini bisanya sudah ada secara bawaan pada perangkat masa kini.

Pada dasarnya untuk bisa mengirim foto ke laptop dengan menggunakan Bluetooth, pengguna diharuskan melakukan pairing terlebih dahulu. Berikut akan saya berikan contoh pada Windows 10.


  1. Nyalakan lebih dulu Bluetooth yang ada pada HP. 
  2. Kemudian beralihlah ke laptop dan buka menu Settings, lalu klik Devices.
  3. Pada menu Bluetooth & Other Devices klik Add Bluetooth or other device, lalu pilih Bluetooth.
  4. Silakan tunggu sampai perangkat ponsel kamu terdeteksi, lalu klik pada nama perangkat jika sudah ditemukan > pilih Connect > lihat di notifikasi HP, jika muncul permintaan pemasangan silakan beri izin.
  5. Sekarang close jendela settings pada laptop.
  6. Buka Show hidden icons pada laptop. Pilih ikon Bluetooth, lalu klik Received file.
  7. Nah, kini kamu tinggal mengirim foto dari HP menggunakan Bluetooth ke laptop.

google drive logo

5. Cara Memindahkan Foto Dengan Google Drive

Sekarang ini sudah banyak layanan penyimpanan berbasis cloud yang berbayar maupun gratis. Kalau kamu sering mengakses file baik foto atau lainnya dari banyak perangkat sekaligus dan tidak mau repot-repot untuk mengirim lebih dulu bisa menggunakan penyimpanan cloud.

Salah satu layanan penyimpanan cloud yang gratis dan memberikan kapasitas cukup besar adalah Google Drive. Untuk penggunaannya cukup mudah, kamu dapat mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Silakan upload foto atau file jenis lainnya ke Google Drive melalui HP.
  2. Buka Google Drive di laptop atau komputer dengan menggunakan akun email yang sama.
  3. Sekarang tinggal download file dari Google Drive ke laptop.

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk memindahkan foto dari HP kamu ke laptop/Komputer. Sebenarnya masih ada beberapa alternatif lain yang belum saya tulis, misalnya memakai SHAREit, Mi Drop, dan lain sebagainya. Tapi tenang saja nanti bakal saya update. Apabila ada yang kurang jelas atau kamu enggak paham, bisa ditanyakan melalui kolom komentar.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar