--> Skip to main content

Cara Mengubah Layar HP Android Jadi Penggaris Serbaguna

 

Cara Mengubah Layar HP Android Jadi Penggaris Serbaguna
Cara Mengubah Layar HP Android Jadi Penggaris Serbaguna

Kamu butuh alat ukur panjang dan lebar, tapi tidak punya penggaris? Jangan khawatir, karena terdapat cara yang terbilang cukup efektif bagi kamu pengguna Android, kamu karena dapat mengubah layar HP menjadi penggaris dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini.


Sebelum itu, kamu bisa mempelajari dulu tentang pengertian, fungsi, dan jenis-jenis penggaris.


Apa Itu Penggaris?


Penggaris merupakan salah satu alat pengukur yang sering kita gunakan secara umum dalam kehidupan sehari-hari.


Alat ini tentunya berguna untuk mengukur panjang dan lebar sebuah benda. Tak hanya itu, penggaris juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam garis, seperti garis lurus, lengkung, dan tegak lurus tergantung jenis dan bentuknya.


Penggunaan berbagai jenis penggaris ini akan sangat menguntungkan kita dalam mendapatkan hasil pengukuran yang akurat.


Apakah kamu merasa bahwa ruang penyimpanan di HP Android Anda semakin berkurang? Salah satu penyebab utama adalah keberadaan file sampah yang tersembunyi di HP.


Meskipun pengguna mungkin sudah menginstal aplikasi pembersih, tetapi terkadang file sampah tersebut tetap tersembunyi dan sulit dihapus.


Simak artikel yang membahas secara lengkap cara menghapus file sampah tersembunyi di HP Android tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.


Fungsi dan Jenis Penggaris


Penggunaan utama penggaris adalah sebagai alat untuk mengukur panjang atau lebar berbagai objek datar dengan dimensi kecil, seperti gambar atau ubin.


Penggaris memiliki banyak jenis yang bisa kita temukan mulai dari bentuk penggaris lurus, segitiga, busur, lingkaran, hingga penggaris lipat.


Berbagai macam bahan juga digunakan sebagai material penggaris. Biasanya, penggaris terbuat dari bahan yang transparan seperti plastik.


Penggaris juga sering menggunakan material aluminium dan stainless steel yang merupakan bahan yang lebih awet dan kuat daripada bahan transparan.


Kamu lupa pola sandi di HP kamu? Ikuti tutorial cara membuka pola HP yang lupa tanpa factory reset dengan mudah dan simpel.


Tutorial Cara Mengubah Layar HP Android Jadi Penggaris Serbaguna


Kamu ternyata bisa lho mengubah layar HP Android kamu menjadi penggaris serbaguna. Caranya tentu saja sangat mudah dan dapat kamu gunakan untuk mengukur panjang atau lebar suatu benda dengan akurat.


Lantas, bagaimana cara menggunakan layar HP menjadi penggaris di HP Android? berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah layar HP Android jadi penggaris.


Caranya adalah dengan menginstal suatu aplikasi yang dapat mengubah layar HP Android menjadi penggaris.


1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal aplikasi bernama Ruler di HP Android kamu. Aplikasi penggaris satu ini bisa kamu download secara gratis di Google Play Store.

Cara Mengubah Layar HP Android Jadi Penggaris Serbaguna

2. Tahap selanjutnya, buka aplikasi Ruler jika sudah selesai terunduh ke HP Android kamu.


3. Setelah itu, pengguna bisa mengatur satuan yang tertera di aplikasi penggaris, apakah ingin menggunakan inci atau centimeter sebagai satuan pengukuran pada aplikasi Ruler di HP Android milikmu.

Cara Mengubah Layar HP Android Jadi Penggaris Serbaguna

4. Untuk memberikan tanda atau mengubah cara maupun settingan pengukuran di aplikasi Ruler ini, kamu bisa memilih opsi menu yang terdapat di bawah pengaturan satuan metrik penggaris.

Cara Mengubah Layar HP Android Jadi Penggaris Serbaguna

5. Kamu bisa melakukan pengukuran dengan lebih akurat menggunakan settingan penggaris tersebut. Pengguna juga dapat mengeksplor lebih jauh mengenai pengaturan-pengaturan di aplikasi penggaris sesuai dengan keinginan kamu, bahkan hingga kalibrasi penggaris sekalipun.


Itu dia tutorial cara mengubah layar HP Android kamu menjadi penggaris serbaguna yang dapat kamu instal dan gunakan sebagai alat ukur apabila berada dalam situasi tidak memiliki penggaris.


Semoga artikel tentang aplikasi penggaris di HP Android ini bermanfaat dan membantu pembaca dalam menemukan solusi pengukuran panjang dan lebar benda.

Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar