--> Skip to main content

Tips Setting Kamera iPhone agar Jernih dan Tidak Pecah saat Upload ke Media Sosial

Tips Setting Kamera iPhone agar Jernih dan Tidak Pecah
Tips Setting Kamera iPhone agar Jernih dan Tidak Pecah

Apakah kamu sering merasa hasil video yang diambil menggunakan kamera iPhonemu kurang jernih dan pecah saat diunggah ke sosial media seperti TikTok, Instagram, atau YouTube?

Jangan khawatir, karena artikel kali ini akan memberikan beberapa tips pengaturan kamera iPhone agar hasilnya lebih maksimal dan tampilan videonya tidak burik ketika diupload ke media sosial.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa pengaruh positif pada penemuan-penemuan canggih di dunia, salah satunya adalah kamera.

Kini, hampir setiap ponsel dilengkapi dengan kamera yang semakin canggih. Tak terkecuali dengan kamera pada iPhone yang dikenal memiliki kualitas perangkat yang sangat baik.

Kamera iPhone memiliki kemampuan yang tak kalah bagusnya dengan perangkat lainnya. Hasil tangkapan kamera iPhone sangatlah detail dan natural karena keseimbangan intensitas cahayanya yang optimal.

Walaupun kamera iPhone sudah bagus, kita masih bisa memaksimalkan kualitas jepretan dengan melakukan setting pada kamera.

Para pengguna iPhone dapat mengatur kamera sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing, seperti mengatur resolusi, mengatur fps, mengubah efek, dan masih banyak lagi.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara setting kamera iPhone yang benar sehingga hasil jepretan tidak optimal, seperti kurang jernih dan pecah saat diupload ke media sosial.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara setting kamera iPhone agar hasil foto dan video jernih dan tidak pecah saat upload ke media sosial.

Tips Setting Kamera iPhone agar Jernih dan Tidak Pecah saat Upload ke Media Sosial

1. Pengaturan Kamera iPhone yang Harus Diketahui

Pertama-tama, masuklah ke menu pengaturan pada iPhone dan geser ke bawah untuk memilih pengaturan kamera.

masuklah ke menu pengaturan pada iPhone

geser ke bawah untuk memilih pengaturan kamera iPhone

Ada beberapa pengaturan kamera iPhone yang harus kamu maksimalkan

Ada beberapa pengaturan kamera iPhone yang harus kamu maksimalkan, antara lain:

Pilih Rekam Video dengan Resolusi Tertinggi

Untuk merekam video dengan hasil yang bagus, kamu bisa menggunakan resolusi 4K 60fps. Namun, jika kamera iPhonemu belum mendukung resolusi 4K, kamu bisa menggunakan resolusi 1080p60fps.

Hal ini cukup efektif karena menggunakan resolusi 4K dapat memakan memori yang banyak.

Aktifkan Fitur Video HDR

Fitur video HDR pada kamera iPhonemu adalah opsional. Kamu bisa mengaktifkannya saat sedang berada dalam kondisi gelap agar video yang dihasilkan tetap terlihat jernih.

Kamu bisa mengaktifkan fitur HDR saat sedang berada dalam kondisi gelap

Namun, jika kondisinya terang, sebaiknya fitur ini tidak diaktifkan.

Atur Resolusi Slo-mo

Agar hasil rekaman slo-mo terlihat maksimal, kamu bisa mengatur resolusinya menjadi 1080p 240fps.

Atur Resolusi Slo-mo kamera iPhone

Pilih Format Efisiensi Tertinggi

Untuk memaksimalkan kualitas kamera iPhone, kamu bisa memilih format efisiensi tinggi pada menu pengaturan kamera.

Pilih format efisiensi tinggi pada menu pengaturan kamera iPhone

2. Mengedit Video dengan Aplikasi Editing

Setelah merekam video menggunakan kamera iPhonemu, selanjutnya kamu perlu mengeditnya menggunakan aplikasi editing video seperti VN atau Capcut.

edit menggunakan aplikasi editing video di iPhone

Misalkan, kamu menggunakan VN. Pertama, buka aplikasi tersebut dan tambahkan project baru. Setelah itu, kamu bisa mengedit video yang sudah direkam.

Edit video yang sudah direkam di HP iPhone

Setelah mengedit video, kamu perlu mengatur pengaturan ekspornya. Jika kamu menggunakan aplikasi VN, pengaturan ekspor videonya bisa diatur secara manual

Untuk pengaturan Instagram, Reels, atau YouTube, kamu bisa memilih settingan resolusi paling tinggi dan fps yang disarankan, sedangkan bit rate dapat diatur di antara 10-15 saja.

Atur pengaturan ekspor video di aplikasi edit video iPhone

Sementara itu, untuk TikTok kamu bisa mengatur resolusinya menjadi 1080p 60fps atau 30fps, sedangkan bitratenya diantara 9 sampai dengan 15. Untuk status WhatsApp, kamu cukup mengatur di resolusi 720p 30fps.

3. Aktifkan Upload Kualitas Tinggi

Terakhir, kamu perlu mengaktifkan upload kualitas tinggi di aplikasi yang kamu gunakan seperti TikTok, YouTube, Instagram, atau WhatsApp.

Aktifkan upload kualitas tinggi di TikTok, YouTube, Instagram, atau WhatsApp

Bagi pemula, mendapatkan komposisi foto yang sempurna mungkin terdengar sulit. Namun, kamu bisa menyimak tips mendapatkan komposisi foto yang sempurna untuk pemula agar menghasilkan gambar yang bagus dan jernih.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan setting iPhone supaya dapat menghasilkan foto dan video dengan kualitas jernih dan tidak pecah saat upload ke media sosial.

Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar